Cara Menulis Alamat yang Benar untuk Berbagai Kepentingan

Dalam beberapa kepentingan, Anda harus tahu bagaimana cara menulis alamat yang benar baik untuk tujuan formal maupun informal. Penulisan nama tujuan dengan tepat membantu jasa pengiriman untuk menyampaikan barang ke lokasi sesuai waktu yang dijanjikan.

Karena tidak sedikit kurir akhirnya membawa lagi barang kirimannya dengan alasan alamat tidak jelas. Selain itu, tidak ada kontak yang bisa dihubungi sehingga terlalu berisiko jika mengirimkan barang ke lokasi yang hanya didasarkan oleh tebak-tebakan.

Inilah Cara Menulis Alamat yang Benar

Cara Menulis Alamat yang Benar untuk Berbagai Kepentingan

Penulisan alamat atau lokasi tinggal terbagi menjadi dua, pertama tempat tinggal sesuai KTP atau untuk beberapa orang cenderung menggunakan domisili. Untuk kepentingan melamar pekerjaan, ada beberapa hal wajib Anda perhatikan, di antaranya:

1. Gunakan Yth. dan Kepada dengan Tepat

Beberapa pelamar menggunakan singkatan Yth. lengkap dengan tanda titik. Beberapa lainnya memilih tidak menyingkat atau menulis lengkap Yang Terhormat dalam map lamaran. Namun, kebanyakan cara menulis alamat paket lamaran dengan Yth. saja.

Sementara itu penulisan Kepada harus dituliskan secara terpisah dari Yth., biasanya terletak pada bagian atas. Setelah kata Yth. selanjutnya diikuti oleh nama penerima atau perusahaan tempat Anda melamar. Biasanya, ditujukan untuk HRD atau Personalia perusahaan tertentu.

2. Penggunaan Kapital

Sama seperti kaidah penulisan pada umumnya, penggunaan kapital juga wajib digunakan dalam setiap awal kata, nama, gelar, nama wilayah, nama jalan, dan nama perusahaannya. Jangan lupa untuk penulisan RT dan RW juga harus menggunakan kapital secara penuh.

Nantinya penggunaan kota, kecamatan, kelurahan, kampung, sebagainya yang menunjukkan lokasi harus menggunakan kapital. Sebelum masuk ke inti surat lamaran, Anda harus memperhatikan ketentuan cara menulis alamat yang benar untuk citra baik diri.

3. Pedoman Penulisan Alamat

Masuk ke bagian alamat tujuan dalam pedoman penulisannya. Maka dari itu, untuk membuat alamat dengan tepat akan ada beberapa hal wajib diperhatikan dan harus diaplikasikan, di antaranya:

  • Jangan menyingkat nama Jalan menjadi Jl atau Jln. Gunakan saja secara lengkap, seperti Jalan A….
  • Usahakan menuliskan alamatnya dengan maksimal sejumlah 3 baris. Penggallah beberapa kalimat secara tepat supaya tidak mengganggu keterbacaan.
  • Ini bukan kalimat seperti dalam paragraf, jadi Anda tidak perlu menyertakan tanda titik (.) pada setiap akhir penulisan alamatnya.
  • Ini juga tidak kalah penting saat mengirim lamaran, yakni alamat tujuan secara lengkap hanya disertakan dalam map lamaran. Sementara ketika menulis di dalam surat, maka Anda cukup menuliskan di Tempat saja.

Berbagai cara menulis alamat yang benar di atas membantu kurir menyampaikan map Anda dengan waktu yang tepat. Selain itu, memberikan citra baik serta profesional di mata HRD perusahaan yang Anda lamar.

4. Penulisan Gelar dan Sapaan

Hal penting saat Anda menuliskan tujuan penerima dan mengetahui gelarnya maka tidak perlu menyertakan sebutan Ibu/Bapak sebelum nama mereka. Sementara jika Anda memilih menggunakan kata sapaan Ibu/Bapak maka tidak perlu double menyebut gelar.

Namun, penting untuk diketahui bahwa akan lebih etis jika seseorang memiliki gelar maka Anda menggunakan gelarnya saja. Jangan lupa gelar pada nama belakang dipisahkan dengan tanda koma (,) dan spasi.

5. Penggunaan Tanda Baca

Terakhir, jangan lupa menggunakan tanda baca sesuai kaidah bahasa Indonesia. Sesuatu yang tidak perlu dirisaukan ketika Anda mempercayakan penulisan pada jasa penulis artikel Artikel.co.id. Bukan hanya untuk penulisan surat, tetapi juga untuk berbagai tema lainnya.

Lima hal di atas membangun satu kesatuan utuh yang akan memberikan pandangan tertentu dari HRD kepada para calon penerima pekerjaan. Jadi, sebisa mungkin Anda memahami pedoman penulisan secara tepat dahulu sebelum mengirimkan lamaran.

3 Contoh Penulisan Alamat Lamaran Kerja

Cara Menulis Alamat yang Benar untuk Berbagai Kepentingan

Terkadang seorang pelamar akan membutuhkan contoh surat lamaran agar bisa membuatnya sendiri. Untuk memberikan pemahaman lebih jelas, kami akan mengajak Anda mencari tahu contohnya melalui ilustrasi berikut.

Baca juga: Cara Menulis Alamat Di Amplop Coklat Yang Sesuai Ketentuan

1. Contoh 1

Ini contoh jika menggunakan sapaan Ibu:

Kepada

Yth. Ibu Sulastri Nang Ning Nung

Jalan Dynamite No. 5

Kelurahan Seoul, Kecamatan Mokpo

Kota Annyeonghaseyo

45887

Lantas, bagaimana cara penulisan RT RW yang benar? Jangan menggunakan huruf kecil, Anda harus menuliskannya menjadi RT 002/RW 14. Jika bisa menulisnya dengan benar, HRD akan senang melihatnya.

2. Contoh 2

Berbeda dari sebelumnya, kali ini contoh jika memiliki gelar di belakang nama:

Kepada

Yth. Donald Trump, Ph.D.

PT Susah Senang Bersama

Jalan Apgheoju No. 48 RT 24/ RW 14

Kelurahan Hahuhi, Kecamatan Haheho, Kota Hahaha 56769

Anda bisa melihat perbedaannya secara jelas. Gunakan gelar jika penerima memang memilikinya. Itu mungkin saja bisa menjadi nilai tambahan apabila gelar yang dicantumkan ditulis dengan rapi.

3. Contoh 3

Kali ini juga contoh penerima memiliki gelar, tetapi terletak di awal. Seperti ini:

Kepada

Yth. Dr. Indrawati Candra

Jalan Danau Toba No. 5

Kelurahan Ahtou, Kecamatan Assassin

Kota Tahu, Jawa Tenggara

15785

Tentu saja semua alamat yang kami berikan rekayasa, tujuannya untuk menghindari penyalahagunaan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Namun, untuk cara menulis alamat yang benar tidak perlu dipertanyakan lagi.

Menuliskan Alamat Sendiri dengan Cara Ini

Lalu, bagaimana jika tujuan pengiriman barang adalah rumah Anda sendiri? Misalkan, Anda membeli barang online lalu mengirimkannya ke rumah. Penjual akan menuliskan alamatnya sesuai seperti yang Anda berikan.

Kurir akan lebih mudah mencapai lokasi ketika alamatnya lengkap. Maka dalam hal ini penting untuk memasukkan beberapa unsur berikut:

  1. Nama penerima (gunakan nama yang dikenali tetangga atau biasa digunakan di rumah)
  2. Nama jalan dan nomor rumah
  3. Keterangan bangunannya, seperti patokan, ciri khas bangunan, dsb
  4. RT dan RW
  5. Nama kelurahan maupun desa tempat tinggal Anda
  6. Kecamatan, kabupaten, dan provinsi
  7. Jangan lupa menyertakan kode pos
  8. Jika beda negara maka sertakan kemana negara tujuannya

Dengan memberikan penulisan alamat rumah yang benar maka tidak sulit untuk kurir menemukan lokasi pengiriman. Anda juga bisa menerima paket tersebut dengan tepat waktu dan dalam kondisi bagus karena tidak terlalu lama di jalan.

Hal paling penting lainnya, jangan lupa sertakan kontak yang bisa dihubungi. Jika Anda tidak ada di rumah maka alihkan ke penerima lain, seperti ART atau istri. Jika belum menikah maka bisa menitipkan ke orang tua. Siapa saja yang tersedia di rumah saat Anda tidak ada.

Pentingnya Menulis Alamat dengan Jelas

Menuliskan alamat untuk lamaran kerja maupun paket sama harus lengkap. Karena ini kepentingannya agar barang yang dikirimkan sampai lokasi tanpa kesalahan. Sekalipun sekarang sudah serba digital, namun Indonesia belum sepenuhnya meninggalkan surat.

Ingat kembali bahwa saat mengaplikasikan cara menulis alamat paket yang benar tentu lebih santai daripada menulis keterangan pada amplop lamaran kerja. Namun, poinnya tetap saja, yakni tulisan mesti jelas sehingga kurir dapat mengirimkan paket tepat waktu.

Sementara untuk kepentingan formal, seperti lamaran kerja tidak perlu menulis ulang lokasi penerima pada badan surat. Anda harus menuliskannya pada map saja dan di bagian badan suratnya cukup tuliskan di Tempat. Tidak perlu boros dengan menuliskan semuanya lagi.

Biasanya dalam dunia profesional, kegiatan surat-menyurat ini identik dengan profesi sekretaris perusahaan. Namun, sebagai pengetahuan maka Anda wajib tahu dan mengaplikasikan berbagai cara menulis alamat yang benar seperti telah kami sampaikan.