Cara Membuat Kata Kunci Artikel Demi Melawan Kompetitor

Mari cari tahu cara membuat kata kunci artikel secara tepat untuk memastikan konten bisa muncul di halaman pertama mesin pencari. Menulis di dunia digital berbeda dengan menulis secara konvensional atau yang dicetak begitu saja.

Kontennya harus menarik, judulnya harus memikat, selain itu agar terlihat banyak pengguna internet perlu menerapkan keyword secara tepat. Penyebaran keyword juga harus merata dan tidak boleh terkesan seperti spam atau asal-asalan dalam sebuah artikel.

5 Cara Membuat Kata Kunci Artikel

Artikel ini akan membahas seputar pembuatan keyword dalam sebuah konten tulisan di dunia digital. Detail mengenai pembuatan keyword dalam sebuah konten digital akan kami bahas dalam uraian poin-poin berikut ini:

1. Jangan Hanya Menggunakan Satu Kata

Untuk penerapan cara membuat kata kunci artikel hindari hanya menggunakan satu kata saja. Minimal penerapan keyword itu ada dua kata dan maksimalnya empat kata untuk memudahkan algoritma Google mengenali situs dan konten tulisan Anda.

Alasannya bukan karena nanti hasil pencariannya beragam saja, namun membuat artikel tergeser ke halaman terbelakang. Terutama untuk pemula, menerapkan long tail yang memasukkan kombinasi kosakata lebih banyak akan lebih membantu dibandingkan satu kata.

Memulai tulisan dan bersaing di tengah ketatnya persaingan konten tulisan di internet saat ini sangat ketat. Selain bersaing dengan kompetitor terdahulu, Anda juga bersaing dengan kompetitor pendatang baru, juga kompetitor yang katakanlah setara dengan Anda.

Upaya yang dilakukan harus semaksimal mungkin supaya setidaknya konten terdapat pada tiga halaman pertama dulu. Setelah itu karena berbagai cara membuat kata kunci artikel dengan tepat sudah diketahui maka bisa diterapkan secara tepat satu per satu.

Setelah itu evaluasi terus secara rutin untuk membuktikan efisiensi dan efektivitas kombinasi kosakata tersebut. Apabila perlu perbaikan maka terbukalah untuk mempelajari hal baru, sementara jika perlu ditingkatkan maka kembangkan lagi menjadi lebih baik.

2. Bermain di Bidang yang Sedikit Saingan

Kedua, cara membuat kata kunci artikel secara tepat guna meraih atensi pembaca sebanyak mungkin adalah dengan bermain pada bidang yang sedikit saingannya. Misal, penggunaan long tail lebih dominan dibandingkan short tail.

Semakin spesifik kata kuncinya maka semakin mudah juga bagi orang menemukan konten Anda sesuai kebutuhan. Penggunaan long tail ini menyasar audiens secara lebih detail, artinya orang yang mendapatkan informasi memang dari kalangan lebih sempit.

Tetapi, sebuah jasa penulis artikel sekalipun akan merekomendasikan long tail daripada short tail apabila sudah jelas target audiensnya siapa. Untuk kategori keyword yang lebih umum memang pastinya lebih banyak dicari orang, aktivitasnya lebih ramai di dunia maya.

Namun, permasalahannya adalah setelah klik web, berapa lama orang itu bertahan. Saat orang menuliskan keyword tidak spesifik maka hasil pencariannya beragam, alhasil sulit untuk menemukan informasi lebih detail dan akurat.

Meskipun jumlah pencarinya lebih banyak, namun secara kualitas tetap lebih to the point long tail. Berbagai cara membuat kata kunci artikel ini bergantung pada kebutuhan dan tentunya mesti disesuaikan dengan karakteristik serta Google Analytics situs Anda.

Jika membuat situs baru maka pastikan dulu berapa banyak kompetitor dalam bidang sejenis. Tujuannya supaya Anda tahu bagaimana menghadapi kompetisi dalam mendorong konten ke halaman pertama mesin pencari.

3. Keyword Wajib Ada pada Judul

Antara judul dengan pemilihan keyword harus selaras, artinya keyword terdapat pada judul atau judul menggunakan unsur keyword. Dengan begitu sebelum membaca lengkap artikelnya, orang sudah tahu inti dari pembahasan artikel itu apa.

Namun, cara membuat kata kunci artikel ini sama sekali tidak mengurangi kemalasan orang untuk membaca sampai selesai. TIdak lantas sudah membaca judulnya lalu begitu saja dapat mengambil kesimpulan dari keseluruhan isi artikelnya.

Justru judul dibuat semenarik mungkin untuk membuat orang penasaran dan membaca pembahasan konten sampai selesai. Ini merupakan sebuah tantangan bagi penulis digital saat ini, bagaimana memasukkan keyword ke judul tanpa membuat terkesan dipaksakan.

Kenapa judul menjadi begitu penting karena nantinya saat konten dibagikan ke media sosial atau ruang obrolan, orang akan melihat judulnya lebih dulu. Ketika merasa judul menarik maka orang akan tertarik untuk membuka link dan membaca sampai selesai.

Dari judul ini harus ada daya tarik spesifik, dalam hal ini keyword. Ini kenapa pemilihan keyword itu tidak bisa asal-asalan karena menyangkut traffic kunjungan. Semakin tepat mempelajari cara melakukan riset keyword maka semakin besar artikel Anda naik ke halaman 1 Google.

4. Penggunaan Akronim, Sinonim, dan Istilah Sejenis

Menerapkan istilah sejenis dengan keyword adalah hal biasa, bisa dibilang ini juga sama dengan sinonim. Namun, ternyata penggunaan akronim atau singkatan juga tidak kalah pentingnya. Selain sebagai tambahan kosakata, juga variasi dari penggunaan keyword.

Salah satu strategi dari penerapan cara membuat kata kunci artikel juga harus memperhatikan kepadatan kata. Dari sekian banyak jumlah kosakatanya, kombinasi keyword harus dibuat sekian persen dari jumlah kosakata dalam artikel.

Keyword harus disebar secara merata dan dibuat senatural mungkin agar nyaman saat dibaca. Namun, harus digarisbawahi bahwa penggunaan kata kunci secara berlebihan membuat artikel dianggap sebagai spam atau tidak memiliki kualitas.

Ini kenapa keyword tersebut dikombinasikan dengan sinonim agar maksudnya tersampaikan tanpa spam kata yang sama. Penggunaan akronim juga tujuannya seperti itu, demi memvariasikan kosakata yang maknanya sama saja.

Semahir mungkin penulis harus menyelaraskan semua sinonim dan akronim terkait bersama kosakata konten lainnya. Berbagai cara membuat kata kunci artikel menjadi sangat penting karena mempengaruhi potensi konten maju ke halaman pertama mesin pencari.

Baca juga: Contoh Kata Kunci Karya Ilmiah yang Tepat

5. Menyelaraskan Kualitas dan Kuantitas

Terakhir, memperhatikan kualitas dan kuantitas atau komposisi keyword merupakan hal yang tidak kalah penting. Utamanya kualitas akan menjadi penilaian utama, terutama dalam menarik pengunjung lama untuk berkunjung lagi dan membaca konten secara lengkap.

Tantangan penulis adalah membuat kuantitas atau jumlah keyword dengan kualitas kontennya beriringan. Namun, cara membuat kata kunci artikel dan memastikan satu sama lain kosakatanya nyambung bukan hal mudah, artinya bisa rancu jika tidak teliti.

Pendorong utama yang secara teknis membuat konten maju ke halaman pertama Google adalah kuantitas keyword. Tapi, setelah setiap pengunjung membuka link konten, akhirnya yang dinilai adalah kualitas konten atau tulisan.

Semakin bagus kualitasnya, semakin besar peluang pengunjung lama datang kembali bahkan merekomendasikan situs ke orang lain. Pengunjung baru yang mendapatkan rekomendasi dari pengunjung lama juga kemungkinannya tidak akan berpikir lama untuk membuka link.

Terlebih apabila link yang Anda buat itu merupakan informasi yang selama ini mereka cari. Antara kualitas dan kuantitas harus beriringan demi menarik pengunjung baru dan mempertahankan pengunjung lama.

Lima trik sudah kami sebutkan dan jelaskan secara rinci. Sekarang, setelah mengetahui berbagai cara membuat kata kunci artikel tersebut, tinggal Anda terapkan dan konsisten melakukan evaluasi untuk mengetahui efektivitas dari kombinasi kosakata tersebut.