Ciri-ciri Iklan Efektif, Terlihat Menarik dan Mudah Dipahami

Tahukah Anda bagaimana ciri-ciri iklan efektif yang terlihat menarik dan mudah dipahami? Pada dasarnya, iklan yang efektif dapat memberikan informasi yang menarik perhatian konsumennya. Rasa keingintahuan audiens tinggi jika mereka dibuat penasaran dengan konten yang dibuat.

Konsumen pasti akan tertarik, ketika konten yang berisi iklan produk atau jasa dibuat jelas. Anda dapat membungkus iklannya secara rapi dan simpel agar efektif. Pembungkusan iklan yang efektif bisa dilihat dari berbagai macam aspek seperti visualisasi, pesan, CTA hingga penawaran.

Ciri-ciri iklan efektif bisa dilihat dari beberapa aspek, seperti terlihat menarik, relevan dan mudah dipahami. Mungkin Anda perlu mengetahui aspek-aspek tersebut agar iklannya bisa dibuat lebih baik. Dengan membuat iklan yang efektif, target pemasaran jadi lebih cepat tercapai.

Citra produk dan branding juga kian membaik dengan adanya iklan tersebut. Oleh sebab itu, Anda harus tahu bagaimana ciri-cirinya supaya efektivitas iklan semakin optimal. Tenang saja, total ada 11 aspek yang perlu diketahui agar iklan Anda semakin efektif untuk ke depannya.

Baca juga: Cara Membuat Iklan Efektif dan Berkualitas

11 Ciri-ciri Iklan Efektif untuk Kampanye Pemasaran

Simpel saja, iklan efektif dapat menjangkau konsumen secara langsung sehingga mereka tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dengan membuatnya secara optimal, perusahaan akan mendapatkan keuntungan karena program pemasarannya didorong melalui iklan.

Tidak perlu basa-basi, berikut ciri-ciri iklan efektif, menarik dan mudah dipahami :

1. Relevan dengan Target Audiens

Iklan bisa dikatakan efektif jika mampu membuat para konsumen merasa tertarik. Tentu saja hal ini dapat dilakukan ketika iklannya relevan dan sesuai dengan target audiens. Semakin baik dan relevan promosi yang disampaikan, hasilnya juga akan semakin bagus bagi pengiklan.

Informasi yang langsung mencapai target pemasaran adalah salah satu bukti bahwa iklannya sudah relevan. Dampaknya penjualan meningkat setelah audiens tahu produk Anda melalui iklan. Relevansi bisa dilihat ketika pesan sudah sesuai minat dan kebutuhan konsumen.

2. Informatif

Jangan sampai lupa, ciri-ciri iklan efektif itu informatif dan informasinya jelas. Para konsumen butuh informasi produk, oleh sebab itu iklan dibuat untuk memperkenalkannya. Melalui iklan, mereka bisa mengetahui spesifikasi, informasi dan data produk secara langsung.

Pastikan informasi yang disampaikan jelas, agar mereka bisa memahaminya. Gunakan bahasa Indonesia, susun supaya menjadi bahasa baku namun tetap terdengar informatif. Untuk hasil terbaik, posisikan diri Anda sebagai teman dekat konsumen agar mereka merasa tertarik.

3. Persuasif

Tujuan iklan ialah memperkenalkan produk, mengajak interaksi dan sebatas informasi semata. Kalimat persuasif harus disertakan di ketiga tujuan tersebut agar konsumen merasa tertarik. Ciri-ciri iklan kreatif dan efisien biasanya selalu menggunakan kalimat yang persuasif.

Semakin baik kalimat persuasifnya, semakin efektif juga program pemasarannya. Jangan salah dalam merangkai kata-kata, karena pesan persuasif memiliki rumusnya sendiri. Contoh kata-kata ajakan untuk membeli menyertakan keunggulan dan kelebihan produknya.

Baca juga: Sinopsis Iklan Layanan Masyarakat Hemat Listrik yang Efektif

4. Menggunakan CTA

Kalimat persuasif yang dikhususkan untuk mengajak audiens melakukan interaksi adalah CTA. Call to Action digunakan pada iklan, supaya konsumen terdorong untuk berinteraksi. Carilah cara membuat iklan efektif dan pelajari CTA yang digunakan agar Anda memahaminya.

CTA bisa dalam bentuk kalimat singkat dan padat, namun dibuat sedikit hiperbola. Contohnya seperti “jangan sampai kehabisan karena akan menyesal, ayo segera beli sekarang juga”. Dari kalimat tersebut, Anda bisa lihat dimana CTA dan kenapa kata-katanya terdengar menarik.

5. Tujuan Iklan

Pembuatan iklan harus sesuai dengan tujuan utama, supaya pesannya lebih terstruktur. Anda bisa mengaturnya sesuai kebutuhan perusahaan. Contoh, perusahaan ingin mendorong para konsumen untuk berlangganan paket hemat supaya mereka mendapatkan banyak benefit.

Dari target yang sudah ditetapkan, buatlah skenario cerita sesuai dengan tujuannya. Fokus ke layanan paket berlangganan dan hindari pembahasan mengenai produk. Itulah salah satu ciri-ciri iklan efektif paling penting, jadi jangan sampai Anda melupakannya.

6. Terukur

Pada dasarnya aspek yang terukur ini lebih mengarah pada proses pemasaran. Saat kampanye produk dilakukan, ukur cakupan iklan yang harus dipublikasikan secara terbuka. Hal ini perlu dilakukan agar perusahaan dapat menganalisis prospek perkembangan promosinya.

Dengan adanya acuan, ukuran tingkat keberhasilan iklan bisa diketahui dari sana. Jika program kampanye pasar memenuhi target, maka publikasi iklan berhasil dan sebaliknya. Ciri-ciri iklan efektif memang simpel, namun penerapannya harus diperhatikan dengan seksama.

7. Optimalkan Media Online

Digital Marketing adalah salah satu rencana yang perlu dipelajari ketika Anda ingin membuat iklan. Sesuai namanya, digital Marketing itu berarti proses pemasaran melalui platform digital. Digital Marketing biasa dilakukan dari sosial media, blog, laman web dan Marketplace.

Jasa penulis artikel menjadi salah satu trik yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan media Online. Artikel buatan mereka dapat dipublikasikan untuk kepentingan Marketing. Tergantung hasilnya, media Online sangat membantu dalam proses pemasaran secara digital.

8. Kreatif

Jangan lupa untuk berinovasi dan merencanakan berbagai macam hal baru. Kreativitas Anda sangat dibutuhkan perusahaan, karena iklan yang menarik terlihat kreatif. Mungkin Anda bisa melakukan riset di platform sosial media untuk menemukan berbagai macam ide baru.

Semakin kreatif iklannya, dampaknya juga makin tinggi dan terus berkembang. Iklan kreatif di Indonesia cenderung lebih cepat tenar, karena disukai oleh khalayak umum. Unik, bagus dan menarik, membuatnya masuk ke dalam standar utama ciri-ciri iklan efektif.

9. Berdasarkan Riset

Efektivitas iklan tidak hanya dinilai dari hasilnya saja, tapi juga melalui perencanaannya. Saat Anda membuat iklan, silakan konsultasi dan riset terlebih dahulu. Tujuannya agar Anda dapat eksposur dari semua konsumen mengenai produk-produk yang ditawarkan.

Roset bisa dilakukan untuk berbagai macam hal seperti segmentasi pasar dan target audiens. Segmentasi pasar berbentuk usia, demografi, minat dan ketentuan lainnya. Sedangkan riset dari target audiens, bisa diarahkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

10. Gunakan Visual Menarik

Ciri-ciri iklan efektif selanjutnya, pakai visualisasi yang menarik untuk setiap tipe unggahan. Visualisasi ini dapat menggugah minat pembeli untuk membeli produk atau jasa Anda. Ketika produksi, ambil gambar yang bagus sesuai dengan komposisi dasarnya.

Baik dalam bentuk video, poster, artikel hingga positingan di sosial media, sosial harus tampak menarik. Untuk menciptakan visualisasi yang bagus, Anda butuh keahlian bidang editing. Hal berkaitan dengan salah satu job desk tim media yang diterapkan oleh semua anggota.

11. Meningkatkan Target Penjualan

Ciri-ciri terakhir, iklan yang dibungkus secara rapi pastinya bisa meningkatkan nilai penjualan perusahaan. Bisa dikatakan jika target penjualan masuk ke dalam kategori pasca produksi. Jadi Anda bisa lihat insight pemasaran dan penyebaran iklan, seperti apa hasilnya nanti.

Dalam bentuk diagram, nilai pemasaran bisa dilihat secara langsung. Jika sudah sesuai target, maka pemasaran itu dapat dikatakan sudah berhasil. Karena efektif, Anda tidak perlu merasa khawatir nilai penjualan menurun dalam jangka waktu dekat.

Itulah ciri-ciri yang perlu Anda ketahui sebagai pihak pengiklan. Semua poin di atas bisa dijadikan sebagai sebuah acuan, agar Anda dapat membuat iklan yang bagus. Pelajari ciri-ciri iklan efektif secara menyeluruh, sehingga Anda tahu bagaimana tips dan trik untuk mengoptimalkannya.