Cara Kerja Copywriter yang Menghasilkan Tulisan Kreatif

Bagi yang baru terjun ke dunia copywriting, kenali cara kerja copywriter secara tepat untuk menghasilkan tulisan yang kreatif serta persuasif. Belakangan berbisnis bukan hanya bisa dilakukan secara konvensional, tetapi juga sudah merambah ke dunia maya.

Adanya marketplace dan berbagai toko online di situs maupun platform media sosial membuktikan peminat belanja online cukup tinggi. Kemudahan yang ditawarkan beriringan dengan upaya pemilik bisnis untuk memperkenalkan produknya dan meyakinkan pembeli.

5 Cara Kerja Copywriter

Copywriter adalah profesi yang dibutuhkan setelah perkembangan bisnis di dunia digital semakin pesat. Anda yang berminat terjun ke profesi ini harus memahami berbagai cara kerja seorang copywriter secara tepat berikut ini:

1. Menulis Konten untuk Berbagai Media Sosial

Salah satu hal yang harus dikuasai adalah melakukan copywriting ke berbagai media sosial. Setiap media sosial memiliki gaya berbeda, di sini tantangannya karena sikap pengguna setiap media sosial beragam. Contoh, Facebook kebanyakan diakses oleh ibu-ibu.

Kebanyakan respons di Facebook terlalu serius jika dilihat dari mayoritas komentar penggunanya. Sementara Tiktok memiliki selera humor lebih tinggi, ini juga terlihat dari komentar pengguna. Ini menjadi tantangan dalam menerapkan cara kerja copywriter perusahaan.

Saat menulis konten, biasanya tersedia sarana untuk memeriksa seberapa banyak jangkauan yang berhasil diraih oleh sebuah postingan. Jangkauan ini berkaitan dengan gender, usia, lokasi, juga waktu aksesnya.

Nantinya informasi ini bisa menjadi acuan untuk memposting konten dengan trik tertentu di jam tertentu. Misal, persentase pengakses di jam 12 siang lebih banyak dibandingkan jam-jam lain. Maka untuk selanjutnya konten secara konsisten harus update jam 12 siang.

Konsisten posting di jam tertentu memberikan kemudahan bagi algoritma untuk mengenali konten. Tantangan dan penerapan cara kerja copywriter seperti ini tidak mudah dilakukan, sekalipun kelihatannya copywriting hanya menuliskan kalimat singkat.

Namun, proses riset jam ramai kunjungan ini bukan hal mudah. Bisa jadi butuh waktu berbulan-bulan untuk melihat konsistensi akses kunjungan ke media sosial. Biasanya jika riset satu kali dua kali belum dapat dipastikan dan belum mewakili kebiasaan pengunjung.

Baca juga: Cara Menjadi Penulis yang Produktif, Ini Dia Strateginya

2. Memastikan Tidak Ada Kesalahan dalam Konten

Seorang penulis andal mesti memastikan bahwa tulisannya minim atau bahkan tidak ada kesalahan sebelum dipublikasikan. Tulisan ini nantinya bukan hanya mempengaruhi profesionalitas penulis, tetapi juga menjadi pemicu sudut pandang terhadap perusahaan.

Kejelasan dalam konten juga penting agar pembaca dapat menangkap informasi dengan tepat. Sebenarnya Anda bisa memanfaatkan layanan jasa penulisan artikel terpercaya seperti dari artikel.co.id, namun tidak ada salahnya jika mempelajarinya juga sendiri.

Nantinya hendak menulis konten sendiri atau mempercayakan ke jasa tertentu, Anda tetap harus terlibat. Ketika memahami ilmunya dengan tepat maka akan lebih mudah untuk melakukan diskusi dan tukar pikiran bersama para penulis.

Sebelum pembaca beralih menjadi pelanggan yang mempercayai keunggulan produk, lebih dulu yang akan dinilai adalah tulisan di internet. Jika tulisannya terlihat profesional dan berkualitas maka tidak sulit untuk mempercayai produknya memang unggul.

Penulis memiliki tantangan untuk menyampaikan informasi sedetail mungkin dalam kalimat sesingkat mungkin. Perusahaan akan menetapkan kualifikasi khusus kepada para penulis yang bisa menerapkan cara kerja copywriter sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

Untuk hal dasar biasanya sama, yakni penulis harus memahami dan menguasai teknik penulisan konten SEO. Selebihnya, seperti menguasai bahasa Inggris atau tidak itu bergantung pada perusahaan pemberi kerjanya.

3. Mengelola Banyak Proyek

Perlu dipahami bahwa seorang penulis dalam konteks ini harus siap menerima banyak proyek dalam waktu berbeda. Misal, bisa jadi minggu ini mengerjakan proyek untuk wisata, minggu depan bukan tidak mungkin menerima pekerjaan dengan tema pendidikan.

Perubahan proyek seperti ini membuat cara kerja copywriter harus adaptif dan fleksibel dalam waktu cepat. Penulis andal dan berpengalaman biasanya lebih mudah menyesuaikan diri sehingga tidak terpengaruh oleh deadline dari setiap proyek.

Beberapa penulis baru mungkin butuh sedikit penyesuaian, namun semua bisa diatasi asalkan rajin berlatih. Adapun ketentuan proyek yang harus dibuatkan kontennya bergantung pada perusahaan, apabila bergerak di bidang jasa penulisan, maka proyek lebih banyak.

Untuk penulis di perusahaan tertentu yang hanya bekerja untuk perusahaan itu akan memiliki ritme kerja lebih teratur. Tantangannya tentu berbeda, penulis pertama harus berwawasan luas dan siap menggarap proyek apa saja dari klien mana saja.

Sementara untuk penulis kedua harus siap untuk menggarap suatu proyek terkait perusahaannya. Akan ada tantangan kehabisan bahan, akan tetapi jika terus mengembangkan diri maka cara kerja copywriter yang berbeda ini bukan masalah berarti.

Kemampuan penulis dalam menyesuaikan diri di perusahaan bisa mendukung hasil tulisan kreatif dan persuasif. Ketika hal dasar terpenuhi maka kalimat persuasif dengan sendirinya akan mengalir tanpa terkesan seperti kalimat paksaan.

Baca juga: Cara Membuat Artikel Pilar Kunci Peningkatan Traffic

4. Membuat Konsep Konten

Ini tidak kalah penting, dimana seorang penulis diwajibkan untuk membuat konsep konten selama setidaknya satu bulan ke depan. Konsep konten ini menjadi acuan untuk setiap harinya menaikkan konten seperti apa, baik dari caption, hashtag, gambar, dan sebagainya.

Konsep konten juga menentukan target audiensnya siapa sehingga nantinya jadi arahan terkait gaya bahasa. Membuat konsep adalah salah satu cara kerja copywriter yang harus dikuasai sebagai bahan evaluasi dan kontrol dari atasan terhadap penulis.

Adanya konsep dapat menjadi acuan apakah konten selama tiga puluh hari sudah sesuai dengan acuan atau belum. Jika belum maka akan dicari tahu apa alasannya dan seperti apa penyelesaiannya sehingga tidak terulang lagi kendala yang sama ke depannya.

Jika konsep sudah tercapai maka bisa dipertahankan dan dikembangkan ke arah lebih baik. Adanya konsep untuk konten selama sebulan ke depan bisa menjadi acuan untuk banyak penulis. Misal, satu penulis keluar dan digantikan penulis baru, maka sudah ada acuannya.

Tidak perlu menjelaskan deskripsi kerja secara lebih detail, melalui konsep konten, penulis baru dapat menerapkan cara membuat copywriting sesuai ritme perusahaan. Pembuatan konsep ini harus mendapatkan acc atasan untuk memastikan konten aman bagi perusahaan.

5. Melakukan Analisis dan Editing Artikel

Terakhir, seorang penulis wajib melakukan analisis dan editing artikel. Analisis ini biasanya dilakukan setelah beberapa waktu pasca konten terpublikasi. Nanti dilihat perolehan atensi audiensnya berapa banyak dan apa saja poin yang harus diperbaiki ke depannya.

Proses editing sebagai salah satu cara kerja copywriter juga bisa dilakukan setelah selesai menulis, tetapi konten belum dipublikasikan. Saat proses menulis biasanya ada beberapa hal terlewat, seperti kesalahan ketik, kesalahan tanda baca, juga berbagai hal teknis lainnya.

Memeriksa tulisan sebelum dipublikasikan ini penting untuk memastikan artikel berkualitas dan menjual. Apalagi tugas seorang copywriter adalah mengarahkan pembaca untuk membeli produk tertentu.

Tulisan yang baik bukan hanya bisa memberikan label profesional terhadap penulis, tetapi juga membuat orang tidak ragu membeli produk yang ditawarkan. Penerapan cara kerja copywriter secara efektif membuat tulisan lebih mudah mempengaruhi calon pelanggan.