Cara Membuat Iklan di Facebook Bersponsor dan Menarik

Pelajari cara membuat iklan di Facebook bersponsor supaya Anda dapat menjangkau segmentasi pasar secara langsung. Fitur iklan bersponsor disediakan untuk Marketplace khusus di Facebook. Anda dapat memakai semua fitur FB untuk mengiklankan dan mempromosikan produk.

Iklan dapat berbentuk apa saja baik itu teks, gambar, video hingga carousel. Selama iklan produk dibungkus dengan baik, pasti pasar akan melirik promosi yang sudah Anda lakukan. Sebagai salah satu platform sosial media terbesar, Facebook punya banyak fitur unggulan untuk Marketing.

Facebook bersponsor dan Facebook Ads adalah dua fitur utama yang digunakan untuk Marketing. Pahami cara membuat iklan di Facebook bersponsor mulai dari sekarang. Jika Anda tahu caranya, dijamin citra perusahaan dan branding akan berjalan mulus melalui lapak yang tersedia.

Fleksibilitas FB tinggi, sehingga ada banyak orang menggunakannya. Postingan berupa tulisan itu hanya ada di Facebook, oleh sebab itu Anda harus menguasai semua fiturnya. Untuk saat ini, mari kita simak dulu cara buat iklan bersponsor supaya Anda bisa melakukan kampanye di sana.

Inilah Cara Membuat Iklan di Facebook Bersponsor

Untuk menjadikan iklan produk Anda memiliki status bersponsor, Anda harus membuat pesan di akun utama terlebih dahulu. Pesan bersponsor dibuat dan dikolaborasi dengan akun utama, jadi status bersponsor aktif. Tentu saja, proses pembuatannya mudah dilakukan dan tidak ribet. Berikut ini cara-cara membuatnya untuk Anda :

  • Pertama buat pesan terlebih dahulu lalu masuk ke bagian pembuatan iklan
  • Buka fitur pengelola iklan dan pilih tujuan kampanye
  • Masukkan tujuan interaksi dengan melengkapi data di dalamnya
  • Cara membuat iklan di Facebook bersponsor dilakukan dari sini
  • Silakan buat nama kampanye, lalu lanjutkan ke tahap selanjutnya
  • Tentukan lokasi konversi melalui aplikasi pengiriman pesan Mesengger
  • Pilih lanjutkan dan tentukan jenis iklan yang akan Anda lakukan
  • Pilih opsi pesan bersponsor, lalu tentukan anggarannya
  • Besar kecilnya anggaran tergantung jadwal dan target audiens
  • Semakin luas jangkauan beserta jadwalnya, semakin tinggi juga biayanya
  • Setelah semua informasi dipenuhi, pilih oke dan selesai

Itulah cara membuat iklan di Facebook bersponsor yang dapat dilakukan dari platform tersebut. Jika tidak ingin mengeluarkan biaya, Anda bisa menyebar pesan bersponsor dalam Fanspage FB. Sesuai namanya, Fanspage merupakan grup khusus untuk para penggemar produk Anda.

Baca juga: Cara Membuat Iklan Efektif dan Berkualitas

Ketentuan untuk Membuat Pesan Bersponsor Facebook

Sesuai platform media sosial lainnya, Facebook juga memiliki aturan terkait fitur bersponsor. Dari ketentuan yang ada, FB dapat meningkatkan kenyamanan pelanggan dan penggunanya. Jadi data dan syarat ketentuan harus dipatuhi, supaya postingan Anda tidak terdeteksi lalu dihapus.

Berikut ini beberapa ketentuan yang perlu dipahami :

· Punya Akun Bisnis

Facebook memiliki dua tipe akun yaitu pengguna biasa dan akun bisnis. Untuk akun bisnis di FB, Anda dapat melakukan promosi, iklan dan penjualan. Jika tidak memiliki akun bisnis, cara membuat iklan di Facebook bersponsor belum bisa dilakukan karena fiturnya terkunci.

Oleh sebab itu, buatlah akun dan aktifkan fitur akun bisnis Facebook terlebih dahulu. Caranya mudah, Anda hanya perlu membuka opsi Marketing dan mengisi data yang diperlukan.

· Menyiapkan Anggaran

Semua kegiatan promosi dan pemasaran di Facebook Ads memerlukan biaya. Jika ingin pesan memiliki status bersponsor, maka Anda harus membayarnya. Jangan khawatir, biaya iklannya sebanding dengan hasil yang didapatkan dari status bersponsor pada postingan FB.

Selama status bersponsor aktif, pesannya akan masuk dalam beranda target pemasaran. Hal ini akan sangat menguntungkan, terutama jika Anda memiliki segmentasi pasar yang luas.

· Mematuhi Kebijakan Iklan

Sesuai ketentuan yang berlaku ada beberapa kebijakan dalam Facebook Ads. Cara membuat iklan di Facebook bersponsor akan mengikuti aturan yang berlaku. Pertama, postingan tidak boleh mengandung unsur kekerasan, diskriminasi, pesan SARA dan pornografi.

Kedua, klaim menyesatkan beserta informasi berlebihan dilarang keras oleh Facebook. Ketiga terakhir, iklan Anda tidak boleh mengarahkan orang untuk mengunjungi situs berbahaya.

Tips Membuat Iklan Bersponsor Semakin Efektif

Pelajari cara membuat iklan efektif sebelum mulai merencanakan kampanye di Facebook. Ketika Anda mengaktifkan fitur bersponsor, algoritma iklan bisa mempengaruhi kampanye FB nantinya. Semakin baik iklan yang dibuat, akan semakin efektif juga proses pemasarannya. Tidak perlu menunggu lama, berikut ini tips dan triknya :

1. Iklan Relevan

Saat membuat iklan, pastikan informasinya relevan dengan target pemasaran Anda. Biasanya efektivitas iklan dilihat dari konten, pesan serta visualisasi yang ada di dalamnya. Namun dari semua itu, target segmentasi pasar merupakan acuan utama dalam membuat iklan.

Segmentasi pasar harus tepat supaya iklannya dapat menjangkau para konsumen. Di sisi lain, iklan juga lebih banyak dilirik pengguna FB karena isi kontennya sesuai minat. Baik itu dalam bentuk tulisan atau visual, semua bisa menjangkau konsumen asalkan iklannya relevan.

2. Visual Menarik

Seperti iklan pada umumnya, Anda harus menggunakan visualisasi yang menarik. Gambar dan video harus bagus, supaya mereka mau membeli produk Anda. Inilah trik dasar cara membuat iklan di Facebook bersponsor agar menghasilkan nilai penjualan yang besar.

Selama gambarnya bagus, menarik, kreatif dan unik, konsumen pasti akan menyukainya. Jika Anda ingin menjangkau remaja, pilih visual yang mereka minati. Tapi jika segmentasinya orang tua, gunakan visual simpel supaya pesan persuasifnya tersampaikan dengan baik.

Baca juga: Cara Membuat Iklan yang Menarik di Facebook Marketplace

3. Optimasi Teks

Penyampaian pesan harus jelas supaya konten di dalamnya dapat diketahui konsumen. Anda dapat memakai bahasa Indonesia yang baku atau santai. Sesuaikan saja dengan segmentasi pasar, karena setiap orang memiliki seleranya sendiri-sendiri terhadap suatu produk.

Jika ingin menggunakan penyampaian pesan yang menarik, gunakan saja jasa penulis artikel. Mereka dapat membuat artikel pesan bersponsor tampak menarik perhatian. Dengan adanya beberapa kata ajakan dan kalimat pendorong, konsumen pasti tertarik untuk membelinya.

4. Optimasi CTA

Call to Action merupakan salah satu kunci keberhasilan Marketing dalam berinteraksi dengan konsumen. CTA adalah pesan yang ditujukan untuk berinteraksi secara langsung ke konsumen. Pesannya dibuat khusus untuk mengajak mereka melakukan suatu hal secara langsung.

Contoh, coba produk ini sekarang juga sebelum persediaannya habis. Biasanya CTA hanya ada dalam beberapa kata saja, supaya audiens dapat membaca semuanya langsung. Maksimal ada 10 kata yang dapat digunakan untuk CTA, karena mudah dibaca oleh orang banyak.

Pentingnya Fitur Pesan Bersponsor dari Facebook

Dengan cara membuat iklan di Facebook bersponsor Anda bisa pakai platform ini untuk promosi. Pesan bersponsor dapat menjangkau segmentasi pasar dengan cepat layaknya Google Ads. Nilai penjualan pasti meningkat karena standar konversi klik pengguna Facebook sangat besar.

Sebagian orang pasti akan tertarik untuk mengunjungi profil akun utama perusahaan. Jika hal ini terus dilakukan dalam waktu lama, kampanye pasti menghasilkan banyak keuntungan. Mulai dari penjualan hingga branding, semuanya ikut terdampak karena fitur sponsor diaktifkan.

Untuk meningkatkan efektivitas kampanye, buatlah visual yang menarik. Baik gambar atau video, semuanya harus dioptimalkan supaya berdampak positif bagi perusahaan. Citra produk ini akan meningkat ketika para pengguna FB menyukainya setelah melihat status bersponsor.

Pada zaman sekarang, semua sudah praktis termasuk proses kampanye dan pemasaran. Melalui cara membuat iklan di Facebook bersponsor Anda bisa tingkatkan seluruh nilai penjualan dan brand perusahaan dalam jangka waktu panjang.