Berbagai Cara Membuat Copywriting yang Efektif dan Menjual

Ketahui berbagai cara membuat copywriting yang tepat sebagai sarana untuk melakukan promosi di dunia digital. Perkembangan zaman yang terus maju dan penggunaan teknologi yang semakin pesat membuat dunia bisnis juga mesti menyesuaikan dengan zamannya.

Untuk bisnis yang baru dibuka, sistem pemasaran digital secara tepat akan membantu usaha diperkenalkan kepada masyarakat. Beriklan di dunia maya memiliki potensi penyebaran informasi lebih luas karena semua orang bisa mengakses informasi yang disajikan.

7 Cara Membuat Copywriting yang Efektif

Terkait langkah membuat copywriting yang tepat sasaran bagi pelanggan, kami akan menjelaskannya dalam poin di bawah ini. Jika Anda memiliki bisnis yang baru berdiri maupun yang sudah berjalan lama maka bisa pertimbangkan berbagai hal berikut saat ingin beriklan di internet:

1. Kenali Produk yang Ditawarkan

Hal pertama yang wajib dilakukan oleh setiap copywriter adalah mengenali produk yang ditawarkan. Perkenalan terhadap produk secara menyeluruh ini membantu mengembangkan tulisan secara fakta dan membuat penulis tidak ragu merekomendasikan.

Pengenalan terhadap produk dengan baik juga merupakan salah satu cara membuat copywriting menjadi lebih efektif jika ada pertanyaan dari audiens. Misal, Anda membuat tulisan di deskripsi produk tertentu di toko online yang ada di Marketplace.

Biasanya tersedia kolom tanya jawab yang memperkenankan para pembaca mengajukan pertanyaan seputar produk. Kolom tanya jawab ini berbeda dengan chat, dimana semua orang bisa membaca pertanyaan serta jawaban yang setiap orang ajukan.

Ketika bisa menjawab pertanyaan dengan tepat sasaran sekaligus memasukan persuasif dengan menarik, akan ada lebih banyak orang penasaran dengan produk Anda. Berbeda halnya ketika copywriter sendiri tidak menguasai produk yang ditawarkan.

Tentu kemungkinannya kecil sekali untuk bisa melakukan obrolan dengan audiens, apalagi menjadikan percakapan sebagai solusi. Memahami produk yang ditawarkan adalah cara membuat copywriting mutlak bagi semua copywriter agar memberikan kesan profesional.

Poin paling penting dari mengenali produk adalah mencari tahu kelebihannya. Nantinya kelebihan tersebut dituliskan sebagai solusi dari keresahan masyarakat saat ini. Kenali kekurangannya juga, balut dengan kalimat persuasi agar keduanya tersampaikan dengan baik.

Baca juga: Cara Menjadi Penulis yang Produktif, Ini Dia Strateginya

2. Memahami Kebutuhan Audiens

Hal kedua yang harus dilakukan seorang copywriter adalah memahami kebutuhan audiens. Dengan memahami kebutuhan audiens, lebih mudah untuk mengembangkan tulisan. Tulisan yang sesuai dengan kebutuhan audiens tentu lebih mudah menyentuh hati nurani mereka.

Salah satu cara membuat copywriting dengan memahami kebutuhan audiens ini dibutuhkan untuk memberikan solusi tepat. Karena tujuan dari tulisan ini adalah agar audiens dapat merasakan manfaat sehingga ada dorongan untuk mereka mau membeli produknya.

Copywriter bukan hanya harus mengenali produk, tetapi juga wajib mengenali pelanggannya. Misal, menjual rumah di Pondok Indah kepada CEO perusahaan tertentu akan lebih mungkin laku dibandingkan menjual rumah di Pondok Indah ke satpam kantor.

Bukan berarti satpam kantor tidak memungkinkan membeli rumah di Pondok Indah, namun menjual kepada CEO lebih besar peluangnya. Logikanya dari jabatan, jumlah gaji, dan kelas sosialnya menawarkan rumah ke CEO perusahaan tertentu akan lebih cepat laku.

Namun, teknik persuasif yang dilakukan juga harus tepat, copywriter harus bisa menjawab kebutuhan calon pelanggan. Menerapkan cara membuat copywriting dengan mengenali produk juga sangat penting untuk menjawab setiap pertanyaan dari calon pelanggan.

Dengan mengenali kebutuhan audiens sebaik mungkin, akan lebih mudah untuk mengambil sikap dalam setiap tindakan. Ketika audiens dikenali dengan baik maka pendekatan secara personal akan tercipta dan transaksi berlangsung bukan karena terpaksa.

3. Buat Slogan Menarik

Slogan menarik menjadi ciri khas produk yang bisa diingat oleh pelanggan maupun bukan pelanggan nantinya. Sekarang penggunaan slogan ini bisa Anda jadikan sebagai tagar atau hashtag dalam sebuah tulisan yang disebar ke deskripsi Youtube, Instagram, Twitter, dll.

Penyebaran slogan ini juga bisa dilakukan di baliho dan berbagai media promosi lainnya dalam bentuk cetak. Menuliskan slogan menarik merupakan salah satu cara membuat copywriting lebih berkesan karena ada rangkaian kata khas yang bisa diingat.

Contoh, slogan beberapa produk yang menarik adalah, “Yang asli yang ada badaknya”, atau “Orang pintar minum Tolak Angin”. Slogan sebuah produk yang melekat pada benak audiens kapan saja dan dimana saja merupakan sebuah bentuk keberhasilan perkenalan merek.

Ketika slogan sebuah produk sudah masuk ke alam bawah sadar seseorang maka lebih mudah mempengaruhi orang tersebut secara personal. Bahkan dalam beberapa situasi terkadang orang tidak sadar telah ikut memperluas branding sebuah produk.

Saking sudah biasanya slogan diucapkan, tidak terasa seperti sedang mempromosikan suatu hal. Menjadi peran penting seorang copywriter untuk menemukan cara membuat copywriting dengan menyelipkan slogan semenarik mungkin saat melakukan branding.

Perkenalan slogan untuk produk baru mungkin tidak bisa cepat, butuh waktu untuk menyebarkan informasinya. Namun, hal tersebut bukan mustahil, terlebih bila penyebaran slogan itu dilakukan secara konsisten dan disebarkan pada target market secara tepat.

Baca juga: Jenis Jenis Artikel yang Paling Populer di Internet

4. Gunakan Kalimat Singkat, Padat, Jelas

Tantangan seorang copywriter adalah harus bisa menuliskan kalimat dengan singkat, jelas, juga padat. Dengan kombinasi kalimat sepadat dan sesingkat mungkin seluruh informasi yang diberikan harus lengkap tersampaikan kepada audiens sehingga tidak membosankan.

Acuannya ketika membaca, audiens harus bisa menangkap informasi dari produk maksimal dalam waktu 10 detik. Kemampuan ini menjadi salah satu cara membuat copywriting yang tidak bisa dilakukan semua orang, makanya ada profesi bernama copywriter.

Memang ketika kalimatnya sudah jadi terkesan simple dan mudah dituliskan. Namun, untuk menentukan satu kalimat ke kalimat lain, seorang copywriter membutuhkan riset mendalam. Semakin mahir copywriternya, semakin berhasil teknik branding produknya.

Salah satu trik menyampaikan tulisan secara singkat, jelas, dan padat bisa dikemas dalam tulisan sederhana. Tulisan harus dipastikan mudah dipahami banyak orang, sekalipun bukan ahli pada bidang tertentu. Kemahiran seorang copywriter benar-benar akan diuji di sini.

Terutama untuk produk atau perusahaan baru yang butuh waktu lebih banyak untuk perkenalan perusahaan maupun barang. Butuh waktu riset untuk menerapkan cara membuat copywriting secara singkat, padat, maupun jelas agar informasinya tepat sasaran.

Ketika penyampaian informasi secara tepat diberikan kepada audiens maka lebih mudah untuk melakukan persuasi. Bujukan untuk membeli produk tertentu tidak akan meninggalkan kesan seperti sebuah pemaksaan jika informasi mengenai faktanya tepat.

5. Tawarkan Sebuah Solusi

Hal lain yang wajib diperhatikan ketika menulis adalah mesti ada solusi untuk menyelesaikan permasalahan pelanggan. Ini kenapa seorang copywriter harus memahami siapa target marketnya dan seperti apa produk yang ditawarkannya.

Memahami kedua hal ini sangat penting untuk membuat tulisan menjadi semenarik mungkin dengan menyajikan fakta. Ketika tulisannya dikemas secara menarik, otomatis penerapan cara membuat copywriting secara persuasif akan lebih mudah dilakukan.

Hadir menawarkan solusi akan menjadi pendorong bagi para calon pelanggan untuk mau membeli sebuah produk. Misal, sebuah produk pembersih kerak diberikan kepada orang saat baru saja membeli rumah tua, tentu pembersih kerak ini menjadi sebuah solusi.

Orang tersebut mungkin saja membandingkan produk yang Anda tawarkan dengan produk lain. Biasanya dua hal akan menjadi bahan perbandingan adalah harga serta ulasan dari para pembeli sebelumnya. Selebihnya tergantung persuasi Anda dalam memberikan tawaran.

Salah satu yang mempengaruhi keputusan orang untuk membeli produk juga disebabkan oleh kemampuan Anda menjelaskan dengan baik. Penerapan cara membuat copywriting dengan menawarkan sebuah solusi seperti memberi air minum kepada orang haus.

Hanya butuh sedikit waktu untuk mempertimbangkan apakah air tersebut akan diambil atau tidak. Selebihnya jauh dari dalam diri orang haus tersebut sudah ada keyakinan untuk mengambil air karena segelas air di hadapannya dapat menghilangkan rasa hausnya.

6. Tuliskan Kata-kata Menyentuh

Gunakan kata-kata menyentuh, tapi jangan terlalu drama sehingga terkesan berlebihan. Kata-kata menyentuh ini memiliki peranan untuk mendekati calon pelanggan secara personal. Diharapkan kata-kata menyentuh lebih mudah mempersuasi orang untuk membeli.

Ini juga menjadi bentuk tantangan lainnya bagi copywriter karena tidak mudah mencari kombinasi kalimat menyentuh dengan tepat. Sama seperti cara membuat copywriting lainnya, menuliskan kata-kata menyentuh juga membutuhkan riset mendalam.

Tantangan untuk membuat kata-kata menyentuh agar tidak terkesan berlebihan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi profesionalitas seorang copywriter. Padanan kata yang baik dan berkualitas tidak akan terasa seperti ajakan untuk membeli sesuatu.

Rasanya hanya seperti menawarkan solusi atas sebuah permasalahan pada waktu tepat. Alih-alih dianggap sebagai drama atau berlebihan, kemampuan penulis menyajikan informasi menyentuh hati justru akan menjadi jalan keluar bagi pelanggan.

Bahkan bukan tidak mungkin pelanggan sendiri mencari suatu barang karena memang merasa perlu. Biasanya cara membuat copywriting menyentuh hati ini selain digunakan untuk penawaran barang juga digunakan untuk penawaran jasa. Contohnya dapat dilihat dalam jasa penulis artikel dari Artikel.co.id

Copywriter wajib mengenali setiap audiensnya karena mempengaruhi pemilihan kata-kata yang menyentuh. Berbeda usia akan berbeda juga pemilihan kata tepat untuk menawarkan sebuah produk sehingga semua strategi penulisan memang membutuhkan riset.

7. Tuliskan Kalimat Persuasif

Terakhir, mengakhiri semua tulisan terkait penawaran produk di dunia digital maupun media cetak, Anda wajib menutupnya dengan kalimat persuasif. Biasanya ditandai dengan kalimat ajakan, seperti ayo, mari, gas!, dan masih banyak lagi contoh kalimat ajakan lainnya.

Ada produk menerapkan cara membuat copywriting dengan kalimat persuasif sangat jelas. Ada juga produk ditawarkan dengan kalimat persuasif halus sehingga tidak begitu meninggalkan kesan mengajak orang untuk membeli produk atau melakukan sesuatu.

Hendak menulis dengan gaya mana saja tergantung pada kebijakan perusahaan ketika mempromosikan barang. Pastinya, semua teknik penulisan dilakukan setelah melakukan riset terkait tingkah laku dan karakteristik calon konsumen di lapangan.

Berdasarkan perbedaan jenis kelamin, usia, tempat tinggal, strata sosial, dan latar belakang pendidikan, tentu strategi penawarannya berbeda. Semakin kenal dengan calon pelanggan, semakin mudah mengembangkan tulisan dan membuat penawaran.

Tantangan seorang copywriter adalah mengemas informasi semenarik mungkin dalam komposisi sesingkat mungkin. Kemudian mengajak orang untuk membeli produk tertentu tanpa terkesan sedang mempengaruhi orang dengan tindakan terkesan memaksa.

Tujuh cara menulis bagi copywriter sudah kami berikan dengan rinci, tinggal dipraktikkan dengan baik. Berbagai cara membuat copywriting tersebut bisa membantu produk dikenal lebih luas dan menambah pelanggan untuk melakukan transaksi.