Cara Menulis Amplop Lamaran Kerja Sebelum Kirim ke Perusahaan

Aplikasikan cara menulis amplop lamaran kerja secara tepat agar pertimbangan personalia perusahaan bisa semaksimal mungkin melihat biodata Anda. Penulisan alamat lengkap perusahaan pada posisi dan format akurat juga membantu kurir menemukan perusahaan.

Zaman sekarang tidak perlu datang langsung ke lokasi untuk menyampaikan portofolio, Anda bisa memanfaatkan jasa kurir apabila tinggal jauh di luar kota. Namun, kuncinya harus ada ketepatan penulisan alamat supaya dokumen sampai pada tujuan tepat waktu.

Sampul Coklat Dokumen Permohonan Pekerjaan

Cara Menulis Amplop Lamaran Kerja Sebelum Kirim ke Perusahaan

Zaman sekarang sebenarnya alasan untuk mengetahui bagaimana penulisan pada sampul permohonan pekerjaan secara tepat tidak begitu dilirik orang. Adanya koneksi internet memudahkan orang untuk mengirim permohonan pekerjaan melalui media daring saja.

Baca juga: Jasa penulis artikel pilar

Metode online seperti ini juga memudahkan perusahaan untuk menyaring pelamar secara lebih praktis. Namun, untuk beberapa tahapan tidak jarang juga perusahaan swasta maupun BUMN masih menerapkan permohonan pekerjaan menggunakan media amplop.

Penggunaan sampul dokumen bukan amplop putih biasa, melainkan berwarna coklat dan bentuknya mengikuti bentuk kertas HVS. Jenis pembungkus berwarna coklat ini memiliki dua varian, pertama dengan tali dan kedua tanpa tali.

Sementara dalam cara menulis amplop lamaran kerja, baik dengan atau tanpa tali, keduanya sama-sama membubuhkan alamat pengirim dan penerima pada posisi seragam. Tambahan, biasanya untuk permohonan pekerjaan disertakan juga posisi yang dilamar.

Tiga Format Penulisan Permohonan Kerja pada Amplop

Zaman sekarang tentunya banyak orang merasa asing dengan format penulisan permohonan pekerjaan melalui media ekspedisi. Namun, pengetahuan tetap dibutuhkan sebagai antisipasi apabila Anda mendapatkan perusahaan yang mengharuskan metode ini.

Jangan lagi salah atau asal dalam metode penulisan data pada sampul coklat lamaran pekerjaan jika tidak ingin dianggap kurang profesional oleh perusahaan. Ikuti format berikut sebagai panduan tepatnya:

  1. Pada bagian belakang tali atau lem amplopnya, tepatnya di bagian kiri atas tuliskan data pengirim, berisi nama, alamat lengkap, dan nomor ponsel aktif serta alamat email.
  2. Bagian kanan atas bisa disematkan posisi yang dilamar, beberapa perusahaan juga mungkin memerlukan jurusan terakhir Anda berkuliah.
  3. Terakhir, pengirim lamaran kerja juga harus memasukkan alamat penerima pada bagian kanan bawah. Bagian kanan bawah ini diisi dengan instansi penerima dokumen, alamat lengkap, sampai kode pos untuk memudahkan pengiriman.

Ada tujuan tersendiri kenapa dalam permohonan pekerjaan pengirim diwajibkan atau dianjurkan untuk menyertakan alamat email serta nomor handphone aktif. Hal ini demi memudahkan tim rekrutmen dalam menghubungi para pelamar mengikuti seleksi.

Penting untuk Diperhatikan Sebelum Kirim Lamaran

Sebelum semua hal terkait format penulisan pengirim serta penerima tertera jelas, Anda harus memahami dahulu berbagai metode penulisan sampul coklat dokumen pekerjaan berikut ini:

  1. Alih-alih memanfaatkan kemasan tanpa tali, sebaiknya Anda memilih kemasan coklat dengan tali untuk antisipasi jika dokumen tercecer atau jatuh karena tidak terkunci rapat.
  2. Pastikan kondisi kemasan bersih dan rapi. Hindarkan berbagai faktor penyebab kemasan menjadi kotor serta penyebab kemasan lecek karena terlipat atau disimpan dalam tas berukuran kecil.
  3. Sertakan alamat lengkap penerima lamaran kerja, detail sampai RT RW agar memudahkan jasa ekspedisi menemukan alamat perusahaan yang Anda tuju.
  4. Jangan salah dalam penulisan kapital pada tiap kata, seperti penyebutan nama dan kota tujuan. Hal ini seperti sepele, akan tetapi mempengaruhi penilaian profesional Anda sebagai pencari pekerjaan.
  5. Input nama penerima dengan kapital untuk menghindari kesalahan pengiriman.

Penulisan data pengirim, penerima, serta posisi yang dilamar bisa menggunakan tulisan tangan maupun komputer. Namun, akan lebih baik memanfaatkan komputer sebagai sarana untuk membubuhkan alamat tujuan dan posisi yang dituju supaya terlihat lebih profesional.

Contoh Penulisan Permohonan Pekerjaan

Agar pemahaman Anda terkait kaidah penulisan permohonan pekerjaan menggunakan amplop semakin jelas, kami berikan contoh singkatnya dalam penjabaran berikut:

  1. Format Penulisan Pengirim

Untuk penulisan pengirim permohonan pekerjaan bisa menyertakan nama, alamat lengkap, alamat email, serta nomor handphone aktif. Pengaplikasiannya seperti ini:

Nama                          : Abdul Qadir

Alamat                        : Jalan Barbumbung No. 17 RT 002/002, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

Email                           : abdlqdr@gmail.com

No. Handphone          : 081112225648

Detail mengenai cara menulis amplop lamaran kerja dari sisi pengirim ini amat penting untuk berbagai pihak. Pertama, penting bagi HRD supaya mendapatkan kontak jelas terkait proses rekrutmen selanjutnya. Kedua, penting dalam memudahkan kerja kurir ekspedisi.

  1. Format Penulisan Penerima

Selain harus memperhatikan kaidah penulisan tepat dari sisi pengirim, Anda juga harus menyertakan data penerima secara lengkap serta tepat. Pengaplikasian tepat dari poin ini adalah:

Kepada, Yth.

Human Resources Development

PT Indah Selamanya Bersama

Jalan Sudimara, No. 879

Jakarta Barat, 12586

Pedoman terkait menulis keterangan pada sampul lamaran dari segi penerima tidak kalah penting bahkan lebih penting dari data pengirim. Hal ini disebabkan oleh penerima adalah tujuan dari pengiriman dokumen permohonan pekerjaan sehingga formatnya harus benar.

  1. Format Penulisan Posisi yang Dilamar

Untuk memperjelas tujuan pengiriman, biasakan juga menyertakan posisi yang dilamar bukan hanya pada isi dokumen lamaran, namun juga pada amplopnya. Contoh jelasnya seperti ini:

Jabatan : Staff Akuntan

Biasanya ada juga perusahaan yang memerlukan jurusan perkuliahan Anda. Biasanya ini juga digunakan sebagai cara menulis amplop lamaran kerja untuk para lulusan baru yang belum memiliki pengalaman bekerja.

Baca juga: Cara menulis tanggal dalam bahasa inggris

Penulisannya sederhana, namun untuk memastikan, berikut adalah format penulisan jurusan secara tepat:

Jurusan : S1 Akuntansi

Ketentuan untuk menyertakan jurusan atau tidak bergantung pada kebijakan perusahaan. Namun, yang paling akurat adalah menyertakan jabatan atau posisi sesuai yang akan Anda lamar. Pastikan juga penempatan semua posisinya tepat sesuai ketentuan.

Alasan Menulis Lamaran Secara Benar

Penulisan alamat pengiriman lamaran berikut berbagai data lainnya harus jelas karena menyangkut kepentingan banyak orang. Ada berbagai alasan kenapa dalam hal pengiriman lamaran pekerjaan ini wajib sekali memperhatikan kaidah yang ditetapkan.

Alasan-alasan tersebut meliputi beberapa hal berikut ini:

  1. Memudahkan pengirim mendapatkan respons secepatnya dari penerima atau perusahaan tempat pengirim mengajukan lamaran pekerjaan.
  2. Memudahkan penerima dokumen atau perusahaan dalam melakukan proses rekrutmen dari awal sampai akhir melalui sambungan telepon maupun komunikasi email.
  3. Memudahkan bagian personalia untuk langsung mengklasifikasikan para pelamar sesuai dengan posisi yang diinginkannya.
  4. Sebagai penjelasan singkat terkait isi dokumen, setidaknya perusahaan tahu pada divisi apa Anda mengajukan permohonan pekerjaan.

Berbagai metode penulisan keterangan pada sampul permohonan kerja secara detailnya akan berbeda dari berbagai sumber. Namun, intinya sama, yakni wajib menyertakan data terkait informasi pengirim lamaran, penerima, serta posisi yang dilamar.

Tips tambahan ketika mengirimkan dokumen melalui layanan ekspedisi adalah mengemasnya secara berhati-hati dan serapi mungkin. Pastikan tidak ada celah untuk air masuk apabila terjadi hujan atau berbagai gangguan lainnya.

Baca juga: Jasa penulis artikel seo

Pastikan juga untuk menyertakan catatan sebagai dokumen penting supaya kurir tidak sembarangan dalam menyampaikan paket ke lokasi tujuan. Kerusakan dokumen bisa datang dari berbagai faktor, salah satunya karena jasa ekspedisi.

Untuk mengantisipasinya, Anda bisa melakukan pengemasan sebaik mungkin sebelum diantar oleh kurir. Selain itu, paling penting adalah memerhatikan cara menulis amplop lamaran kerja karena ini inti dari semua hal yang akan dipertimbangkan perusahaan.