Apa Itu Exposure Instagram? Bolehkah ditukar dengan Produk?

Sudahkah Anda tahu apa itu exposure Instagram? Istilah ini cukup populer ketika ada selebgram yang menggunakannya untuk meminta produk ke suatu brand.

Biasanya endorsement dimulai dengan pihak brand meminta selebgram membuat konten pada media sosialnya. Lantas akan memberikan uang atau produk sebagai bayarannya.

Namun, ternyata ada pula selebgram yang terlebih dahulu menawarkan exposure pada brand untuk mendapatkan produk. Supaya lebih mengenal istilah ini, pelajari selengkapnya dalam artikel berikut.

Memahami Apa Itu Exposure Instagram

Sudahkah Anda tahu, pernah viral kisah suatu brand yang mendapat tawaran dari seorang selebgram berupa kerja sama dengan bayaran exposure di Instagram? Kisah ini pernah viral dan memperoleh beragam respon dari netizen.

Ketika suatu kisah menjadi viral, sudah tentu ada berbagai bentuk tanggapan dari netizen. Umumnya ada yang pro, ada pula memilih kontra. Begitu pula dengan yang terjadi pada kisah terkait exposure.

Lantas, sebenarnya apa maksud dari istilah tersebut? Anda bisa mengartikannya sebagai aktivitas publikasi yang menjadikan suatu akun Instagram dikenal oleh banyak orang.

Tentu saja ada beragam faktor yang mempengaruhi akun Instagram hingga dikenal oleh banyak orang. Biasanya salah satu cara yang dipilih oleh suatu brand ialah mengandalkan bantuan selebgram atau influencer.

Apabila Anda menerapkan cara menjadi selebgram, maka bisa memberikan exposure melalui postingan foto terkait produk atau jasa suatu brand. Lalu, menyematkan tag akun Instagram dari brandnya.

Melalui cara ini, follower maupun orang yang melihat postingan Anda akan terhubung dengan akun Instagram milik brand. Lantas, akun bisnis tersebut akan semakin populer.

Apabila Anda ingin menjadi seorang selebgram, tentu perlu memahami apa itu exposure Instagram. Jadi, bisa memahami tingkat kepopuleran suatu postingan setelah adanya interaksi dengan follower.

Tingkat kepopuleran suatu postingan bisa pula dipengaruhi oleh engagement rate. Apabila Anda ingin mempromosikan produk atau jasa melalui media sosial, perhatikan pula engagement rate.

Apabila sudah memahami apa itu exposure Instagram dan bisa menerapkannya pada postingan, nantinya akan membantu brand untuk meningkatkan angka permintaan produk atau jasa. Lantas, pendapatan brandnya juga akan meningkat.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjadi Selebgram TikTok? Ini Panduannya

Manfaat Exposure Postingan bagi Brand

Ketika Anda menjadi seorang selebgram, lantas mampu meningkatkan exposure postingan, maka bisa memberikan berbagai manfaat bagi brand. Berikut ini beberapa manfaatnya untuk brand.

1. Mengetahui Engagement Rate Postingan

Setelah mengetahui apa itu exposure Instagram dan menerapkannya, Anda bisa membantu suatu brand untuk mengetahui engagement rate postingan. Mengingat ada kaitannya dengan kepopuleran postingan.

Jadi, Anda dapat membantu pemilik bisnis untuk mengetahui tingkat rasa penasaran followers atau pengguna Instagram. Apakah banyak follower tertarik dengan produk atau jasa yang diposting.

2. Bisa Mengukur Tingkat Keperluan Masyarakat terhadap Produk

Berbekal pengetahuan tentang apa itu exposure Instagram, Anda juga membantu pemilik usaha untuk mengukur tingkat keperluan masyarakat terhadap produk.

Sebab, semakin banyak produk dicari oleh masyarakat, maka semakin tinggi pula permintaan produk di masa mendatang. Oleh karenanya, tingkat exposure postingan Anda bisa menjadi tolok ukur tingkat keperluan masyarakat.

3. Bisa Memperhatikan Kinerja Kompetitor

Ketika kompetitor bisnis melakukan promosi suatu produk mengandalkan selebgram, seorang pemilik usaha dapat melakukan pemantauan. Jadi, bisa mengamati berapa besar ketertarikan masyarakat pada promosi tersebut.

Sebagai selebgram, Anda juga dapat mengamati postingan selebgram lain yang exposurenya cukup tinggi. Anda dapat meniru cara promosinya supaya mendapatkan tanggapan besar dari follower.

4. Bisa Memperhatikan Trafik Postingan

Seorang pemilik usaha juga dapat mengamati trafik pengunjung secara detail melalui tingginya exposure postingan. Bisa melihat manakah postingan yang mendapatkan respon cepat dari follower.

Anda bersama pemilik usaha bisa menjadikannya patokan pembuatan postingan berikutnya. Jadi, dapat menentukan akan membuat postingan lagi seperti apa agar mendapatkan respon bagus.

Baca juga: Cara Menjadi Terkenal di Media Sosial Tanpa Kontroversi

Tips Meningkatkan Exposure Postingan

Setelah memahami apa itu exposure Instagram dan manfaatnya bagi pemilik usaha, tentunya Anda juga perlu tahu cara menaikkannya. Sebagai selebgram, ikuti tips berikut untuk meningkatkan exposure.

1. Menggunakan Gambar yang Mendukung

Ketika ingin mempromosikan produk melalui media sosial, pastikan menggunakan gambar yang mendukung. Gambarnya harus jernih dan tampak bagus. Jadi, follower bisa terpesona dan tertarik untuk membeli produknya.

Coba pikirkan saja jika gambarnya buram dan kurang estetik. Mungkin saja follower langsung scroll layar ke bawah mengabaikan postingan Anda.

2. Menambahkan Caption Menarik

Tidak berhenti mempelajari apa itu exposure Instagram, tambahkan pula caption menarik pada postingan. Jangan hanya fokus mengunggah gambar estetik, sempurnakan pula dengan caption yang memikat follower.

Coba saja menciptakan caption berupa kalimat pertanyaan atau teka teki. Jadi, follower akan tertarik untuk melakukan interaksi pada postingan.

Jika kesulitan menyusun kata-kata pada caption, bisa mengandalkan jasa penulis artikel seo. Cukup pesan caption, lantas tinggal menyalinnya pada IG.

3. Merapikan Feed

Feed adalah halaman profil utama yang pertama kali dilihat oleh follower atau pengguna Instagram. Oleh karenanya, perlu merapikannya agar menarik minat mereka untuk membeli produk yang Anda promosikan.

Jangan sekedar mengunggah foto estetik tanpa mempertimbangkan feed. Luangkan waktu untuk merapikan dan mempercantik feed agar para pengguna IG.

4. Memberi Balasan Cepat

Pastikan untuk segera merespon komentar pada postingan. Contohnya saja sudah ada 200 komentar dalam waktu satu jam. Maka, luangkan waktu untuk membalas komentarnya, jangan menunda-nunda.

Kecepatan respon ini sangat berpengaruh pada tingkat exposure. Semakin cepat responnya tentu semakin tinggi exposurenya. Jadi, jangan sampai menunda-nunda dalam memberikan respon.

Apakah Boleh Barter Produk dengan Exposure?

Pada pembahasan di atas sudah dijelaskan bahwa “apa itu exposure Instagram” adalah aktivitas publikasi yang membuat suatu akun bisnis menjadi populer. Lantas, apakah boleh menggunakannya sebagai bayaran meminta produk pada suatu brand?

Sebenarnya bukan hal ilegal atau kriminal ketika meminta produk pada suatu brand dengan menawarkan exposure Instagram. Anda boleh saja melakukannya, hanya saja perlu mengutamakan etika dan kesopanan.

Lantas, Anda juga wajib menerima apa saja respon yang diberikan oleh pihak brand. Misalnya pihak brand ternyata menolak, maka jangan memaksakan kehendak. Jika ternyata pihak brand menerima, maka Anda bisa menerapkan apa itu exposure Instagram.

Jadi, Anda boleh menawarkan kerja sama, sementara pemilik usaha boleh menerima atau menolaknya. Pastikan untuk tidak mengabaikan etika dalam proses ini.

Berkomunikasi melaui media sosial tentu perlu kehati-hatian. Karena, salah dalam pemilihan kata saja bisa memunculkan kesalahpahaman. Jangan sampai hanya karena salah bicara justru menyinggung pemilik usaha.

Pastikan untuk mengutamakan profesionalitas ketika menawarkan kerja sama. Meskipun komunikasinya melalui media sosial, jangan menggunakan bahasa gaul atau singkatan gaul.

Jika sudah terjadi kesepakatan, pastikan pula untuk mengikutinya. Misalnya saja sudah sepakat bahwa pihak brand akan mengirimkan produk pada hari Jumat. Maka, jangan tiba-tiba memaksa untuk mengirimkannya pada hari rabu atau kamis.

Karena, hal tersebut menunjukkan Anda kurang profesional. Hal ini mungkin terkesan sederhana tetapi bisa saja membuat image Anda memburuk. Lantas, mungkin saja berdampak pada endorsement di masa mendatang.

Apabila tertarik menjadi seorang selebgram, ada banyak sekali istilah yang wajib dipahami. Salah satunya adalah apa itu exposure Instagram yang sangat mempengaruhi endorsement.