Ciri Iklan Media Cetak dan Elektronik, Perbandingannya

Dengan mengetahui ciri iklan media cetak dan elektronik Anda akan terbantu nantinya. Iklan itu media penyampaian informasi untuk memperkenalkan produk atau jasa. Media pengiklanan bisa dikategorikan dalam dua bentuk yaitu media cetak seperti koran dan elektronik gadget.

Penggunaan kedua media tersebut disesuaikan dengan target dan segmentasi pasarnya. Jadi kita tidak dapat mengubahnya, karena kedua media memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Beberapa hal yang bisa kita debatkan adalah keunggulan kedua media tersebut.

Ciri iklan media cetak dan elektronik sudah jelas, Anda pasti memahaminya. Tapi dibalik ciri-ciri tersebut, ada faktor tertentu yang menyebabkan iklan terlihat lebih menarik. Anda bisa mencoba memahami karakteristik kedua media pengiklanan itu supaya penerapannya makin optimal.

Baik media cetak atau elektronik, keduanya bisa dipakai untuk mengiklankan suatu produk. Anda hanya perlu memaksimalkan potensinya supaya kampanye Marketing memberikan banyak profit. Jangan lupa untuk memahami cara buat iklan yang efektif agar Marketing Anda berhasil.

Baca juga: Cara Membuat Iklan Efektif dan Berkualitas

Memahami Berbagai Ciri Iklan Media Cetak dan Elektronik

Untuk memahami keduanya, Anda perlu memperhatikan aspek-aspek di bawah ini. Total terdapat tujuh aspek yang menentukan perbedaan kedua medianya. Setiap aspek tersebut di antaranya durasi, biaya, target, pesan, visual, spesifikasi dan media penyampaian yang digunakan.

Cara membuat iklan efektif juga berbeda dari kedua media yang akan digunakan. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui ciri-cirinya agar bisa memaksimalkan media itu nantinya. Langsung saja, berikut penjelasan terkait ciri-ciri keduanya agar Anda langsung paham cara pemakaiannya.

1. Media

Media cetak cenderung digunakan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk teks beserta gambar. Iklan yang disampaikan menggunakan media cetak lebih terstruktur karena dipajang di sebagian halaman. Pembaca dapat melihatnya langsung di koran, majalah dan tabloid.

Untuk media elektronik, iklannya mengutamakan elemen visualisasi gambar dan audio. Tentu saja media elektronik lebih unggul karena menjelaskan isi iklan secara menyeluruh. Meskipun begitu, media elektronik memiliki banyak kompetitor dan harganya sangat mahal.

Ciri iklan media cetak dan elektronik itu sederhana, sehingga mudah dipahami semua orang. Media cetak hanya bisa dilihat, dibaca dan dinikmati bersama informasi lainnya. Sedangkan media elektronik bisa didengarkan dan dilihat, informasinya berlalu lalang dengan cepat.

2. Durasi

Durasi untuk membaca media cetak cukup lama, Anda bisa memahami isi informasinya dulu. Meskipun informasinya terbatas untuk satu periode saja, tapi iklannya sangat luas. Berbeda dengan media elektronik, durasi waktunya ditentukan dari platform yang dipakai.

Contoh media elektronik pakai platform televisi dan radio sehingga iklannya bergerak dengan cepat. Jika media elektronik diakses melalui gadget yang memiliki jaringan internet, iklannya bisa dilihat lama. Durasinya lebih baik dibandingkan media cetak dan iklan televisi.

Ciri iklan media cetak dan elektronik dari segi durasi memang beragam. Iklan dari radio dan televisi tidak sebagus di majalah atau tabloid karena durasinya cepat. Namun untuk media elektronik gadget, durasinya bisa dinikmati kapan saja dan tidak dibatasi oleh waktu.

Baca juga: Ciri-ciri Iklan Efektif, Terlihat Menarik dan Mudah Dipahami

3. Biaya

Dari segi biaya, media cetak tentu saja lebih murah dibandingkan media elektronik. Sekali slip iklan di media cetak dapat disebarkan ke seluruh lapisan masyarakat. Percetakan media cetak hanya perlu biaya awal saja, sehingga biaya pengiklanannya terasa lebih terjangkau.

Berbeda dengan media elektronik yang pengeluarannya lebih mahal, terutama di televisi. Jika ingin mendapatkan lebih banyak eksposur, media elektronik direkomendasikan. Berdasarkan ciri iklan media cetak dan elektronik, biaya pengiklanannya sebanding dengan hasilnya.

Dilihat dari efisiensi pengiklanannya, media elektronik lebih baik. Tapi jika untuk penyebaran informasinya, media cetak lebih baik dengan harga yang relatif terjangkau. Sekarang ini, para pengiklan cenderung memilih elektronik karena efisiensi pemasarannya lebih baik.

4. Target Audiens

Bisa dikatakan jika target audiens kedua media pengiklanan tersebut relatif lebih fleksibel. Di sini kita akan melihat ciri iklan media cetak dan elektronik untuk penargetan audiens. Media cetak targetnya itu luas, karena dicantumkan ke koran atau tabloid lalu disebarkan.

Sama halnya dengan media elektronik, targetnya juga luas karena ditayangkan di mana saja. Kedua media dapat diarahkan secara lebih spesifik, tergantung platform yang digunakan. Hal ini bisa dibuktikan dengan koran berita, hanya untuk informasi seputar harga produk.

Untuk penargetan yang lebih spesifik, Anda bisa memakai media elektronik radio. Biasanya di radio ada channel khusus untuk membahas suatu topik dengan segmentasi yang terarah. Bisa dicontohkan dengan radio desa untuk masyarakat desa dan radio kota khusus warga kota.

5. Pesan

Media cetak penyampaian pesannya lebih informatif, terbukti dari koran dan tabloid tertentu yang sering membahas satu produk. Sesuai ciri iklan media cetak dan elektronik, kebanyakan informasi di media cetak dibuat secara menyeluruh baik itu informatif atau persuasif.

Beda halnya dengan media elektronik dimana pesannya terasa persuasif. Baik di televisi atau radio, semua iklan dibuat singkat, padat dan persuasif melalui Call to Action (CTA). Dari kedua aspek tersebut, Anda bisa memilih ingin menggunakan media cetak atau elektronik.

Untuk dampak, pesan di media cetak lebih mengarah pada sebuah branding. Sedangkan dari media elektronik, pesan iklannya ditujukan untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa. Anda dapat menentukan sendiri ingin memasarkan produk dari cetak atau elektronik.

6. Visualisasi

Ciri iklan media cetak dan elektronik dari segi visualisasi sudah terlihat khas. Media cetak itu menggunakan tulisan dan foto saja, jadi visualisasinya terbatas. Sedangkan media elektronik diperuntukkan bagi visual gambar dan audio, jadi terasa lebih fleksibel untuk iklan.

Biasanya media cetak menampilkan satu foto dan kalimat yang menjelaskan informasi produk. Di sisi lain, media elektronik menampilkan gambar dan audio dalam kurun waktu singkat. Jadi ada dua perbedaan dari segi penyampaian pesan, mana yang menurut Anda lebih baik?

Jasa penulis artikel terinspirasi dari media cetak, namun penerapannya di media internet. Jika dilihat dari efektivitasnya, visualisasi media elektronik jauh lebih baik. Sedangkan media cetak dikhususkan untuk golongan tertentu seperti orang-orang yang jarang melihat gadget.

7. Spesifikasi

Secara umum, media cetak hanya berupa selebaran kertas yang dikumpulkan menjadi satu. Koran, tabloid dan majalah berisikan informasi yang luas, sehingga segala iklan bisa dilihat di sana. Sedangkan media elektronik cenderung simpel, bisa dilihat dari televisi dan radio.

Spesifikasi media televisi bagus untuk mendapatkan pesan yang begitu cepat. Sedangkan dari segi media cetak, penyampaian pesannya lama tapi menyeluruh. Dengan begitu, iklan produk atau jasa lebih mudah dianalisis oleh sebagian orang layaknya laman web di media Online.

Berdasarkan tujuh spesifikasi tersebut, mana yang menurut Anda memiliki keunggulan lebih baik. Media cetak terkesan jadul tapi memiliki keunggulannya tersendiri. Sedangkan media elektronik sudah mulai digantikan dengan media Online, jadi sifatnya tidak jauh berbeda dengan cetak.

Namun untuk kepastiannya, media elektronik jauh lebih unggul dibandingkan media cetak. Meski biaya yang dikeluarkan mahal, efeknya cukup sepadan dengan pengeluaran Anda. Itulah ciri iklan media cetak dan elektronik, keduanya memiliki keunikannya sendiri-sendiri.