Caption IG yang Bagus Mengundang Interaksi Audiens

Membuat caption IG yang bagus sangat mudah. Bagus atau tidak sebuah caption atau keterangan suatu unggahan sebetulnya sangat relatif. Audiens IG sangat beragam minat dan kesukaannya.

Kalangan anak muda umumnya lebih suka membaca caption quote singkat dan lucu. Ada juga yang lebih suka dengan caption sesuai realita kehidupan saat ini karena bisa dijadikan contoh untuk unggahannya.

Pengguna sosial media tentu ingin hits dengan rutin update story maupun feed Instagram. Supaya lebih menarik perhatian audiens, Anda bisa mencontoh dari jasa penulis artikel yang sudah banyak membantu pengguna sosial media.

Tujuan Penggunaan Caption IG yang Bagus

Apa itu caption? Yaitu keterangan yang diunggah ke sosial media mengiringi sebuah foto, video, atau teks lain misalnya quote. Penggunaan caption sendiri memiliki tujuan seperti di bawah ini yang pengguna harus ketahui.

1. Menarik Perhatian Audiens

Tujuan penggunaan caption tentu saja untuk menarik perhatian dari audiens. Bisa followers yang memang sudah aktif mengikuti aktifitas akun, maupun pengguna lain. Feed Instagram sendiri lebih banyak dipakai sebagai branding, menjual dan memperkenalkan diri.

Pada saat audiens tertarik dengan kalimat atau kata-kata menarik, maka akan memancing mereka untuk berlama-lama memperhatikan. Bisa jadi nantinya tertarik untuk membuka profile, dan membaca postingan sebelumnya.

Baca juga: Pilihan Quotes untuk Instagram agar Akun Ramai Pengunjung

2. Menambah Jumlah Follower

Aktifitas membuka profile oleh pengguna lain akan menambah prosentase terjadinya interaksi. Mulai dari like, komen atau share bahkan ketiganya. Ini akan jadi keuntungan karena akun Anda mendapat respon para pengguna Instagram.

Dari interaksi tersebut akan memancing mereka untuk follow akun Anda. Semakin sering menampilkan postingan menarik, maka semakin besar respon serupa didapatkan. Dengan demikian followers akan makin bertambah.

3. Tujuan Persuasif

Tujuan lainnya adalah untuk keperluan persuasif. Tidak selalu para pebisnis atau influencer, ada juga pegiat sosial yang membuat kalimat menarik dengan tujuan mengajak melakukan suatu hal.

Atau akun baru dengan tujuan mengajak audiens untuk follow akun tersebut karena akan ada kabar menarik tema tertentu. Misalnya, akun khusus resep masakan diet sehat, pendidikan seputar rumah tangga, pendidikan anak usia dini dan sebagainya seperti.

16. Caption IG yang Bagus Mengundang Interaksi Audiens - 1

Batasan Kata untuk Caption IG yang Bagus

Sebelum salah persepsi, Anda harus paham yang mana dan apa itu caption. Penulisannya bukan di dalam gambar yang diposting pada feed, melainkan di kolom keterangan. Pada kolom ini Anda bisa menuliskan kalimat panjang sesuai keinginan.

Namun perlu diingat bahwa untuk menarik perhatian audiens tidak perlu panjang-panjang menyertakan keterangan. Meski tidak ada batasan khusus panjang kalimat, namun rata-rata audiens mudah bosan membaca teks panjang.

Apalagi lebar kolom terbatas, dalam satu kalimat saja bisa terpisah menjadi 2 baris. Sebagai acuan sederhana, Anda bisa mengikuti beberapa bentuk berikut ini agar bisa jadi referensi dalam menulis caption.

Baca juga: Apa Itu Caption? Ini Pengertian dan Tips Menulisnya di IG

1. Caption Instagram dua baris

16. Caption IG yang Bagus Mengundang Interaksi Audiens - 2

Seperti contoh tersebut, keterangan dari unggahan foto hanya satu kalimat dan jadi 2 baris pada kolom keterangan. Meski singkat namun menarik karena pemilik akun menuliskan kalimat terbuka dan mengundang orang lain untuk menyanggah.

Kalimat seperti ini biasa disebut kontroversial. Meksi maknanya tidak selalu positif, namun ternyata efektif menarik perhatian dari audiens. Memicu rasa ingin membalas dengan kalimat lain baik itu pro maupun kontra.

2. Padat singkat memuat info lengkap

Anda juga bisa membuat kalimat lebih panjang lebih dari 2 baris namun tidak membosankan. Contoh satu kalimat sebagai pembuka, beri jarak beberapa spasi baris di bawah kemudian menuliskan info lengkap.

Kunci dari caption IG yang bagus ada pada pengantar. Jika bagian ini menarik, menimbulkan tanda tanya, penawaran keuntungan bagi audiens, maka secara otomatis audiens akan scroll ke bawah untuk membaca secara utuh.

Bentuk semacam ini efektif untuk promosi produk maupun jasa. Pengantar berisi kesimpulan atau garis besar. Kemudian dilanjutkan dengan info secara utuh pada paragraf kedua, ditutup dengan call to action pada akhir keterangan.

Gambar Penunjang Caption IG yang Bagus

Platform Instagram sendiri adalah tempat dimana pengguna membagikan foto atau video sebagai konten utama. Jadi keterangan apapun pastinya merupakan bagian dari foto atau video tersebut. Adanya foto atau video mempermudah memilih kata-kata.

Caption di instagram yang bagus tentu saja yang relevan dan menjelaskan foto atau video. Tetapi ada juga yang justru bertolak belakang, dan ini efektif menarik perhatian audiens memberikan respon.

1. Arti penting gambar

Nilai estetika sangat penting apabila Anda ingin menampilkan unggahan berupa foto, jadi jangan asal pada saat take. Perlu diperhatikan angle paling pas, dimana untuk hal ini Anda bisa belajar dari berbagai tutorial di internet.

Apalagi jika ada banyak gambar ingin ditampilkan, Anda perlu membuatnya jadi rapi. Misalnya dengan membuat dalam bentuk grid, pertimbangkan jika ingin membuat beberapa slide foto sebab biasanya audiens malas swipe dan hanya fokus di halaman pertama.

2. Kesesuaian gambar dengan keterangan

Sangat penting memperhatikan kesesuaian keterangan dengan gambar. Supaya lebih tepat, Anda bisa belajar dari unggahan orang lain atau jasa penulisan. Contoh bagaimana komposisi kata-katanya disesuaikan maksud gambar, seperti.

16. Caption IG yang Bagus Mengundang Interaksi Audiens - 3

Pilihan Waktu untuk Upload Caption yang Bagus

Selain mempertimbangkan katakata menarik, penting juga memilih waktu mengunggahnya. Jangan sampai sudah memilih foto paling bagus dengan filter kekinian, keterangan menarik, namun tidak banyak dilihat audiens.

Bisa jadi karena pilihan waktu posting Anda tidak ideal. Mengunggah di sosial media Instagram pada jam kerja kurang maksimal mengundang audiens untuk membaca. Maka pintar-pintar mengatur waktu dan kenali algoritmanya.

Anda dapat mengunggah post di feed Instagram maupun reel pagi jam 9. Ini umumnya merupakan waktu dimana banyak pengguna sosial media membuka akun untuk update berbagai info terkini. Termasuk jika Anda ingin menawarkan produk, ini adalah waktu paling tepat.

Bagaimana jika waktu ini terlewat? Anda bisa ulangi mengunggah pada siang hari yaitu jam 1 siang. Ini adalah waktu dimana pelajar maupun pekerja beristirahat, umumnya dimanfaatkan untuk scroll sosial media.

Caption yang bagus berbagai tema akan terbaca pada waktu ini. Terutama jika tujuannya adalah untuk menawarkan produk, lebih efektif mendatangkan interaksi audiens pada siang hari. Contohnya seperti pada.

16. Caption IG yang Bagus Mengundang Interaksi Audiens - 4

Selain jam ideal, ada juga hari ideal untuk mengunggah postingan Instagram sesuai tema. Contohnya, tema pendidikan paling tepat diunggah pada hari Senin. Sebab Senin merupakan awal pekan sekaligus hari mengawali aktifitas.

Tema liburan, lebih tepat diunggah menjelang akhir pekan. Umumnya orang mulai merencanakan liburan atau healing menjelang akhir pekan. Jadi selain menarik perhatian audiens, unggahan Anda bisa sekaligus sebagai rekomendasi bagi orang lain.

Namun bukan menjadi satu acuan, sebab algoritma bisa saja berubah. Anda bisa mengikuti perkembangan tren para netizen dan melakukan berbagai riset lainnya supaya setiap kali post caption IG yang bagus efektif mendatangkan interaksi.