Kata-Kata Menarik Pelanggan yang Efektif untuk Promosi

Kata-kata menarik pelanggan sudah banyak digunakan oleh pebisnis terutama di media sosial seperti Instagram, Facebook maupun yang lainnya. Mengingat media sosial bukan sekedar menawarkan tampilan visual cantik namun juga bisa memuat kalimat promosi.

Kata-kata memang mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi calon konsumen sehingga bertindak membeli suatu produk atau menggunakan suatu jasa. Oleh karenanya, Anda juga perlu memanfaatkannya untuk bisnis.

Akan tetapi, penulisan kalimat promosi tidak dapat dilakukan tanpa pertimbangan. Perlu menuliskannya secara kreatif dan unik sehingga mampu menarik perhatian serta minat calon konsumen.

Apa Fungsi Membuat Kata-Kata Menarik Pelanggan?

Jika hanya melihat kalimat promosi dari suatu bisnis, mungkin tidak tampak apa fungsi di baliknya. Namun, sebagai seorang pebisnis Anda perlu tahu apakah fungsi dari melakukan promosi.

Setiap orang yang melihat produk atau jasa dari Anda pasti punya pemikiran berbeda-beda. Misalnya saja ada seseorang yang sama sekali belum kenal dengan brand Anda. Maka, promosi akan berfungsi menginformasikan produk maupun jasa.

Jadi, ketika seseorang pada mulanya sama sekali tidak kenal dengan produk Anda, selanjutnya akan mengenalnya. Fungsi penginformasian sangat penting bagi perusahaan baru maupun perusahaan lama.

Tidak penting apakah produk punya kualitas tinggi atau standar. Ketika tidak ada orang yang mengetahuinya, bukankah tidak mungkin ada pembeli? Oleh karenanya, fungsi penginformasian ini dibutuhkan oleh semua pebisnis.

Lantas, setelah orang-orang mengetahui produknya, apakah langsung terjadi pembelian? Tentu hal ini tidak bisa dipastikan 100%, karena ada yang akan membelinya dan tidak.

Oleh karenanya, kata-kata menarik pelanggan bukan sekedar berfungsi menginformasikan produk atau jasa namun juga mempersuai. Sehingga bisa memotivasi masyarakat untuk melakukan pembelian.

Jadi, jangan mengira promosi hanya berfungsi untuk menginformasikan produk maupun jasa. Aktivitas ini juga akan turut mempersuai audiens. Untuk bisa mempersuasi, diperlukan penulisan keunggulan, manfaat hingga nilai dari produknya.

Kemudian, promosi tidak akan berhenti setelah audiens membeli produknya. Promosi masih berfungsi untuk mengingatkan konsumen agar membeli produknya lagi di lain waktu.

Contohnya saja Anda mempromosikan facial wash untuk audiens. Lantas, ada sejumlah konsumen yang membelinya. Melalui kata-kata menarik pelanggan, ingatkan untuk membeli facial wash lagi ketika milik mereka sudah habis.

Contoh Promosi Produk atau Jasa

Ada banyak bentuk promosi yang bisa dilakukan oleh pebisnis. Berikut ini beberapa contoh yang juga dapat Anda terapkan untuk mengembangkan bisnis.

1. Produk Baru

Kata-kata menarik pelanggan dapat dituliskan untuk mempromosikan produk baru. Jadi, apabila Anda ingin merilis inovasi terbaru, lakukan promosi untuk mengenalkannya ke audiens dan mendapatkan penjualan.

Meskipun perusahaan Anda sudah berdiri dalam waktu lama dan produk sebelumnya sudah mendapat banyak pelanggan. Jangan sampai tidak melakukan promosi ketika merilis inovasi terbaru.

2. Penawaran Khusus

Tidak jarang, pebisnis menghadirkan nilai tambah ketika menawarkan produk maupun jasa ke audiens. Jadi, konsumen akan memperoleh keuntungan lebih ketika melakukan transaksi pembelian.

Misalnya saja menawarkan bonus gelas ketika konsumen membeli piring. Jadi, produknya berupa piring sementara penawaran khususnya berupa gelas.

Bentuk penawaran khusus ini bisa berupa apa saja. Termasuk berupa undian berhadiah motor atau mobil. Sehingga penawarannya mampu menarik perhatian audiens.

3. Cashback

Kata-kata menarik pelanggan dengan menawarkan cashback banyak dilakukan oleh pebisnis. Biasanya ada persyaratan khusus untuk mendapatkan cashback, misalnya harus melakukan pembelian dengan nominal tertentu.

Cashback dapat diterapkan untuk meningkatkan penjualan pada momen khusus. Contohnya saja untuk memperingati ulang tahun perusahaan, merayakan hari kemerdekaan dan lain lain.

4. Tester

Promosi dengan memberikan tester juga umum dilakukan. Misalnya saja menawarkan kopi gratis atau parfum gratis untuk calon konsumen. Tujuannya ialah mendapatkan feedback dari mereka.

Memberi tester juga bisa membuat calon konsumen tertarik untuk segera membeli. Misalnya setelah merasakan kopi gratis terasa lezat, lantas berkenan membeli kopi.

Manfaat Membuat Kata-Kata Menarik Pelanggan

Ketika melakukan promosi, tentu ada sejumlah manfaat yang bisa Anda peroleh terutama jika melakukannya secara optimal. Berikut ini sejumlah manfaat pelaksanaannya.

1. Menambahkan Value

Ketika hendak membuat kata-kata menarik pelanggan, Anda perlu memikirkan apa penawaran paling menguntungkan bagi konsumen. Jadi, bukan sekedar fokus pada cara untuk menjual produk sebanyak-banyaknya.

Ketika mampu memberikan penawaran paling menguntungkan, tentu konsumen akan mendapatkan nilai tambah. Jadi, konsumen akan lebih tertarik untuk menerima penawaran Anda.

Contohnya saja menerapkan paket bundling. Maka, konsumen akan mengeluarkan lebih banyak uang karena membeli beberapa barang yang ada pada paket bundling, tidak hanya membeli satu barang.

2. Mendorong Angka Penjualan

Menulis kata-kata menarik pelanggan juga akan bermanfaat dalam mendorong angka penjualan. Mungkin Anda pernah mendengar istilah sales growth yang artinya angka penjualan dalam perhitungan periode khusus.

Ketika seorang pebisnis tidak berupaya mempertahankan angka tersebut, ada risiko kompetitor melampaui pencapaian tersebut. Jadi, pebisnis wajib mempertahankan sales growth. Akan lebih baik jika terus meningkatkan angkanya melalui promosi.

3. Mendorong Reputasi Positif

Promosi bisa bermanfaat dalam mendorong reputasi brand. Ketika melakukannya, calon konsumen akan tertarik dengan brand. Lantas, mulai mencari tahu lebih lanjut tentang brand Anda.

Begitu calon konsumen melihat promosi kembali, lantas akan menganggap brand Anda sudah semakin berkembang. Sehingga lebih percaya untuk membeli produk Anda.

4. Mendorong Inovasi Baru

Mempromosikan produk atau jasa tidak harus menyiapkan banyak dana, seperti saat mempromosikan jasa penulis artikel berkualitas misalnya. Karena, aktivitas promotion juga bisa mendorong terciptanya inovasi baru. Meskipun dananya sedikit, bisa muncul ide kreatif dari tim.

Sehingga Anda dapat menemukan beragam metode promosi menarik dengan biaya terjangkau. Tidak sekedar mengandalkan uang untuk mempromosikan produk maupun jasa.

Kata-Kata Promosi Online di Media Sosial

Semakin banyaknya penggunaan media sosial menjadikan kata-kata menarik pelanggan mampu mendorong pertumbuhan bisnis. Berikut ini sejumlah kata yang bisa Anda pakai juga untuk promosi.

1. Gratis

Diksi “gratis” sangat mempesona bagi calon konsumen. Begitu melihat promosi yang memuat “gratis”, pasti akan muncul ketertarikan untuk membeli produknya.

Diksi “gratis” juga sudah banyak digunakan oleh toko online maupun offline. Sudah banyak pebisnis membuktikan betapa ajaibnya diksi “gratis”.

Misalnya saja Anda memberikan hadiah 1 gelas es jeruk untuk konsumen yang membeli ayam geprek terbatas pada 15 orang pertama. Maka, akan ada banyak orang yang berlomba membeli ayam geprek supaya memperoleh satu gelas es jeruk secara gratis.

Jika belum percaya dengan pesona diksi “gratis”, coba temukan berbagai bentuk promosi yang bertebaran di media sosial. Apakah cukup banyak orang yang tertarik membeli produk setelah membaca tulisan “gratis”?.

2. Eksklusif

Apa kata-kata menarik pelanggan selanjutnya? Yakni “eksklusif”. Begitu melihat tulisan “eksklusif”, seseorang akan berpikir bahwa produknya bagus, edisi terbatas, langka dan perlu membelinya dengan segera.

Bukan hanya itu, “eksklusif” menghadirkan kesan bahwa produknya terbilang berharga dan tidak semua orang bisa memilikinya. Oleh karenanya, menyematkan “eksklusif” dalam kalimat promosi akan menarik minat audiens untuk melakukan pembelian.

Contoh kalimat promosinya seperti berikut. “Pakaian ini ialah produk eksklusif, Karena bahan bakunya merupakan katun asli dengan kualitas tinggi. Sehingga bukan hanya tampak cantik, pakaian juga tahan lama”.

3. Garansi

Tulisan “garansi” juga mampu menarik minat konsumen untuk melakukan transaksi pembelian. “Garansi” memberikan rasa aman bagi konsumen untuk membeli produk secara online.

Jadi, ketika produknya sampai, konsumen akan punya kesempatan untuk meminta garansi jika ada kerusakan atau cacat. Tentu hal ini lebih menguntungkan bagi konsumen daripada tidak ada garansinya sama sekali.

Baca juga: Kumpulan Kata-kata Promosi untuk Belajar Menulis

Kata Kata untuk Launching Produk Baru

Kata-kata menarik pelanggan juga dapat Anda terapkan ketika hendak merilis produk baru. Berikut ini sejumlah rekomendasi kata promosinya.

1. Baru

Karena produknya merupakan inovasi terbaru, tentu perlu menyematkan diksi “baru”. Diksi ini akan membantu memikat pelanggan supaya melakukan transaksi pembelian. Tulisan “baru” akan memunculkan rasa penasaran.

Jadi, jangan melewatkan diksi “baru” ketika merilis inovasi terbaru. Sehingga pelanggan bisa tahu adanya barang terbaru tersebut. Misalnya menggunakan kalimat promosi seperti ini “Baru! Macaron dengan rasa cola, pasti kamu ketagihan”.

2. Instan atau Cepat

Kata-kata menarik pelanggan berikutnya ialah “instan” atau “cepat”. Boleh juga menggunakan diksi “langsung” yang punya makna serupa. Penggunaan diksi ini akan memikat pelanggan sebab pola pikir serba praktis sudah sangat berkembang.

Seperti yang Anda tahu, sekarang ini banyak orang membutuhkan produk dengan hasil cepat atau instan. Misalnya alat untuk memasak nasi dengan cepat. Lalu, alat untuk mengisi daya ponsel dalam waktu cepat.

Oleh karenanya, Anda bisa menggunakan tulisan “Instan”, “cepat” dan “langsung” untuk memikat pelanggan. Misalnya mengandalkan kalimat berikut “Sabun Whitening baru ini akan langsung mencerahkan kulit tubuh hanya dalam waktu satu minggu!”.

3. Terbaik

Diksi “terbaik” juga mampu mempengaruhi seseorang untuk membeli suatu produk. Setiap orang pasti menginginkan hal terbaik dalam hidup. Oleh karenanya, diksi tersebut sangat efektif untuk memikat seorang pelanggan.

Jadi, ketika merilis barang terbaru, tekankan bahwa barang tersebut merupakan barang terbaik. Jadi, pelanggan tidak akan merasa ragu untuk membelinya.

Caption Menarik untuk Promosi Event

Kata-kata menarik pelanggan bukan hanya dapat diterapkan pada barang namun juga event. Ketika menyelenggarakan event, tentu juga perlu mempromosikannya agar banyak orang yang datang berkunjung. Berikut ini rekomendasi diksi promosinya.

1. Investasi

Diksi “investasi” mampu memikat calon konsumen untuk menghadiri suatu event. Ketika seseorang membaca tulisan “investasi” tentu akan menganggapnya sebagai keuntungan. Oleh karenanya sangat bermanfaat untuk diterapkan pada promosi event.

Ketika menuliskan diksi “investasi”, akan memunculkan pemikiran bahwa menghadiri event akan memberikan keuntungan untuk jangka waktu lama. Jadi, bukan sekedar mendapat manfaat senang.

Misalnya saja menyelenggarakan event workshop pembuatan kerajinan tangan dari sedotan bekas. Maka, bisa menuliskan promosinya sebagai investasi pengolahan sampah untuk waktu lama.

Karena, setelah workshop selesai, peserta masih bisa membuat kerajinan tangan secara mandiri begitu mempunyai sedotan bekas di rumah. Jadi, tidak membuang sampak sedotan begitu saja.

2. Angka

Kata-kata menarik pelanggan juga bisa berupa angka. Angka akan menunjukkan berapa banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh konsumen. Sehingga keinginan konsumen untuk menghadiri event semakin kuat.

Misalnya saja menuliskan kalimat promosi seperti berikut. “Konser musik pop ini bukan sekedar memeriahkan malam minggumu. Tetapi juga akan memberikan 5 manfaat lain, yakni …”.

Cukup tuliskan event yang Anda selenggarakan lantas tambahan beberapa manfaat jika menghadirinya. Jadi, orang-orang akan segera tertarik untuk menghadiri event.

Kalimat promosi kreatif sangat berpengaruh pada kesuksesan bisnis. Oleh karenanya, gunakan kata-kata menarik pelanggan dalam artikel ini untuk mendapatkan angka penjualan tinggi.