Cara Membuat Iklan yang Menarik di Facebook Marketplace

Ketika ingin menjual produk di Marketplace, pastikan Anda sudah tahu bagaimana cara membuat iklan yang menarik di Facebook terlebih dahulu. Tidak bisa dipungkiri jika Facebook memang menjadi salah satu media sosial yang memiliki Marketplace besar dari fasilitas di dalamnya.

Berbeda dari media sosial lainnya, Marketplace Facebook dibentuk oleh penggunanya sendiri. Di dalam Facebook, semua pemilik akun bisa saling berinteraksi satu sama lain dengan mudah. Hal itu menimbulkan aktivitas baru dimana semua pengguna FB bisa bertransaksi secara Online.

Transaksi dilakukan sesuai keinginan penjual dan pembeli, sehingga prosesnya lebih mendukung. Jika ingin mendapatkan hasil optimal, Anda harus memahami cara membuat iklan yang menarik di Facebook. Perlu diingat, platform FB berbeda dari sosial media dan Marketplace lainnya.

Sekilas platform pemasaran FB terlihat seperti pasar dimana semua orang bisa berkumpul dalam satu lapak. Di bagian kolom komentar, pembeli dapat menawar dan mengajukan harga beli. Tentu saja para penjual itu dapat memilih pembeli berdasarkan penawaran yang telah diajukan.

Kenali Cara Membuat Iklan yang Menarik di Facebook

Marketplace di Facebook dapat berdiri sendiri tanpa bantuan Meta atau perusahaan utama. Pada masa kejayaan FB, banyak orang yang mengenal dan saling berinteraksi satu sama lain di sana. Di dalam grup Facebook, orang-orang bisa saling akrab terutama dalam suatu komunitas.

Sampai pada akhirnya terbentuk Marketplace, dimana orang-orang mulai berjualan di sana. Fitur grup dijadikan sebagai lapak dan Anda bisa mulai berjualan dengan memposting produk. Saat itu, masih belum banyak orang paham cara membuat iklan yang menarik di Facebook.

Namun karena pasar berkembang dengan pesat, FB akhirnya membuat fitur khusus yaitu ads. Di sini Anda bisa mengiklankan produk ke seluruh pengguna Facebook. Meskipun berbayar, iklannya sangat cepat menyebar, efisien, efektif dan mampu ditargetkan ke target pasar yang tepat.

Karena fitur pengiklan tersedia, orang mulai ramai mengiklankan produknya di sana. Namun jauh sebelum itu, cara membuat iklan yang menarik di Facebook masih manual. Dimana Anda harus mempromosikan produknya di Grup Facebook atau komunitas, agar pemasaran cepat.

Promosi yang dilakukan secara manual memang gratis dan tidak berbayar. Namun penyebarannya cukup lama, membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Berbeda dengan iklan berbayar yang cepat dan hanya butuh beberapa aspek saja untuk mengoptimalkan penyebarannya.

Baca juga: Cara Membuat Iklan Efektif dan Berkualitas

Cara Membuat Iklan yang Menarik di Facebook

Untuk membuat iklan yang menarik, caranya tidak jauh berbeda dengan kampanye lainnya. Anda harus tahu target konsumennya siapa dan lebih baik diarahkan ke mana. Dengan begitu iklannya menjadi lebih efektif dan menarik banyak konsumen, sesuai dengan minat pengguna FB. Untuk cara-cara lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini :

1. Buat Judul Menarik

Setelah menentukan target dan tujuan iklan, Anda harus membuat judul yang menarik. Perlu diingat jika kesan pertama sangat penting dalam memasarkan produk. Melalui sebuah judul, Anda bisa mendeskripsikan produk secara singkat kepada semua target audiens.

Judulnya ringkas, mudah dipahami dan terdengar menarik, itulah triknya. Cari referensi judul yang menarik, tiru dan modifikasi, sehingga Anda mendapatkan eksposurnya. Cara membuat iklan yang menarik di Facebook harus diawali dengan judulnya terlebih dahulu.

2. Gunakan Visual Menarik.

Setelah judul, gunakan visualisasi produk yang menarik dan menggugah minat audiens. Anda dapat membuatnya tampak estetik atau diedit agar terlihat menyenangkan. Semua teknik itu bisa dipakai asalkan visualisasi produknya bagus, sehingga memunculkan rasa ketertarikan.

Referensi desain produk banyak, Anda dapat mencobanya sendiri. Selama produk itu tampak bagus dimata konsumen, pasti mereka juga akan melihat meski hanya sebentar. Untuk ukuran Marketplace FB yang luas, Anda harus bisa memanfaatkan fitur-fiturnya dengan baik.

3. Call to Action

CTA merupakan salah satu aspek penting dalam membuat iklan yang menarik. Call to Action adalah teknik pemasaran dimana kita mengajak pembeli untuk berinteraksi. Penggunaan Call to Action di dalam tutorial cara membuat iklan efektif terlihat sangat mudah.

Anda hanya perlu mencantumkannya di tempat yang mudah dilihat oleh pengguna FB. Contoh CTA yang bisa digunakan adalah “5 cara jitu untuk memutihkan kulit Anda” atau “Kamu tidak terlihat tampan jika belum kenal produk ini, cek info untuk informasi selanjutnya”

4. Deskripsi Jelas

Marketplace Facebook lebih mengutamakan visualisasi dan pemakaian kata. Oleh sebab itu, Anda harus menjelaskan keterangan produk di kolom deskripsi secara jelas. Tujuannya supaya mereka paham apa kelebihan produk, harga dan informasi lain yang sedang dibutuhkan.

Jangan ragu untuk membuat kalimat panjang di kolom deskripsi. Perlu diingat, deskripsi dan kalimat iklan itu tidak sama sehingga penulisannya juga berbeda. Deskripsi lebih menjelaskan sedangkan kalimat iklan untuk memberikan efek persuasif kepada seluruh audiens.

Baca juga: Cara Membuat Iklan Popup di Blog Paling Mudah

5. Sertakan Video

Cara membuat iklan yang menarik di Facebook terakhir adalah menyertakan video ke dalam postingan Anda. Dengan video yang informatif, audiens dapat memahami produk secara lebih detail. Dampaknya mereka jadi lebih tertarik dan dapat membeli produk secara langsung.

Keempat aspek di atas bisa di satukan menjadi sebuah video yang menarik untuk dilihat. Mulai dari kesan pertama, lalu visualisasi yang dianimasikan dan diakhiri dengan CTA. Informasinya tinggal disamakan saja dengan deskripsi produk Anda, cukup mudah bukan?

Menggunakan Marketplace Facebook untuk Branding

Dengan kelima aspek tersebut, Anda pasti bisa membuat iklan yang menarik. Selanjutnya adalah memasarkannya ke seluruh platform agar audiens tahu brand dan produk Anda. Anda bisa pakai jasa penulis artikel untuk memperluas jangkauan pemasaran dan pengiklanan ke platform lain.

Mereka dapat membantu membuat artikel sesuai standar SEO dan mengoptimalkan pengiklanan Anda. Konsumen yang membaca artikel akan diarahkan ke halaman utama Facebook. Setelah itu konsumen paham dari mana mereka harus membeli produk sesuai Marketplace yang ada.

Kelebihan Facebook dibandingkan platform lainnya adalah merata. Bisa dikatakan jika semuanya sudah memiliki akun Facebook sehingga penjualan terasa lebih mudah. Facebook juga lebih bagus jika digunakan untuk branding melalui fitur iklan berbayar, karena cepat menyebarnya.

Gunakan tutorial cara membuat iklan yang menarik di Facebook untuk membuat promosi. Lalu sebarkan promonya menggunakan FB Ads secara menyeluruh. Setelah itu, branding pasti dikenali banyak orang karena sudah menjangkau pengguna FB sesuai target segmentasi pasarnya.

Kelebihan Platform Pemasaran Facebook Marketplace

Jangan salah, Facebook memiliki banyak keunggulan jika digunakan untuk kampanye produk. Ada beberapa hal yang membuatnya unggul dibandingkan platform Marketplace pada umumnya. Jika sudah paham dengan Facebook, Anda pasti akan menggunakannya secara terus menerus. Berikut ini beberapa keunggulan FB Marketplace yang perlu diketahui :

  • Seluruh kalangan menggunakan Facebook baik itu tua, muda hingga anak-anak remaja
  • Mudah digunakan karena seluruh fitur tersedia di halaman utama
  • Pengiklanannya mudah bisa dalam bentuk tulisan, foto hingga video
  • Jangkauannya luas, dapat disesuaikan pada pengaturan FB ads
  • Terintegrasi dengan Instagram, sehingga jangkauan pemasarannya antar platform
  • Biaya pemasaran cukup terjangkau, cocok untuk usaha kecil
  • Tersedia komunitas dan grup yang siap membantu kampanye pemasaran
  • Fitur Chat dan Komentar menyerupai sistem pasar sehingga pemasarannya mudah

Itulah beberapa keuntungan yang perlu diketahui dari platform sosial media tersebut. Jika ingin mendapatkan lebih banyak konsumen, mulailah menjangkau audiens dari Facebook. Pelajari cara membuat iklan yang menarik di Facebook agar kampanye Anda berhasil dan sukses.