Caption Instagram tentang Skincare Inspirasi bagi Influencer

Caption Instagram tentang skincare biasanya dicari oleh kaum wanita. Instagram jadi salah satu platform sosial media yang digunakan untuk bisnis online. Trend konsumen saat ini lebih suka mencari inspirasi produk lewat sosial media yang diunggah para influencer.

Keinginan memiliki kulit wajah glowing ala selebriti semakin mungkin terwujud karena banyaknya sharing product. Baik dari jenis, merk, kandungan, manfaat serta hasil akhir pemakaiannya semua bisa ditiru.

Tidak hanya sebagai konsumen, Anda bisa juga membuat konten serupa untuk menginspirasi orang lain. Konten ini bisa mendatangkan keuntungan finansial jika konsisten membuatnya. Jika kesulitan membuat caption menarik Anda bisa gunakan jasa penulis artikel.

Caption Instagram tentang Skincare Tutorial Cara Pakai

Apa itu caption skincare? Tulisan yang dibuat mengiringi sebuah gambar atau foto skincare. Konteksnya bisa bermacam, kandungan bahan dan komposisinya, manfaatnya, cara penggunaan, harga, sampai review hasil penggunaan.

Mengapa keterangan seperti ini dibuat? Umumnya demi keperluan promosi produk, menjual langsung, memberikan edukasi kepada audiens. Membuat update berkaitan dengan sebuah produk sama saja Anda berbisnis online.

Keuntungannya sangat menjanjikan dari segi finansial jika berniat memulai sebagai pebisnis online. Tidak ada modal besar pada awal, bahkan promosi Anda lakukan sendiri melalui media sosial.

Caption di Instagram mengenai skincare bisa Anda buat secara sederhana hanya dengan mengabadikan langkah-langkah penggunaan beserta tips jika ada. Atau macam-macam jenis produk yang perlu digunakan dalam satu rangkaian seperti gambar 19.1.

19. Caption Instagram tentang Skincare Inspirasi bagi Calon Influencer-1

Dari foto rangkaian serta urutan produk, Anda bisa membuat keterangan lengkapnya di kolom caption. Buat judul relevan, misalnya skin routine khusus kulit berjerawat, singkat anti ribet. Kemudian di bawahnya berupa urutan langkah penggunaan.

Jika Anda masih pemula, tidak perlu membeli produk yang sedang viral. Cukup gunakan apa yang ada dan biasa dipakai. Ini lebih efisien, Anda tidak perlu keluar uang untuk membeli, tidak perlu mempelajari karakter produk baru, lebih mudah merangkai caption Instagram tentang skincare.

Baca juga: Caption Pantai Singkat Lucu Menghibur Supaya Feed Makin Ramai

Caption untuk Instagram Promosi Produk Skincare

Caption bisa langsung merupakan ajakan atau hard selling product. Pada saat membaca ajakan langsung untuk membeli bisa jadi audiens merasa kurang nyaman. Namun akan teredukasi dari pemaparan keterangan yang Anda buat, isinya memuat info sebagai berikut:

1. Nama produk

Informasi pertama yang wajib ada adalah nama product skincare. Pada foto tentu sudah sangat jelas brand apa. Tapi sebagai penegas, Anda perlu menyebutkan kembali nama dari brand tersebut.

2. Manfaat menggunakan

Manfaat atau khasiat bagi pengguna harus dijelaskan, sebab ini merupakan poin promosi paling penting. Misalnya, efektif mengurangi tanda penuaan, mencerahkan kulit satu tingkat, menyembuhkan jerawat dan sebagainya, seperti gambar 19.2.

19. Caption Instagram tentang Skincare Inspirasi bagi Calon Influencer-2

Caption Instagram tentang skincare pada tutorial ini juga dilengkapi info kontra indikasi jika ada. Misalnya tidak cocok untuk ibu hamil dan menyusui. Kemudian juga efek penggunaan jangka panjang seperti menjadikan kulit kenyal, sehat, lebih cerah.

3. Macam varian

Macam varian produk bisa jadi pelengkap informasi. Anda bisa menuliskan macam varian berdasarkan manfaatnya, seperti rangkaian whitening, rangkaian anti jerawat, rangkaian anti-aging.

Atau untuk satu paket yang diunggah seperti pada foto dijabarkan lagi apa saja jenisnya. Biasanya sebuah rangkaian perawatan terdiri dari sabun, serum, pelembab, sunscreen. Sesuaikan saja dengan banyaknya jenis product.

4. Harga

Direkomendasikan oleh jasa penulis artikel bahwa mencantumkan harga memiliki manfaat besar pada sebuah konten promosi. Setelah mengetahui manfaatnya, audiens tentu ingin tahu berapa harganya. Tidak masalah menuliskan langsung, atau call to action untuk DM tanya harga.

Caption tentang Skincare di Instagram Mengatasi Kulit Kering

Tips skincare spesifik untuk kondisi kulit tertentu bisa jadi pelengkap caption IG. Terutama yang ingin jadi influencer perlu spesifik mengulas suatu jenis produk perawatan untuk mengundang audiens dengan permasalahan serupa.

Kulit kering adalah masalah yang cukup banyak dialami oleh wanita Indonesia. Ada banyak aspek yang bisa diulas menjadi suatu pelengkap unggahan sosial media Anda. Mulai dari penyebab kulit kering, rekomendasi produk sampai tips skincare routine seperti pada gambar 19.3.

Karena fokusnya adalah rutinitas atau urutan skincare yang tepat untuk permasalahan kulit kering, tidak harus merekomendasikan merk tertentu. Gambar ilustrasi bisa menggunakan jenis perawatan yang mewakili.

Misalnya cleanser, untuk pembersih muka, tidak harus mencantumkan merk tertentu sehingga gambar boleh dari apa saja. Dilanjutkan penggunaan toner, eksfoliasi lalu pelembab atau moisturizer.

Urutan gambar ditunjukkan dengan nomor, sehingga audiens paham langkah-langkahnya. Pada caption Instagram tentang skincare kulit kering bisa dijelaskan singkat bahan apa saja yang tidak diperkenankan.

Misalnya, penggunaan toner mengandung alkohol tidak direkomendasikan sebab justru memicu kulit lebih kering. Atau cleanser perlu dibatasi maksimal 3 kali dalam sehari, berlebihan dapat menyebabkan kulit iritasi dan sebagainya.

Manfaatkan tagar untuk memberikan kemudahan bagi audiens dalam mencari info relevan. Dari langkah awal ini, jika dilakukan secara konsisten maka feed jadi lebih ramai. Anda akan dapat banyak like, share maupun komentar positif.

Semakin banyak interaksi Anda dapatkan, follower akan bertambah. Pada jumlah tertentu nantinya Anda bisa mendapat tawaran untuk jadi beauty influencer dan dibayar untuk setiap post.

Selain juga mendapatkan endorse berupa product secara kontinyu. Jadi betul-betul harus paham apa itu caption serta cara membuatnya. Nantinya akan lebih banyak keuntungan bisa Anda dapatkan.

Baca juga: Apa Itu Caption? Ini Pengertian dan Tips Menulisnya di IG

Caption Instagram Testimoni Pemakaian Skincare

Satu lagi yang tidak boleh ketinggalan jika Anda ingin jadi influencer di bidang kecantikan adalah hasil pemakaian. Ini penting, sebab audiens tentunya ingin tahu apakah manfaat dari product yang Anda upload benar-benar memberikan hasil sesuai klaimnya.

Jika benar-benar ingin meyakinkan audiens yang nantinya jadi pasar Anda, jangan lupa untuk mengabadikan foto sebelum pemakaian. Kemudian setelah pemakaian, saat sudah muncul hasilnya secara signifikan juga perlu difoto.

19. Caption Instagram tentang Skincare Inspirasi bagi Calon Influencer-3

(Gambar 19.4) Foto before after ini yang jadi materi promosi paling jitu. Audiens dengan keluhan serupa, akan langsung mengikuti anjuran membeli serta menggunakan produk tanpa ragu. Selain foto dengan kondisi berbeda, Anda bisa juga menyisipkan tips.

Misalnya, cara penyimpanan skincare yang dibahas. Beberapa produk perawatan membutuhkan lingkungan khusus sebagai tempat penyimpanan agar tidak rusak dan manfaatnya tidak berkurang.

Kemudian, informasikan profil Anda sebagai pemakai. Sehingga efektifitasnya dapat dinilai sendiri oleh audiens dengan latar belakang profile berbeda. Contoh, Anda adalah wanita single berusia 25 tahun dengan permasalahan flek hitam.

Apabila audiens berusia lebih muda, berarti bisa menilai bahwa efektifitas pemakaiannya bisa lebih baik untuk permasalahan serupa. Caption di Instagram membahas tentang skincare jadi edukasi selain materi promosi dalam hal ini.

Pada penulisan caption, biasanya juga diinformasikan berapa lama pemakaiannya. Misalnya 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan dan sebagainya. Intinya, klaim dari manfaat skincare tidak berlebihan dan tetap rasional.

Selain membuat berbagai urutan informasi bermanfaat sekaligus promosi, perhatikan kualitas foto. Foto adalah konten yang pertama kali akan dilihat oleh audiens sebelum membaca caption didalamnya.

Ambil perhatian audiens untuk lebih fokus pada foto terlebih dahulu. Apakah itu merupakan rangkaian produk, tahap demi tahap pemakaian, atau testimoni hasil pemakaian usahakan jelas dengan latar dan filter menarik sehingga audiens tertarik membaca caption Instagram tentang skincare.