Cara Membuat Deskripsi Produk untuk Mendukung Bisnis Online

Ada cara membuat deskripsi produk yang secara khusus bisa membantu meningkatkan jumlah pembelian dari bisnis digital. Perkembangan teknologi membawa kita untuk mengikutinya dalam berbagai aspek, termasuk dalam aspek bisnis atau jual beli online.

Kemudahan dan kepraktisan jual beli online membuat orang lebih banyak memilih jenis transaksi ini dibandingkan datang langsung ke toko konvensional. Namun, penjual akan bersaing dengan banyak kompetitor dan hanya yang memiliki strategi yang bertahan.

Memahami Target Pembeli

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam cara membuat deskripsi produk adalah memperhatikan siapa saja audiensnya. Karena berbeda audiens maka akan berbeda pula pemilihan bahasa yang tepat dan efektif untuk meraih atensi dari para pembeli.

Menargetkan audiens ini harus melihat siapa audiensnya, latar belakangnya apa, berapa umurnya, apa pekerjaannya, tinggal di daerah seperti apa kebiasaannya. Untuk melakukan identifikasi ini, Google sudah memiliki fitur khusus yang bisa dimanfaatkan semua pengguna.

Contoh sederhananya seperti ini, ketika ada toko yang menjual merchandise kpop maka target audiensnya jelas kpopers. Untuk menarik perhatian, cara membuat deskripsi produk bisa diselingi oleh istilah dan percakapan sederhana berbahasa Korea.

Bisa juga menggunakan istilah-istilah khusus terkait grup yang merchandisenya sedang diperjualbelikan. Akan sangat baik jika penjual juga memperluas wawasan tentang apa yang dijualnya sehingga akan lebih mudah menanggapi berbagai pertanyaan dari pembeli.

Strategi penguasaan terhadap apa yang dijual ini juga berlaku untuk setiap hal, baik keperluan rumah tangga, kebutuhan remaja, hobi bapak-bapak, dan sebagainya. Pendekatan secara subjektif mempermudah barang laku terjual dan menyaingi para kompetitor.

Baca juga: Cara Menulis Alamat Kirim Paket JNE yang Tepat

Sematkan Manfaat dan Keunggulan

Beri alasan kenapa konsumen harus membeli barang tersebut, apa kelebihan dan manfaatnya jika dibeli. Ini adalah salah satu cara membuat deskripsi produk yang ampuh, namun ingat dan perlu dicatat tidak perlu terlalu berlebihan dalam mengagungkan produk.

Boleh memuji kebaikan dan sisi baik dari barang yang dijual tetapi harus sesuai dengan faktanya. Kemampuan menulis untuk mempengaruhi pembaca agar membeli tanpa terkesan memaksa bukan hal mudah, sebab mau tidak mau pemilik bisnis memiliki pandangan subjektif.

Namun, segala kesulitan tersebut bukan berarti tidak bisa diatasi, tentu melalui berbagai upaya penceritaan terkait kelebihan produk bisa dibuat sehalus mungkin. Ketika memikirkan cara mendeskripsikan kelebihannya sambil melihat keraguan dari sisi konsumen.

Pastikan untuk memberikan jawaban sebaik dan selengkap mungkin sesuai keinginan dan kebutuhan konsumen. Salah satu keberhasilan dalam cara membuat deskripsi produk di bisnis digital adalah menempatkan diri sebagai konsumen yang tidak berwawasan lebih luas.

Jangan mudah emosi jika muncul pertanyaan yang Anda kira mudah dijawab, sebab bagi konsumen bisa jadi hal tersebut memang tidak diketahui sama sekali. Ramah tamah sebagai pemilik bisnis online menjadi salah satu kunci mampu bersaing dengan kompetitor.

Input Informasi Secara Lengkap

Memberikan informasi yang lengkap terkait sebuah produk jualan juga tidak kalah penting. Terlebih, dalam bisnis online, orang akan lebih mudah mencari serta membandingkan produk yang sama dari satu seller ke seller lain sampai menemukan yang cocok.

Sekalipun tersedia fitur chatting untuk menanyakan spesifikasi barang, akan tetapi jika pembeli menemukan deskripsi yang lebih jelas maka tentu toko Anda akan kalah. Pemberian informasi secara lengkap dan sesuai fakta adalah cara membuat deskripsi produk terbaik.

Orang akan sedikit bertanya dan langsung melakukan transaksi apabila merasa semua pertanyaannya terjawab cukup dengan membaca keterangan. Seperti contohnya sebuah toko online menjual baju anak, deskripsi lengkap dibutuhkan untuk memutuskan transaksi.

Seperti ukuran bajunya untuk usia berapa sampai berapa, kemudian detail ukuran centimeternya berapa. Karena anak-anak memiliki postur berbeda, bisa jadi usia 4 tahun lebih kecil dari usia 3 tahun. Hal-hal seperti ini kerap diabaikan, padahal sangat penting.

Salah satu cara membuat deskripsi produk secara detail dan lengkap ini merupakan pengantar agar pembeli bisa menanyakan hal lebih detail di fitur chatting. Semakin lengkap deskripsinya maka semakin besar kemungkinan orang akan melakukan pembelian.

Pembeli memiliki hak untuk membandingkan satu toko dengan toko lainnya, bisa jadi toko Anda tersisihkan apabila deskripsinya kurang lengkap. Untuk menuliskan keterangan secara lengkap ini butuh wawasan luas agar bisa menjelaskan produknya secara detail dan faktual.

Buat Keterangan Menarik

Menuliskan deskripsi secara detail memang penting, namun harus diperhatikan juga pemilihan katanya seperti apa. Jika terkesan kaku dan banyak menggunakan bahasa yang sulit dimengerti maka kemungkinannya kecil pembeli mau bertahan baca sampai selesai.

Sebaliknya, jika Anda menerapkan cara membuat deskripsi produk dengan keterangan lengkap tanpa mengabaikan estetika pemilihan kata maka orang akan betah membaca. Pemilihan kalimat yang menarik ini mampu menarik setiap orang untuk berlama-lama membaca.

Ketika orang nyaman melanjutkan kalimat demi kalimat maka dengan sendirinya akan mengamini segala kelebihan serta manfaat dari barang yang dijual. Trik seperti ini bisa dilakukan oleh orang yang mahir menulis deskripsi tanpa terkesan memaksakan kehendak.

Perlu diingat bahwa menuliskan keterangan produk pada situs jual beli adalah pengganti orang bertanya di toko konvensional. Semakin detail informasinya maka semakin besar kemungkinan orang akan melakukan pembelian pada toko online Anda.

Anda bisa saja menjual berbagai keperluan spesifik, namun hindari menggunakan bahasa atau istilah yang membingungkan. Contoh, menjual masker sebagai perlengkapan medis, maka cara membuat deskripsi produk yang baik adalah buat keterangan dengan istilah umum.

Posisikan diri sebagai pembeli yang bisa jadi lebih awam dari Anda. Sebab tujuan berjualan tentunya untuk menarik pembeli sebanyak mungkin, bukan untuk membuktikan seberapa mahir Anda menguasai suatu bidang sampai hafal semua istilah spesifiknya.

Libatkan Emosi Pembeli

Sentuh emosi pembaca secara tepat melalui pemilihan kata-kata serta tanda baca yang tepat. Buat orang memahami nada bicara Anda pada saat menulis sehingga akan lebih mudah untuk masuk ke dalam psikologis para pembeli dari berbagai kalangan.

Salah satu strategi cara membuat deskripsi produk terbaik adalah menggunakan tanda baca bukan sekadar untuk memenuhi standar penulisan yang baik. Namun, tanda baca juga digunakan sebagai jeda rima agar orang tahu harus seperti apa membaca deskripsinya.

Kelebihan bisnis online adalah bisa meraih konsumen secara lebih luas dari Sabang sampai Merauke, namun ada hal yang harus dimaksimalkan. Yakni, penjelasan dan kedekatan emosional yang mesti dibangun melalui teks, baik teks di keterangan atau pada chat.

Faktanya, jarang orang berbelanja online mau menanyakan langsung perihal keterangan barangnya melalui fitur tanya jawab. Apalagi jika sedang membandingkan satu toko dengan toko lainnya. Maka solusinya dari keterangan produknya harus diberikan sejelas mungkin.

Salah satu cara membuat deskripsi produk untuk menyentuh emosi pembaca ini harus benar-benar diperhatikan. Sebab terkadang orang membeli bukan karena spesifikasi barangnya, namun karena kemampuan penjual menyentuh hati kepada para pembeli.

Untuk bisa menyentuh emosi pembaca dengan tepat, perlu dihubungkan dengan identifikasi audiensnya. Kenali secara detail latar belakang target pembeli Anda agar bisa mengembangkan deskripsinya secara lebih runtut dan detail dari A sampai Z.

Terapkan Penggunaan Kata Kunci

Seperti halnya menulis artikel, keterangan dalam postingan barang dagangan juga harus memperhatikan kata kunci. Nantinya saat orang mencari barang sesuai produk yang Anda jual, besar kemungkinan hasil pencarian mengarahkan ke situs jual beli milik Anda.

Potensi dibuka akan semakin besar apabila menerapkan cara membuat deskripsi produk secara tepat. Untuk menempatkan hasil pencarian toko Anda ke halaman teratas Google, butuh penerapan kata kunci guna mendukung optimasi mesin pencari atau SEO.

Semakin tepat penggunaan  kata kuncinya maka akan semakin besar peluang situs Anda masuk ke jajaran teratas halaman pertama Google. Jika hasil pencarian pada halaman pertama ini sudah terpenuhi dan diikuti oleh beberapa hal di atas, maka akan saling mendukung.

Penulisan kata kunci harus konsisten agar Google lebih mudah mengenali situs jualan Anda seperti yang dilakukan jasa penulis artikel. Selain penerapan SEO, pendukung lainnya akan menjadi pelengkap alasan orang membeli barang dari toko Anda, sekalipun menemukan produk sama dari toko lain.

Penggunaan kata kunci ini harus ada di dalam judul serta dalam keterangan produknya yang disebar sewajarnya. Biasanya dalam cara membuat deskripsi produk juga menggunakan tanda pagar untuk memudahkan hasil pencarian ke toko Anda.

Seberapa banyak kata kunci digunakan bergantung pada seberapa banyak komposisi kata yang diketikkan. Pemilihan kata kunci lebih baik yang spesifik sehingga dapat menyasar audiens secara tepat dan berpotensi meningkatkan jumlah pembeli.

Gunakan Gambar Berkualitas

Terakhir, yang harus diperhatikan adalah pemilihan gambar untuk menerangkan foto produk secara asli agar menarik minat pembeli. Akan ada saja pembeli yang menanyakan foto asli dari barang jualan karena ingin tahu kondisi sebenarnya seperti apa.

Sekarang ada banyak trik memposting foto dengan editing agar terlihat lebih menarik. Ditambah cara membuat deskripsi produk secara tepat maka jumlah atensi calon pembeli akan meningkat. Namun, tanggung jawab penjual adalah memastikan foto produknya sesuai.

Tidak masalah dan memang harus menampilkan foto produk sebagus mungkin, baik melalui teknik pemotretannya atau teknik editingnya. Namun, barang yang dijual juga harus sama bagusnya sehingga pembeli tidak akan merasa kecewa saat barangnya tiba.

Detail foto harus diperhatikan betul untuk meminimalisir pertanyaan yang akan muncul dari calon pembeli. Upayakan memenuhi jumlah maksimal foto yang bisa diinput agar pembeli lebih memiliki gambaran terkait barang jualan Anda di toko online.

Jika terdapat perbedaan keterangan, seperti ukuran, warna, varian rasa, dan lainnya maka terapkan cara membuat deskripsi produk secara tepat juga. Saat foto dan keterangannya saling mendukung maka potensi orang yang akan membeli juga semakin tinggi.

Berbisnis di dunia digital pada dasarnya harus membekali diri dengan pemahaman terhadap teknologi dengan baik. Mengikuti setiap perkembangan zaman dan mau belajar tentang tren apa yang saat ini banyak digandrungi.

Tidak menutup kemungkinan sama sekali sebuah bisnis yang berusia tua sekalipun bisa tergeser oleh bisnis baru. Ketika enggan belajar dan membuka diri maka akan menjadi celah bagi kompetitor menggeser posisi bisnis Anda selangkah bahkan berkali langkah lebih jauh.

Dengan begitu, lebih mudah untuk menyasar pasar secara lebih luas dan bertahan di tengah gempuran ramainya para kompetitor. Pahami dan praktikkan berbagai cara membuat deskripsi produk ini jika ingin bisnis online Anda berjalan dengan baik.