Cara Promosi yang Menarik untuk Mengembangkan Bisnis

Cara promosi yang menarik penting dilakukan untuk mengenalkan dan memasarkan suatu produk atau jasa. Tanpa adanya promosi, tentu bisnis akan sulit untuk berkembang.

Ketika Anda melakukan promosi yang menarik, konsumen akan lebih mudah dijangkau. Bahkan, angka penjualan maupun brand awareness juga turut meningkat.

Promosi produk maupun jasa umumnya dilakukan menggunakan beragam media. Misalnya saja iklan televisi, radio, media sosial, spanduk, brosur dan lain lain.

Cara Promosi yang Menarik untuk Mengembangkan Bisnis

Ketika mempromosikan produk atau jasa, akan dianggap menarik tidak sebatas pada tampilan visualnya. Akan tetapi juga kemampuannya dalam mengirimkan pesan secara jelas dan menarik perhatian calon konsumen.

Biasanya juga menekankan manfaat termasuk keunggulan dari produk maupun jasa. Ini dia sejumlah tips untuk mempromosikan produk atau jasa secara menarik.

Baca juga: Kata-Kata Jualan Online di WA yang Banyak Menarik Pembeli

1. Merancang Konsep Unik

Salah satu cara promosi yang menarik ialah merancang konsep produk unik. Mungkin saja hal ini terkesan sulit. Jadi, akan lebih baik apabila melakukannya bersama tim agar muncul beragam ide.

Coba kumpulkan berbagai ide bersama tim hingga tercipta konsep unik. Coba manfaatkan beragam media untuk mendapatkan inspirasi, misalnya saja Pinterest, Tumblr dan lainnya.

2. Memberikan Diskon

Cara promosi yang menarik dan efektif menarik minat calon konsumen ialah memberikan diskon. Hal ini masih banyak dilakukan oleh pebisnis mengingat tingginya antusias masyarakat ketika mendapatkan barang diskon.

Harga memang menjadi pertimbangan penting bagi seseorang sebelum membeli produk. Terkadang, produknya sangat disukai atau diinginkan. Namun, karena terkendala dana, seseorang urung membelinya.

Karena ada kemungkinan banyak orang tertarik membeli produk namun terkendala dana, tentu diskon menjadi solusi terbaik untuk mereka. Anda juga akan mendapatkan keuntungan karena meningkatnya angka penjualan.

Tidak wajib memberikan harga diskon setiap hari. Cukup lakukan sesekali agar konsumen segera melakukan transaksi pembelian. Sehingga promosi ini berdampak positif pada bisnis.

Jika mempunyai banyak produk, dari mana bisa tahu mana yang seharusnya diberi diskon? Coba buat survey dan tanyakan pada audiens mana produk yang disukai. Lantas yang populer di kalangan audiens dapat diberi harga diskon.

3. Menyediakan Cashback

Cashback juga sangat efektif dalam menarik pelanggan. Mirip dengan diskon, cashback juga pesona tersendiri bagi konsumen. Adanya cashback memberikan keuntungan bagi mereka karena memperoleh harga lebih murah.

Sudah ada banyak brand dari berbagai bidang yang menyediakan cashback untuk pembeli. Biasanya ada persyaratan khusus untuk mendapatkan cashback. Jadi, konsumen tertarik untuk membeli produk dengan mengikuti persyaratan tersebut.

Cara promosi yang menarik dengan menyediakan cashback ini sangat pantas untuk dipertimbangkan. Silahkan pikirkan baik-baik persyaratan yang perlu dilakukan oleh pembeli agar Anda tidak merasa terlalu rugi ketika menyediakan cashback.

Baca juga: Kata-Kata Menarik Pelanggan yang Efektif

4. Menyelenggarakan Giveaway

Giveaway termasuk salah satu cara promosi efektif, terutama saat Anda meluncurkan produk baru. Giveaway sangat umum dilakukan guna mengenalkan produk baru ke calon pembeli.

Apabila baru pertama kali membangun brand, bisa juga mencoba giveaway untuk mempromosikan brand. Anda dapat memberikan sesuatu secara gratis untuk audiens dengan persyaratan khusus.

Jadi, bukan sekedar membagikan barang gratis. Silahkan pikirkan ketentuan yang akan menguntungkan bisnis. Contohnya persyaratan follow ke akun media sosial brand Anda.

Apabila ingin mendapatkan inspirasi tentang penyelenggaraan giveaway, bisa mencari brand yang sudah pernah melakukannya. Jadi, bisa mempelajari giveaway mereka lantas mempraktikkannya pada brand Anda sendiri.

5. Menghadirkan Program “Beli 1 Gratis 1” atau “Beli 2 Gratis 1”

Cara promosi yang menarik lainnya ialah membuat program promo “beli 1 gratis 1” atau mungkin “beli 2 gratis 1”. Melalui promo tersebut, produk bisa dikenalkan secara lebih luas pada audiens.

Ketika melihat adanya promo gratis, audiens akan tertarik untuk membelinya. Walaupun terkadang ragu dengan kualitas produknya. Terkadang tetap berusaha membeli dengan harapan kualitasnya akan sesuai ekspektasi.

Jadi, coba manfaatkan promosi semacam ini untuk menarik lebih banyak pembeli. Ketika ternyata kualitas produk Anda memenuhi harapan mereka, bukankah ada peluang mereka menjadi pelanggan loyal?

Apabila hanya menawarkan produk baru ke calon pembeli, biasanya mereka akan merasa ragu. Sementara ketika menawarkan promo “beli 1 gratis 1”, biasanya mereka akan lebih sedikit ragu dan segera membelinya.

6. Menghadirkan Promo Gratis Ongkir

Cara promosi yang menarik lainnya ialah menyediakan promo gratis ongkir. JIka Anda mencoba bisnis online, memberikan diskon gratis ongkir melalui marketplace maupun toko online akan sangat menguntungkan bagi pembeli.

Sebab, ongkos kirim umumnya sangat diperhatikan oleh pembeli. Ketika tempat tinggal jauh dari lokasi toko online, lantas ongkos kirimnya mahal, banyak calon pembeli mengurungkan niatnya untuk melakukan transaksi pembelian.

Jadi, coba berikan gratis ongkir agar pembeli bisa mendapatkan produk Anda tanpa terbebani ongkos kirim. Hal ini juga akan membantu meningkatkan angka penjualan karena menjangkau pembeli dari berbagai daerah.

7. Menyediakan Paket Bundling

Menyediakan paket bundling juga termasuk cara promosi yang menarik. Karena, pembeli bisa memperoleh banyak barang dalam satu set. Misalnya saja paket bundling berisi buku, pensil dan penghapus.

Pembeli cenderung menyukai paket bundling sebab total harganya jauh lebih murah daripada membeli produknya satu satu. Jadi, coba tawarkan paket bundling untuk menarik perhatian audiens.

Selain menyediakan beragam produk dalam satu paket bundling, tekankan pada audiens bahwa mereka akan menghemat uang sekian persen ketika membelinya. Jadi, audiens akan semakin bersemangat untuk membeli paket bundling.

Apabila ingin menyampaikan promosi paket bundling dengan lebih efektif, Anda bisa mengandalkan jasa penulis artikel seo untuk membuat konten promosinya.

8. Membatasi Waktu Promosi

Memberikan batas waktu untuk promosi akan mendatangkan banyak pembeli. Karena, mereka akan segera melakukan transaksi pembelian sebelum waktu promonya berakhir.

Contoh cara promosi yang menarik ini ialah memberikan diskon 25% untuk seluruh produk ketika 17 Agustus. Misalnya lagi memberikan cashback Rp 20.000 untuk setiap pembelian produk di hari ulang tahun brand.

Silahkan menetapkan batasan waktu promosi sesuai keperluan, boleh harian, mingguan maupun bulanan. Jika pembelian produk tidak mencapai target yang ditetapkan, bisa saja memperpanjang waktu promosinya.

9. Membuat Kerjasama dengan Influencer

Terakhir, cara promosi yang menarik ialah bekerjasama dengan influencer. Coba hubungi influencer yang kira-kira sesuai dengan produk. Misalnya memilih influencer berhijab untuk mempromosikan hijab.

Contohnya lagi memilih influencer yang memang ahli mempromosikan skincare jika Anda menjual skincare. Ketika memilih influencer yang cocok, influencer akan mampu mempromosikan produk secara menarik, unik dan memikat audiens.

Jangan sampai memilih influencer secara sembarangan. Misalnya ada influencer yang sangat ahli mempromosikan makanan ringan. Namun, Anda justru memintanya untuk mempromosikan gadget. Tentu hasilnya akan kurang maksimal.

Jadi, coba cari tahu sebanyak-banyaknya influencer. Lantas, pilih yang paling cocok dengan produk Anda. Jangan asal memilih influencer hanya karena mereka terkenal atau populer.

Promosi memang termasuk hal yang sulit dilakukan dalam mengembangkan bisnis. Akan tetapi, Anda dapat mencoba berbagai cara promosi yang menarik dalam artikel ini untuk memikat calon konsumen dan meningkatkan angka penjualan.