Cara Menulis Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Tepat

Cara menulis surat izin tidak masuk sekolah sangat penting dipelajari. Anda tentu memerlukannya selama menjadi siswa. Baik karena sakit atau keperluan lain, saat tidak masuk sekolah diperlukan alasan. Berikut ini kami jasa penulis artikel akan berikan pembahasannya untuk Anda.

Sehingga pihak sekolah tidak menuliskan tanpa keterangan atau dianggap bolos. Sebab jika dalam absensi Anda terdapat keterangan bolos bisa berpengaruh terhadap penilaian. Bahkan bisa menjadi bahan pertimbangan saat kenaikan kelas.

Lebih mudah jika alasan absen adalah karena sakit. Sebab dari pihak Rumah Sakit sudah langsung dibuatkan keterangan tertulis. Dan ini lebih valid karena dibuat oleh pihak terpercaya. Berbeda dengan sebab tidak masuk lain.

Ada berbagai alasan siswa tidak masuk sekolah dan harus membuat surat izin sekolah yang baik. Disini kami ingin menyampaikan unsur paling penting dalam sebuah surat keterangan tidak masuk tersebut.

Baca juga: Langkah-langkah Menulis Cerita Fantasi yang Menarik

Cara Menulis Surat Izin Masuk Sekolah

Cara Menulis Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Tepat 5

Setiap tulisan resmi memiliki format. Dalam membuat keterangan tidak dapat mengikuti pelajaran di sekolah, Anda bisa mengikuti format tersebut. Berikut cara yang benar dalam menyusun sebuah surat izin.

  1. Perhatikan Format Tempat dan Tanggal Pembuatan

Tempat dan tanggal dicantumkan pada bagian kanan atas badan surat. Tempat penulisan, atau tempat tinggal cukup ditulis kota saja. Diikuti tanggal, bulan dan tahun pembuatan. Format penulisan surat izin sekolah penting karena digunakan sebagai arsip.

Contoh: “Sukoharjo, 11 Mei 2022”. Ditulis di paling atas supaya guru yang membaca tahu kapan surat izin dibuat. Apakah masih baru atau sudah lama, dicocokkan juga dengan lamanya absen siswa.

Membuat menulis surat absen tidak masuk apapun alasannya tetap membutuhkan waktu pembuatan. Pada dasarnya keterangan absen dibuat oleh siswa sendiri, orang tua atau wali.

Untuk alasan medis seperti sakit atau tengah menjalani perawatan intensif, dilampirkan keterangan dokter. Izin tertulis tetap dibuat menggunakan tulisan tangan atau ketik komputer oleh pihak keluarga.

Informasi tempat dan waktu pembuatan ditulis di bagian kanan atas. Hanya satu baris dan tidak ditambahkan keterangan apapun. Jika menulis surat izin sekolah menggunakan komputer posisinya bisa disetting otomatis rata kanan.

Nama kota dan bulan menggunakan awalan huruf kapital. Jika Anda menulis surat untuk absen tidak masuk secara manual, wajib memperhatikan hal ini. Ini merupakan standar berdasarkan KBBI.

  1. Penerima

Tujuan atau penerima wajib ada dalam cara menulis surat izin tidak masuk sekolah. Umumnya ditujukan kepada wali kelas. Karena sebagai guru yang langsung bertanggung jawab terhadap siswa dan bertugas membuat absensi.

Penulisannya tidak dibawah format yang pertama. Tetapi dimulai dari sebelah kiri, mengikuti standar menulis biasa. Menggunakan penyebutan tujuan “Kepada”. Kemudian diikuti tanda “:”.

Di bawahnya adalah tujuan, contoh “Wali kelas 12 A, SMU N 1 Sukoharjo”. Kemudian tulis dibawahnya lagi lokasi yang bersangkutan. Kebanyakan ditulis dengan “Di tempat”, tidak menyebutkan lokasi secara spesifik karena diasumsikan pasti berada di lingkungan sekolah.

Cara dalam membuat surat izin ini sudah standar. Mengikuti kaidah penulisan surat resmi lainnya. Di mana terdapat tempat khusus untuk penerima berisi nama, atau hanya sekedar ditulis “bapak/ibu”, serta lokasi yang ditulis “Di tempat” itu tadi.

  1. Salam Pembuka

Seperti surat resmi pada umumnya, diperlukan juga salam pembuka. Biasa ditulis “Dengan Hormat” diakhiri tanda koma. Lalu mulai paragraf selanjutnya untuk langsung menuliskan maksud atau isi.

Sangat sederhana cara menulis surat izin tidak masuk sekolah bagian ini namun perlu diperhatikan cara menulisnya. Diawali dengan kapital kedua kata salam tersebut. Dan tidak diakhiri dengan titik meski salam dianggap selesai.

Baca juga: Langkah-langkah Menulis Resensi Buku yang Berkualitas

Posisi menulisnya menjorok satu tab jika menggunakan komputer. Seperti membuat paragraf pada umumnya. Untuk penulisan manual bisa diperkirakan sendiri posisinya, lebih menjorok dibanding isi dan posisi penulisan penerima.

  1. Isi

Cara menulis surat izin tidak masuk sekolah selanjutnya masuk pada bagian isi. Ini merupakan inti dari seluruh informasi. Didalamnya ada keterangan penulis, nama siswa, identitas siswa, dan maksud penulisan yaitu meminta izin untuk absen beserta alasannya.

Biasa dimulai dari “Dengan ini, kami selaku orang tua siswa…” Meski sebelumnya adalah kalimat salam yang diakhiri dengan koma tapi bagian isi ini adalah kalimat atau paragraf baru. Jadi tetap menggunakan kapital pada huruf awal.

Dimulai dari margin paling kiri, sejajar dengan bagian penerima. Pada bagian isi biasa ditulis menggunakan poin-poin tanpa nomor. Sehingga jika diperhatikan formatnya singkat, jelas padat.

Lebih enak dipandang karena tidak melulu merupakan paragraf. kalimat pembuka hanya memperkenalkan penulis sebagai orang tua atau wali siswa. Selanjutnya dibuat data siswa secara jelas berurutan.

Mulai dari nama siswa, kelas, nomor absensi. Informasi ini penting untuk mempermudah guru yang menerima dalam mengidentifikasi. Meskipun sebagai wali kelas sudah pasti hafal dengan semua peserta didiknya.

Membuat surat izin setelah data siswa kemudian diikuti kondisinya. Contoh, “bahwa anak tersebut di atas pada hari ini tidak dapat mengikuti pelajaran dikarenakan sakit”.

Penjelasan kondisi tersebut sekaligus sebagai permohonan izin. Bisa juga ditambahkan misalnya ingin menambah absen sampai 2 atau 3 hari. Jika kondisinya sakit biasanya dilampirkan juga keterangan dokter sebagai bukti.

Ada juga penulisan surat keterangan absen sekolah karena ada kegiatan diluar atau acara keluarga. Acara mendesak dan penting bisa dimaklumi pihak sekolah, namun tetap wajib membuat permohonan tidak masuk.

3. Cara Menulis Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Tepat 5

  1. Penutup

Penutup berisi penjelasan bahwa surat dibuat berdasarkan kondisi sebenarnya, ucapan terima kasih kepada penerima. Disertai juga permohonan maaf atas kekurangan dalam penulisan dan harapan untuk memahami kondisi siswa.

Contoh penulisannya “Demikian surat ini kami buat dengan sebenar-benarnya. Terima kasih atas kesediaan Bapak/Ibu memberikan waktu rehat. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan yang kurang berkenan dari surat ini”.

Ada berbagai cara menulis surat izin tidak masuk sekolah yang bisa dikembangkan. Tetapi intinya harus mencakup 3 hal yaitu mohon izin, berterima kasih dan mohon maaf. Tulisan singkat saja maksimal 3 baris supaya tidak berlebihan.

  1. Penanggung Jawab

Penanggungjawab ditulis di bagian kanan bawah. Bisa disertai tempat dan tanggal penulisan, atau langsung salam penutup. Tetapi ada juga yang tidak mencantumkan tanggal karena sudah ada pada bagian pertama.

Membuat surat izin pada bagian ini boleh salah satu orang tua. Bisa ayah atau ibu, bisa juga anggota keluarga lain sebagai wali. Meski hanya ditulis 1 orang tetapi menggunakan kata ganti “kami”.

Penulisannya adalah “Hormat Kami” diikuti tanda koma. Kemudian di bawahnya langsung tanda tangan. Dibawahnya lagi tidak ada nama penulis yang juga merupakan pemilik tanda tangan, diapit dengan 2 kurung.

Jika ada lampiran keterangan lain bisa diinformasikan. Kemudian lampiran diletakkan di belakang lembar utama. Penting untuk membuat informasi secara jelas dan singkat sehingga mudah dipahami. Inti cara menulis surat izin tidak masuk sekolah bisa berlaku sebagai data sekolah.