Contoh Artikel Ilmiah, Pengertian, Ciri-Ciri, dan Cara Penulisannya

Ada beragam contoh artikel ilmiah yang menjadi rujukan bagi banyak orang, terutama dari kalangan pelajar atau mahasiswa. Seperti kita ketahui, pelajar maupun mahasiswa kerap mendapat tugas untuk membuat jenis tulisan satu ini. Sehingga mereka diharuskan mempelajari tentang bagaimana ciri-ciri hingga teknik penulisannya.

Akan tetapi pada dasarnya jenis tulisan tersebut tidak hanya khusus dipelajari oleh pelajar dan mahasiswa saja. Semua orang bisa saja membuat naskah ilmiah. Meskipun begitu, umumnya yang membuat karangan ini memiliki latar belakang pendidikan tertentu karena memerlukan unsur-unsur keilmuan. Karangan ini bisa dipublikasikan melalui media cetak maupun digital.

Publikasi contoh artikel ilmiah bisa melalui media seperti koran, majalah, hingga buku. Saat ini publikasi terhadap jenis karangan ini semakin luas berkat adanya kemajuan teknologi. Yakni dengan memanfaatkan internet seperti pada jurnal-jurnal internasional. Sehingga Anda dapat menerbitkannya secara luas dan mudah.

Selain membuat publikasi sendiri, kini siapa saja juga dapat mengakses berbagai jurnal penelitian dari berbagai negara secara mudah dan murah. Hal tersebut tentunya menjadi percepatan dalam dunia pendidikan sehingga bisa lebih maju ke depannya. Berikut ini beberapa contoh artikel ilmiah beserta pengertian dan cara menulisnya.

Pengertian Artikel Ilmiah yang Perlu Diketahui

Kumpulan Contoh Artikel Ilmiah, Pengertian, Ciri-Ciri, dan Cara Penulisannya
 

Artikel ilmiah bisa diartikan sebagai karya tulis berisi ulasan maupun penelitian dengan mengutamakan objektifitas dari penulisnya dan disusun secara sistematis. Karya tulis tersebut bersifat saintifik jadi tidak bisa ditulis secara sembarangan. Contoh artikel ilmiah memiliki kaidah-kaidah penulisan tertentu yang perlu diterapkan oleh tiap-tiap penulis.

Penelitian akan suatu topik merupakan suatu keharusan jika ingin menulis jenis karangan ini. Tanpa adanya penelitian, sebuah tulisan tidak bisa dikatakan objektif atau saintifik sehingga sulit diterima oleh publik. Penulisan karya ini berangkat dari sebuah ide atau gagasan pokok akan suatu hal yang memerlukan pemecahan.

Untuk itu, setiap penulis buku perlu memunculkan gagasan terlebih dahulu yang mendasari penulisan tersebut. Gagasan ini selanjutnya akan berkembang menjadi sebuah topik pembahasan yang lebih mengerucut. Hal ini bertujuan agar objek cara menjadi penulis dalam contoh artikel ilmiah lebih detail sehingga konteksnya relevan dan tidak terlalu umum.

Membuat karya tulis jenis ini ada kalanya mengikuti isu-isu terkini seputar dunia politik, keuangan, kesehatan dan sebagainya. Tetapi bisa juga membuat karya tulisan saintifik tanpa harus mengamati isu yang sedang berkembang. Misalnya rilis penelitian tentang sebuah metode pembelajaran di sekolah, riset sejarah, dan lainnya.

Contoh penulisan artikel ilmiah tersebut biasanya dibuat oleh mahasiswa melalui makalah, skripsi, tesis, atau bahkan disertasi. Penelitian yang menyangkut dunia pendidikan di bidang apapun memang selalu diperbarui. Tidak hanya sebagai syarat kelulusan pendidikan, namun hasil karangan saintifik tersebut umumnya juga diterbitkan pada jurnal-jurnal internasional.

Ciri-Ciri Artikel Ilmiah yang Baik

Kumpulan Contoh Artikel Ilmiah, Pengertian, Ciri-Ciri, dan Cara Penulisannya
 

Di bawah ini adalah beberapa ciri yang dimiliki artikel ilmiah.

    1. Menyajikan Ide Permasalahan beserta Pemecahannya

Membuat contoh artikel ilmiah harus didasari dengan adanya sebuah permasalahan. Tentunya diawali dari pemaparan latar belakang mengapa permasalahan tersebut layak serta menarik untuk diteliti. Selanjutnya, tugas jasa penulis artikel murah adalah menemukan pemecahan atau solusinya dengan serangkaian penelitian berdasarkan metode tertentu.

    1. Menyajikan Data dan Fakta Akurat

Karena sifatnya saintifik, maka cara menulis artikel ilmiah yang tepat adalah dengan memberikan bukti-bukti berupa data dan fakta. Data serta fakta terpercaya tersebut lah yang akan dijadikan dasar-dasar melakukan penelitian lebih lanjut. Dengan adanya data dan juga fakta, maka hasil penelitian pun akan lebih akurat sehingga dapat diterima.

    1. Mengandalkan Objektivitas

Penulisan dalam contoh artikel ilmiah apapun harus disusun secara objektif. Karena dalam prosesnya perlu dilakukan penelitian, maka outputnya juga harus mengacu pada hasil riset tersebut. Tidak boleh ada opini pribadi tanpa didasarkan pada data maupun bukti yang valid karena dapat mengurangi nilai saintifik itu sendiri.

    1. Disusun Secara Sistematis

Menulis sebuah teks yang bersifat ilmiah tidak hanya mengandalkan data dan fakta saja. Tetapi eksekusinya juga harus tepat, yaitu dengan memperhatikan struktur penyusunannya. Anda perlu mengetahui struktur artikel ilmiah ini agar pembaca mudah memahami informasi yang disampaikan. Mulai dari pendahuluan, metode penelitian, pembahasan atau diskusi, hingga kesimpulan.

    1. Menggunakan Bahasa Formal

Ini merupakan poin yang wajib diperhatikan dalam penulisan contoh artikel ilmiah. Penggunaan bahasa formal menjadi kunci agar informasi di dalamnya lebih bersifat objektif serta logis. Gunakan juga bahasa-bahasa yang padat berisi serta lugas agar tidak menimbulkan ambiguitas atau multitafsir.

Contoh dari Artikel Ilmiah Pendidikan

Kumpulan Contoh Artikel Ilmiah, Pengertian, Ciri-Ciri, dan Cara Penulisannya

Salah satu bidang yang menghasilkan publikasi jurnal ilmiah paling banyak yaitu dunia pendidikan. Hal ini karena dunia pendidikan mengalami dinamika yang begitu luar biasa. Sehingga para pihak yang terlibat dalam bidang tersebut juga perlu mengikuti perkembangan termasuk diantaranya pengembangan diri bagi para dosen.

Artikel ilmiah adalah karya yang ditulis dengan penuh pertimbangan. Jadi, sebelum mengemukakan permasalahan, penulis terkait terlebih dahulu menjelaskan mengapa topik tersebut menjadi penting. Yaitu dengan menampilkan data berupa peraturan perundang-undangan. Cara ini merupakan jembatan informasi bagi para pembaca agar terhubung dengan permasalahan yang hendak dibahas.

Setelah menampilkan pengantar, penulis membawa pembaca pada gagasan yang semakin mengerucut lalu menuju ke sebuah permasalahan sesuai yang tertulis di judul. Kemudian solusi untuk meningkatkan profesionalisme dosen yaitu dengan membuat publikasi artikel di jurnal nasional maupun internasional. Penulis memberikan informasi tentang apa saja strategi tepat untuk menghasilkan publikasi terkait.

Contoh Artikel Ilmiah Kesehatan yang Perlu Diketahui

Kumpulan Contoh Artikel Ilmiah, Pengertian, Ciri-Ciri, dan Cara Penulisannya

Dalam dunia kesehatan, penerbitan alias publikasi jurnal saintifik merupakan suatu hal yang sangat diperlukan. Dalam perjalanannya, ilmu kesehatan terus dikembangkan melalui penelitian-penelitian. Hal ini salah satunya bertujuan agar tenaga kesehatan memiliki memiliki wawasan lebih sehingga dapat memberikan fasilitas lebih baik kepada masyarakat.

Contoh artikel ilmiah di atas mengangkat topik bagaimana agar penyakit gagal jantung dapat dideteksi dengan suatu metode tertentu, yakni Naive Bayes Classifier. Pada bagian awal, penulis menyertakan latar belakang atau abstrak untuk memberikan gambaran umum mengenai tulisan tersebut kepada pembaca.

Abstrak sendiri merupakan salah satu bagian penting dalam sistematika penulisan contoh artikel ilmiah. Bagian tersebut berisi penjelasan yang mencakup isi dari teks secara keseluruhan. Termasuk di dalamnya yaitu latar belakang, tujuan penelitian atau studi, metode, hasil, serta kesimpulan. Sehingga bagian ini sering disebut juga sebagai inti atau sari sebuah tulisan.

Biasanya untuk menentukan apakah sebuah publikasi layak untuk ditampilkan dilihat dari abstraknya. Apabila abstrak dinyatakan lolos alias baik maka keseluruhan artikel dapat dipublikasikan. Perkembangan dunia kesehatan tidak hanya pada aspek pengetahuan dan praktiknya saja. Tetapi bagaimana praktisi dapat menuangkannya dalam tulisan sehingga manfaat artikel ilmiah dapat dirasakan banyak orang.

Contoh dari Artikel Ilmiah Teknologi

Kumpulan Contoh Artikel Ilmiah, Pengertian, Ciri-Ciri, dan Cara Penulisannya

Jenis artikel ilmiah lainnya yaitu tentang teknologi. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan informasi di seluruh dunia, bidang teknologi menjadi salah satu yang paling disorot. Dengan adanya teknologi, manusia dapat menjalankan hidup secara lebih mudah di era modern. Untuk itu, karangan berbasis keilmuan tentang teknologi juga sangat diperlukan.

Contoh artikel ilmiah di atas menunjukkan bagaimana usaha penulis menciptakan suatu sistem untuk memudahkan mahasiswa yang hendak menggunakan fasilitas perpustakaan. Hal ini bisa Anda ketahui dengan membaca judulnya. Pembuatan judul menjadi aspek penting karena bagian ini menjadi sebuah representasi keseluruhan suatu teks.

Contoh artikel ilmiah teknologi di atas dilengkapi judul spesifik sehingga memudahkan pembaca untuk mengetahui kira-kira apa saja yang akan mereka dapatkan ketika membacanya secara utuh. Sebagaimana jurnal saintifik lainnya, penulis mengawali penulisan abstrak dengan memberikan informasi tujuan dilakukannya penelitian atau studi.

Kemudian disertakan juga metode penelitian untuk memberikan gambaran bagaimana studi tersebut dilakukan. Pada bagian akhir abstrak menampilkan hasil dari studi tersebut. Jurnal tersebut kemudian ditulis secara rinci dan lengkap melalui bagian-bagian setelahnya. Yakni pendahuluan, metode, diskusi atau pembahasan, serta kesimpulan dan saran.

Contoh Artikel Ilmiah yang Berasal dari Isu Lingkungan

Kumpulan Contoh Artikel Ilmiah, Pengertian, Ciri-Ciri, dan Cara Penulisannya

Salah satu artikel ilmiah populer di media cetak maupun digital berasal dari isu-isu lingkungan. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin mengarah ke modernisasi, aktivitas manusia seringkali memberikan dampak buruk bagi lingkungan. Misalnya penggunaan mesin di pabrik-pabrik yang menyumbangkan emisi gas efek rumah kaca sehingga memperparah pemanasan global.

Contoh artikel ilmiah di atas merupakan tulisan berisi tentang solusi menjaga lingkungan lebih baik. Yakni memanfaatkan limbah biogas sebagai sumber energi ecofriendly. Pembuatan teks tersebut didasarkan pada sejumlah fakta serta data seperti pencemaran efek rumah kaca dari berbagai penelitian sehingga menjadi latar belakang mengapa studi tersebut perlu dilakukan.

Diperlukan sebuat terobosan baru demi mengurangi gas efek rumah kaca agar tidak terjadi pemanasan global yang kian memburuk. Caranya adalah dengan memanfaatkan biogas dari limbah kotoran sapi. Hal ini didukung dengan adanya fakta mengenai banyaknya peternakan sapi di Indonesia yang tentunya menyumbang limbah kotoran.

Contoh karya tulis ilmiah tersebut dengan demikian memiliki relevansi terhadap kondisi masyarakat sehingga dapat diimplementasikan secara tepat. Ini menjadi ciri-ciri penulisan yang baik karena tidak hanya ditulis secara sistematis namun juga mengangkat permasalahan umum menyangkut masyarakat luas dan dapat dipecahkan dengan partisipasi mereka secara aktif.

Dengan demikian, tidak hanya kesadaran akan lingkungan di masyarakat semakin meningkat namun sekaligus memberikan informasi bagaimana cara berperan aktif untuk menanggulanginya. Anda juga bisa membuat karangan ilmiah seperti contoh di atas tentunya dengan disertai studi objektif terkait permasalahan tersebut agar menghasilkan karya tulis berkualitas serta kredibel.

Contoh dari Artikel Ilmiah Psikologi

Kumpulan Contoh Artikel Ilmiah, Pengertian, Ciri-Ciri, dan Cara Penulisannya

Contoh artikel populer lainnya yang sedang banyak berkembang saat ini adalah berkiatan dengan isu psikologi. Persoalan ini menjadi sangat penting untuk dibahas karena banyaknya kasus di masyarakat yang tidak bisa dipisahkan dari unsur psikologisnya. Misalnya fenomena tentang bunuh diri, perundungan (bullying), hingga depresi dan sebagainya.

Contoh artikel ilmiah psikologi di atas mengangkat topik tentang perundungan alias bullying pada siswa usia Sekolah Dasar. Sudah menjadi rahasia umum bahwa fenomena bullying semakin menjadi-jadi, tidak hanya secara fisik namun juga dalam bentuk verbal. Tindakan tersebut bisa dikategorikan sebagai kekerasan verbal yang tentunya berpengaruh terhadap kondisi psikologi seseorang.

Verbal bullying di Sekolah Dasar menjadi sesuatu yang memprihatinkan. Namun penulis memberikan kesadaran bahwa fenomena tersebut nyata terjadi bahkan semakin menyebar luas. Perilaku tersebut dapat mengakibatkan korban bullying mengalami kecemasan serta gangguan psikologis lainnya hingga berakibat depresi. Lebih jauh lagi, akibatnya juga pada kehidupan sosial mereka.

Melalui tulisan contoh artikel ilmiah di atas, penulis memberikan informasi pentingnya peran guru sebagai orang tua sekaligus pendidik di sekolah dalam menangani fenomena tersebut. Dengan adanya peran aktif dari guru, perilaku bullying serta dampaknya bagi korban maupun pelaku dapat diminimalisir atau bahkan dihilangkan.

Contoh Artikel Ilmiah Manajemen Bisnis

 Kumpulan Contoh Artikel Ilmiah, Pengertian, Ciri-Ciri, dan Cara Penulisannya

Bisnis menjadi bidang yang diminati banyak kalangan. Bahkan generasi muda milenial kini semakin menaruh perhatian pada bidang tersebut seiring dengan perubahan zaman dan cara pandang dalam menjalani kehidupan. Salah satunya menentukan bagaimana mereka menciptakan sumber penghasilan yakni melalui bisnis atau usaha.

Contoh artikel ilmiah bisnis di atas membahas tentang manajemen atau perencanaan pemasaran. Pemasaran adalah aspek penting dalam sebuah bisnis karena berpengaruh besar terhadap penjualan produk. Sehingga aktivitas ini memiliki peran cukup signifikan dalam kesuksesan seseorang ketika menjalankan sebuah usaha. Untuk itu, diperlukan manajeman khusus agar mencapai hasil optimal.

Pada contoh artikel ilmiah tersebut, penulis memberikan informasi tentang pengertian pemasaran serta pentingnya memahami konsep pemasaran untuk kelangsungan bisnis. Penulisan pendahuluan memberikan gambaran umum latar belakang mengapa karya tulis tersebut perlu dibuat serta dibaca oleh orang-orang khususnya pelaku bisnis.

Pemasaran bukan hanya tentang bagaimana cara membuat promosi maupun iklan menarik untuk menggaet pelanggan. Tetapi penulis juga memberikan pengertian bahwa manajemen baik itu dalam perencanaan hingga pelaksanaan dalam marketing bisnis juga tidak kalah pentingnya. Sehingga perusahaan dapat mencapai keuntungan optimal melalui strategi-strategi pemasaran.

Tips Menulis Artikel Ilmiah yang Baik

 Kumpulan Contoh Artikel Ilmiah, Pengertian, Ciri-Ciri, dan Cara Penulisannya

Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk menulis artikel ilmiah dengan cara yang benar.

    1. Menentukan Topik Artikel

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan topik tulisan. Poin ini sangat penting untuk menentukan langkah selanjutnya dalam proses penulisan, seperti menentukan metode penelitian. Beberapa contoh artikel ilmiah di atas mengangkat topik-topik spesifik yang menarik untuk diikuti. Jadi, sebelum menulis Anda wajib melakukan riset topik artikelnya.

    1. Mengumpulkan Data Akurat

Setelah menentukan topik, langkah berikutnya yaitu mengumpulkan data maupun fakta. Ini sangat penting untuk menunjukkan bahwa karangan yang Anda buat bersifat saintifik dan dapat dipertanggungjawabkan. Contoh artikel ilmiah dengan topik apapun tentu tidak bisa mengabaikan poin ini.

    1. Membuat Kerangka Tulisan

Ini adalah langkah penting dalam setiap pembuatan karya tulis termasuk contoh artikel ilmiah. Anda perlu membuat outline alias kerangka terlebih dahulu sebelum menyusunnya secara lengkap. Langkah ini bertujuan agar proses penulisan lebih sistematis dan tidak melenceng dari topik. Selain itu, pembuatan kerangka juga memudahkan penulis.

    1. Menyusun Sesuai Strukturnya

Sesuai contoh artikel ilmiah apa saja, Anda perlu memperhatikan struktur penulisan dengan benar. Secara general, karya tulis ini terdiri dari pendahuluan berisi tujuan serta rumusan masalah, pembahasan, dan kesimpulan. Setelah membuat outline atau kerangka, Anda dapat menuliskan informasi serta hasil studi secara lengkap dan terperinci.

    1. Menggunakan Bahasa Formal

Contoh artikel ilmiah yang baik harus mengaplikasikan bahasa formal serta objektif. Perlu juga memperhatikan kaidah-kaidah penulisan seperti ejaan, penyusunan kalimat, paragraf, dan sebagainya. Dengan begitu artikel Anda akan lebih mudah dipahami oleh pembaca dan dapat diimplementasikan secara tepat.

Penulisan artikel dari dulu hingga kini tetap dibutuhkan apalagi terkait diskusi ilmiah. Hal ini dilakukan oleh civitas akademika untuk memperluas khazanah keilmuan baik bagi masyarakat umum maupun sesama rekan di bidangnya. Untuk membuat karya tulis saintifik yang baik, Anda perlu banyak membaca contoh artikel ilmiah agar hasilnya berkualitas.