Cara Merekam Suara Menjadi Tulisan di Word dengan Mudah

Sekarang ini telah tersedia cara merekam suara menjadi tulisan di Word. Salah satu fitur baru tersebut sangat membantu orang dalam hal aktivitas mencatat rekaman audio, misalnya saja jurnalis.

Microsoft Word ialah perangkat lunak yang secara umum dipakai untuk mengetik teks dengan mudah melalui komputer maupun laptop. Pada mulanya hanya menyediakan beberapa fitur sederhana.

Namun semakin lama terus berkembang hingga menawarkan fitur untuk mengubah audio dalam bentuk teks. Jadi pengguna bisa menghasilkan tulisan dengan lebih praktis tanpa lelah mengetik pada keyboard.

Fitur yang Mampu Mengubah Audio Menjadi Teks di Word

Cara Merekam Suara Menjadi Tulisan di Word dengan Mudah

Microsoft Word mampu mencatat pembicaraan yang direkam oleh pengguna melalui fitur Transcribe. Fitur ini ditawarkan oleh Microsoft 365 yang di dalamnya memuat Microsoft Word.

Fitur canggih tersebut dapat dioperasikan melalui peran teknologi Art Intelligence atau AI. Teknologi tersebut membantu menciptakan fitur yang mampu mengubah file audio. Baik itu direkam langsung melalui Microsoft maupun file sudah jadi.

Ketika menerapkan cara merekam suara menjadi tulisan di Word, secara otomatis sistem akan bekerja. Jadi suaranya akan diuraikan oleh sistem ke dalam bentuk teks.

Saat pertama kali diluncurkan fitur ini mendukung pemakaian Bahasa Inggris. Kemudian format file audio yang dapat dipakai ialah dalam bentuk MP3, MP4, M4A dan WAV. Tidak terbatas pada format umum MP3 saja.

Mengetik merupakan aktivitas yang cukup menyita banyak waktu. Namun dengan menerapkan cara voice typing di Word, waktu yang diperlukan akan jauh lebih sedikit. Bahkan pengguna juga mengeluarkan lebih sedikit tenaga dalam melakukannya.

Mengetik menggunakan suara juga akan menghindarkan pengguna dari kemungkinan typo atau kesalahan penulisan kata. Jika saja tetap terjadi typo atau salah ucap, dapat segera diganti dengan mudah.

Baca juga: Cara Membaca Tulisan Dokter, Ini Penafsiran Kodenya

Ketika baru memakai fitur ini mungkin Anda akan merasa kaku atau belum terbiasa. Namun jika sudah menggunakannya secara teratur maka akan merasakan banyak manfaatnya. Hal ini jika dibandingkan dengan mengetik secara manual.

Setelah sering mencobanya Anda akan merasa lebih nyaman. Bahkan hasil tulisan menjadi lebih akurat. Sehingga tidak ada alasan untuk menghindari fitur baru yang sangat membantu dalam aktivitas pengetikan dokumen.

Cara Merekam Suara Menjadi Tulisan di Word

Cara Merekam Suara Menjadi Tulisan di Word dengan Mudah

Microsoft sangat membantu kehidupan umat manusia sebab menghadirkan beragam perangkat lunak canggih. Sebut saja Microsoft Excel, Edge, Power Point dan tidak ketinggalan Word.

Bahkan Microsoft Word saat ini sudah mendukung pengubahan suara dalam bentuk tulisan. Sehingga pengguna tidak perlu mengetik memakai keyboard. Untuk memakai fitur tersebut perlu memasangkan mikrofon pada komputer atau laptop dahulu.

  1. Mengakses Microsoft 365

Setelah mikrofon berhasil tersambung, Anda dapat memulai cara merekam suara menjadi tulisan di Word dengan mengakses Microsoft 365. Anda bisa membukanya melalui Microsoft Edge maupun Chrome.

  1. Klik Fitur Transcribe

Setelah beranda terbuka, Anda perlu menemukan menu khusus. Cari menu Dictate dropdown. Lantas, klik pada fitur Transcribe. Bukan hal sulit dalam menemukan fitur canggih tersebut.

  1. Start Recording

Langkah selanjutnya adalah dengan klik pilihan Start Recording. Berikan izin akses untuk browser dalam memakai mikrofon. Biasanya permintaan izin muncul ketika pengguna baru pertama kali mencoba fitur Transcribe.

Nantinya akan ada informasi dari ikon jeda bergaris warna biru dan waktu bahwa perekaman sudah dimulai. Anda kemudian dapat berbicara mengenai hal yang ingin diubah ke dalam bentuk tulisan.

Dalam cara mengubah audio menjadi teks di Word ini bisa dihentikan dengan klik ikon jeda. Apabila sudah selesai maka klik Save and Transcribe Now. Nantinya file audio akan tersimpan ke dalam OneDrive dan sistem akan mengubahnya ke bentuk teks.

  1. Menunggu Proses

Fitur Transcribe memerlukan beberapa saat untuk memproses permintaan pengguna. Jadi Anda perlu menunggu sampai prosesnya selesai dan jangan sampai jaringan internet terputus. Jangan menutup panel Transcribe ketika proses berlangsung.

Cara Mengetik dengan File Rekaman Suara

Cara Merekam Suara Menjadi Tulisan di Word dengan Mudah

Banyak sekali aktivitas dalam hal mengubah rekaman suara menjadi bentuk tulisan. Misalnya saja setelah merekam seminar lantas perlu mengubahnya dalam bentuk teks untuk menyimpan materi.

Baca juga: Cara Mengedit Tulisan di PDF, Bisa Offline atau Online

Selain mengandalkan rekaman langsung di Microsoft Word, Anda juga dapat mencoba untuk mengunggah file rekaman yang sudah ada. Cara ini sangat berguna ketika berkaitan dengan wawancara narasumber jadi tidak perlu menyalin data secara manual.

  1. Membuka Microsoft 365

Langkah pertama mirip dengan tutorial sebelumnya yakni membuka Microsoft 365 menggunakan browser. Pilihan browser yang dapat dipakai juga sama, yakni Microsoft Edge atau Chrome.

  1. Akses Fitur Transcribe

Cara merekam suara menjadi tulisan di Word dilanjutkan dengan mencari fitur Transcribe. Di halaman beranda temukan dahulu menu Dictate dropdown. Baru akan tampil fitur Transcribe, klik saja fitur tersebut.

  1. Upload Audio

Jika tutorial sebelumnya mengharuskan klik Start Recording, maka pada tutorial ini Anda perlu klik Upload Audio. Jadi tidak perlu berbicara langsung melalui Microsoft, cukup mengandalkan file yang sudah ada.

  1. Tentukan File Audio

Pilih file yang ingin diterapkan dalam merekam suara untuk menjadi tulisan yang ada di Word. File bisa dalam format wav, mp3, mp4 maupun m4a. Biasanya rekaman suara dari ponsel mempunyai format mp3.

  1. Menunggu Proses

Proses transkripsi akan membutuhkan waktu dengan ikut mempertimbangkan sinyal internet. Jika sinyalnya lemah maka proses akan berjalan lambat. Jika sinyal kuat maka proses akan berjalan dengan normal. Ingat untuk tidak menutup panel Transcribe saat proses berjalan.

Panduan Mengubah Teks ke Audio Melalui Google Docs

Cara Merekam Suara Menjadi Tulisan di Word dengan Mudah

Selain memakai cara merekam suara menjadi tulisan di Word, Anda juga dapat mengandalkan Google Docs. Tutorial ini tidak kalah mudahnya dengan yang sebelumnya. Apalagi Google Docs dapat diakses secara gratis.

Selain itu, Google Docs juga dapat dibuka melalui smartphone. Jadi tidak wajib memakau komputer atau laptop ketika ingin mengetik menggunakan rekaman suara. Seperti ini tutorial dalam memakai Google Docs.

  1. Mengakses Google Docs

Langkah awal dalam tutorial ini ialah mengakses Google Docs cukup melalui browser. Anda dapat memakai jenis browser apa saja untuk dapat mengaksesnya. Jangan lupa memastikan koneksi internet stabil.

  1. Log In

Seperti biasanya, Anda perlu Log In untuk menikmati beragam fitur yang ditawarkan oleh Google. Termasuk Google Docs. Cukup Log In memakai akun Google Anda.

  1. Dokumen Baru

Langkah selanjutnya dalam cara mengetik dengan suara di Word ialah membuat dokumen baru. Anda juga boleh melakukan edit pada dokumen yang pernah dibuat sebelumnya.

  1. Menu Voice Typing

Langkah berikutnya ialah menemukan menu Tools. Lantas klik Voice Typing. Anda juga bisa memakai kombinasi keyboard Ctrl + Shift + S. Tentukan saja cara mana yang paling Anda suka.

  1. Pilih Bahasa

Jangan lupa menekan tombol Bahasa yang terletak di atas ikon microphone. Lantas mengubahnya ke dalam bahasa yang dikehendaki. Klik Allow jika muncul pemberitahuan berupa Use Your Microphone.

  1. Klik Ikon Microphone

Langkah utama dalam tutorial ini ialah klik ikon microphone. Lantas Anda dapat berbicara dan sistem akan mengubahnya ke dalam bentuk teks. Tidak perlu memakai jari-jari Anda untuk mengetik kata menggunakan keyboard.

Microsoft Word ialah perangkat lunak yang sangat berguna bagi semua kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa sampai pekerja. Microsoft terus mengembangkan diri hingga menghadirkan cara merekam suara menjadi tulisan di Word.