Berbagai Contoh Surat Pernyataan dan Tujuan Dibuatnya

Bicara mengenai lembar penjelasan, terdapat banyak contoh surat pernyataan dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai keperluan. Kata pernyataan kerap diibaratkan juga sebagai pengakuan. Biasanya digunakan ketika orang bersangkutan tidak bisa menghadiri suatu agenda tertentu.

Namun, sifatnya kondisional, sebab ada juga penggunaan salah satu bukti penguat sedang bekerja atau pernah bekerja pada suatu lembaga. Surat pernyataan adalah sebuah dokumen resmi untuk membantu beberapa orang untuk mengatasi situasi tertentu.

Contoh surat pernyataan menempati peranan penting mendukung situasi formal maka dalam penulisannya juga diperlukan tata bahasa baku. Secara general dilengkapi berupa pembubuhan materai sebagai bukti kekuatan siapa saja pihak terlibat di dalamnya dan sah secara pandangan hukum.

Terdapat berbagai jenis dokumen jenis ini akan dibahas di sini. Memang tidak semuanya, akan tetapi dapat membantu Anda untuk memahaminya. Dapat juga dijadikan sebagai referensi apabila suatu saat diperlukan guna memenuhi pekerjaan atau studi.

Struktur Surat Pernyataan yang Perlu Diketahui

Seperti pada jenis-jenis dokumen resmi lainnya, lembar absah satu ini juga membutuhkan struktur formal tidak jauh berbeda. Secara detail, kami akan merinci bagian per bagian untuk lebih mempermudah pemahaman.

Beberapa hal wajib ada dalam contoh surat pernyataan adalah:

  • Judul, berisikan title dari lembar dokumen yang telah diterbutkan. Biasanya menggunakan kapital secara keseluruhan serta dicetak tebal. Lokasinya harus tepat berada di tengah-tengah.
  • Isi, dimana di dalamnya terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya identitas dari pembuatnya, keterangan yang menyatakan suatu hal penting menyangkut penerima, serta terakhir identitas menyangkut pihak yang diberi penjelasan.
  • Penutup yang berisi beberapa bagian penting, seperti tempat berikut tanggal contoh surat pernyataan apa saja dibuat, nama orang terlibat, bubuhan paraf, serta pelengkap contohnya NIK masing-masing orang terlibat.

Tambahan lagi untuk selalu dipersiapkan ketika mengurus dokumen ini adalah materai Rp6.000 yang dilekatkan pada bagian tanda tangan. Pembubuhan materai disertai tanda tangan di atasnya menandakan persetujuan sah pihak terlibat di hadapan hukum.

Terdapat berbagai hal yang harus diperhatikan ketika menerbitkan dokumen resmi ini adalah menentukan tujuan pembuatan surat, seperti untuk apa dokumen tersebut dibuat. Keputusan ini membantu mempermudah berbagai proses pembuatan hingga pemahaman.

Setelah tujuan dibuat selanjutnya memikirkan bagaimana cara penulisan secara tepat. Pemahaman yang ada di kepala harus diejawantahkan dalam bentuk tulisan agar bertahan dalam jangka waktu lama. Juga bisa menjadi bukti kuat di hadapan hukum kemudian hari.

Berikutnya hal yang harus ada dalam dokumen ini adalah bagaimana menyusun rangkaian kalimat formal tersebut. Sebuah bentuk tulisan adalah alat komunikasi yang bisa mendukung berbagai situasi dan menjadi alat bukti bahwa pada suatu hari terjadi kesepakatan tertentu.

Catatan penting dalam bagian isi contoh surat pernyataan, mesti diperhatikan keterangan disesuaikan dengan faktanya. Tujuannya agar berbagai hal buruk tidak diinginkan maupun suatu kondisi berpotensi merugikan semua pihak terlibat.

Kali ini akan coba mengulas apa saja berbagai dokumen penjelasan berdasarkan keperluannya. Secara rinci, bisa mempelajari beberapa poin pembahasan ini:

Surat Pernyataan Kesanggupan yang Menyatakan Rasa Sanggup

Berbagai Contoh Surat Pernyataan dan Tujuan Dibuatnya

Penjelasan rasa sanggup adalah sebagai suatu contoh surat pernyataan diantara banyaknya ragam jenis lainnya. Dokumen resmi untuk dimanfaatkan dalam menyatakan diri siap memperoleh keharusan tertentu untuk bertanggung jawab.

Umumnya lembar ini dikeluarkan oleh perusahaan kepada karyawan baru ketika hari pertama diterima kerja. Sifatnya tentu saja mengikat bagi lembaga maupun pegawai untuk menjalankan hak serta kewajiban masing-masing.

Yang dimaksud dengan contoh surat pernyataan kesanggupan biasanya berisi macam-macam, tergantung keperluan. Ada yang memanfaatkannya untuk transaksi utang piutang dan ada juga yang menggunakannya untuk menyanggupi pekerjaan tertentu.

Isi dari contoh surat pernyataan kesanggupan pada dasarnya sama dengan jenis serupa lainnya. Berisi isian data yang menyatakan, kemudian dilengkapi bersama deklarasi kesediaan, serta diakhiri bubuhan tanda tangan berikut nama jelas dan materai seharga Rp6.000.

Sebelum menandatangani lembaran kesanggupan, orang tersebut mesti paham bahwa terdapat risiko di baliknya. Bukan hanya sekedar tanda tangan, namun harus siap dengan hal terburuk apa pun di akhir apabila terjadi berbagai situasi dan kondisi melenceng dari rencana.

Surat Pernyataan untuk Hutang Piutang

Berbagai Contoh Surat Pernyataan dan Tujuan Dibuatnya

Secara nama, sudah jelas bahwa contoh surat pernyataan ini ditandatangani oleh debitur dan kreditur. Pihak terlibat dapat berupa perorangan atau badan usaha. Fungsinya sebagai bentuk rasa tanggung jawab ketika tempo waktu pelunasan utang tiba.

Dalam contoh surat pernyataan hutang piutang Debitur atau orang yang meminjam uang biasa disebut sebagai pihak pertama, sementara pihak kedua atau kreditur adalah orang yang meminjamkan uang. Keduanya harus menandatangani pada bagian akhir.

Uang adalah benda paling sensitif paling pas memecah belah berbagai hubungan. Itu kenapa salah satu alasan diperlukannya contoh surat pernyataan gunanya membuat kontrak kedua pihak agar tetap bertindak pada jalurnya juga tanpa menyalahi pasal perjanjian ketetapan awal.

Dokumen itu lumrah berisikan pasal untuk mengatur hubungan antara pemberi utang dengan peminjam uang. Keduanya terikat di mata hukum guna saling menuntut satu sama lain apabila di kemudian hari terjadi sesuatu di luar penjelasan yang telah disepakati.

Untuk menguatkan biasanya juga disediakan kolom tanda tangan berikut nama jelas beberapa saksi terpercaya. Kesaksian pada sebuah perjanjian utang piutang akan menguatkan posisi masing-masing orang terlibat untuk bertindak sesuai panduan perjanjian.

Surat Pernyataan Mengenai Kepemilikan Tanah

Berbagai Contoh Surat Pernyataan dan Tujuan Dibuatnya

Dari namanya sudah ketahuan jelas bahwa contoh surat pernyataan ini tujuannya demi menjadikan posisi orang absah selaku pemilik tanah. Beberapa situasi membutuhkan dokumen ini, seperti pada saat pemilik tanah ingin mengajukan pinjaman pada bank.

Lembar resmi yang menyatakan kepemilikan tanah bisa dimanfaatkan demi menjaminkan tanah tertentu kepada pihak bank. Anda dapat meminta ulang dokumen tersebut ketika pelunasan utang kepada bank maupun kreditur lainnya dilunasi.

Bentuk contoh surat pernyataan kepemilikan tanah tersebut diterbitkan demi tujuan mendaftarkan tanah supaya memiliki kekuatan di mana hukum. Lembar berisi penjelasan tersebut biasa juga disebut sebagai dokumen riwayat tanah karena berisi riwayat dari lahan itu sendiri.

Terdapat beberapa dokumen mesti dilengkapi untuk membuat contoh surat pernyataan kepemilikan ini, diantaranya standar, seperti kartu identitas, kartu keluarga, surat pernyataan berisi menyebutkan tidak terjadi sengketa, PBB, dan juga dilengkapi bersama KTP para saksi.

Untuk proses pembuatan contoh surat pernyataan kepemilikan tanah ini diajukan oleh pemohon kepada kepala desa atau lurah setempat. Apabila permohonan dikabulkan maka lurah akan memasang plang bertanda kepemilikan lahan tersebut atas nama pemohon tadi.

Untuk lamanya dokumen ini dibuat biasanya memakan waktu hingga 35 hari semenjak waktu diproses oleh kelurahan. Tidak ada proses sulit untuk dilakukan apabila tanah tidak perlu melalui proses mediasi dengan pihak lainnya, artinya tidak terjadi sengketa di sini.

Namun, apabila terjadi sengketa terkait kepemilikan tanah maka harus ditempuh jalan mediasi agar setiap permasalahan tercerahkan serta menemui titik terang. Umumnya petugas akan melakukan pengukuran disertai denah tanah untuk penyesuaian di lapangan.

Untuk kisaran biayanya kurang lebih dibutuhkan Rp250.000 dengan segala prosesnya lari ke Kemenpan RB. Hal yang harus disertakan juga dalam proses pembuatan lembaran adalah titik GPS, demi mengikuti perkembangan zaman di bidang teknologi digital saat ini.

Surat Pernyataan Diri yang Menyangkut Keterangan Pada Situasi dan Kondisi Tertentu

Berbagai Contoh Surat Pernyataan dan Tujuan Dibuatnya

Jenis lainnya dari contoh surat pernyataan adalah menyangkut keterangan terhadap situasi serta kondisi tertentu. Misalkan, ambil perumpamaan saja berbagai keterangan menyatakan diri negatif pengaruh narkoba, penyalahgunaan, maupun penyebaran narkoba.

Tentu saja berbagai poin yang harus ada pada contoh surat pernyataan ini adalah identitas pihak terlibat, isi penjelasan dalam bentuk poin, serta penutup yang ditandai dengan tanda tangan. Paling penting untuk menegaskan tindakan ini adalah bukti tes bebas narkoba.

Sama seperti jenis lembar absah lainnya, untuk deklarasi diri juga Anda harus mempersiapkan materai dengan standar harga normal biasanya Rp6.000. Bukti paraf atau tanda tangan diikuti nama jelas sebagai bukti bahwa pernyataan tertulis tersebut valid.

Untuk contoh surat pernyataan ini berkenaan untuk kepentingan sendiri dan bisa dipertanggungjawabkan di hadapan hukum. Untuk setiap pengakuan memang bisa dilakukan secara lisan, namun tulisan akan lebih sebagai alat bukti dalam ranah hukum.

Salah satu contohnya adalah dokumen deklarasi tidak mengikat diri dengan kontrak profesional tertentu sebelum menandatangani perjanjian sebagai profesional tertentu. Pihak diri dengan bubuhan tanda tangan persis pada materai dapat dipertanggungjawabkan kemudian hari.

Surat Pernyataan Kelakuan Baik yang Harus Mendatangi Polsek atau Polres

Berbagai Contoh Surat Pernyataan dan Tujuan Dibuatnya

Khusus contoh surat pernyataan tersebut pasti sudah tidak asing, terutama di telinga para pencari kerja. Biasanya untuk membuat dokumen ini harus mendatangi Polsek atau Polres setempat kemudian mengisi beberapa poin dalam formulir serta membubuhkan materai.

Proses pembuatan contoh surat pernyataan untuk kepentingan pekerjaan ini tidak memakan waktu lama. Anda dapat menunggu beberapa menit hingga pihak kepolisian mengeluarkan lembar tersebut dengan membayar biaya sesuai aturan dari pemerintah.

Jenis dokumen ini sifatnya temporer, biasanya hanya berlaku selama 3 bulan semenjak diterbitkan. Setelah habis, Anda bisa memperpanjangnya dengan membawa dokumen lama ke kantor polisi. Untuk biaya biasanya berbeda dari membuat baru dengan memperpanjang.

Para pencari kerja tidak semuanya menggunakan contoh surat pernyataan kelakuan baik, namun kebanyakan ketika mendaftar sebagai pegawai negeri sipil, keterangan seperti ini dibutuhkan. Fungsinya untuk menegaskan orang tersebut tidak memiliki masalah hukum.

Meskipun biasanya digunakan untuk para pelamar pegawai negeri sipil, namun beberapa perusahaan swasta juga menetapkannya selaku salah satu syarat. Beberapa memintanya pada awal rekrutmen sementara beberapa lainnya meminta setelah beberapa tahan berjalan.

Surat Pernyataan Permohonan Maaf Kepada Orang yang Sudah Dirugikan

 

Contoh surat pernyataan ini diterbitkan dengan melibatkan pihak yang menyebabkan masalah dan berisi kesadaran diri untuk meminta maaf kepada orang-orang yang dirugikan. Ambil saja contoh kericuhan di area publik, seperti tawuran atau aksi mengganggu lainnya.

Maka orang-orang yang terlibat harus membuat contoh surat pernyataan guna memberikan klarifikasi kepada orang-orang merugi. Isinya berupa penyesalan dan seharusnya kejadian tersebut tidak dilakukan kembali apabila mengingat dampak buruk pada akhir aksi.

Kita ambil permisalan saja sebuah operator seluler pada satu hari sedang maintenance kemudian mereka menerbitkan permohonan maaf secara tertulis. Tulisan tersebut akan dipublikasikan dan bisa dikonsumsi publik, namun targetnya tertuju pada pengguna operator tersebut.

Terdapat dua jenis atau dua contoh surat pernyataan maaf, pertama yang dibuat oleh pribadi dan yang kedua adalah diterbitkan perusahaan. Tujuannya sama, yaitu untuk menyampaikan penyesalan kepada pihak terdampak serta harapan hal itu tidak terjadi lagi.

Untuk jenis pribadi biasanya dibuat oleh orang dengan jenis kerugian cukup berdampak pada orang lain. Sementara permintaan maaf dari perusahaan sifatnya karena ada kecacatan produk atau berbagai alasan berkenaan dengan sistem pelayanan kurang memuaskan.

Surat Pernyataan Mengenai Kepemilikan Harta

Berbagai Contoh Surat Pernyataan dan Tujuan Dibuatnya

Berikutnya ada contoh surat pernyataan berisi pernyataan kepemilikan harta benda senilai tertentu. Harta yang dimaksud dapat berupa kepemilikan lahan, bangunan, kendaraan, maupun uang tunai, dan sebagainya.

Biasanya dokumen ini dibuat pada saat ada agenda pengampunan pajak atau keperluan terkait lainnya. Di Indonesia ketika para anggota DPR dilantik, biasanya khalayak akan dipertunjukan jumlah kekayaan mereka, bisa jadi mereka menandatangani contoh surat pernyataan tersebut.

Lembar dokumen yang sah di mata hukum dapat menjadi batasan terhadap apa saja kepemilikan seseorang atau suatu badan terhadap berbagai harta benda. Jika sudah memiliki pegangan hukum maka tidak ada pihak manapun dapat mengganggu gugat.

Beberapa contoh surat pernyataan yang disebutkan di atas baru segelintir dari sekian banyak contoh lainnya. Pada dasarnya lembar absah tersebut dikeluarkan untuk mengikat dan menjadi kekuatan di mata hukum bagi mereka yang sama-sama menandatanganinya.

Jenis pernyataan tertulis seperti ini sangat penting dan sifatnya sensitif untuk membuktikan kepemilikan di mata hukum. Ketika suatu saat terjadi hal tidak diinginkan maka surat dapat dikeluarkan demi membuktikan kekuatan absah dan menghindari berbagai resiko lebih runyam.

Manfaat Surat Pernyataan yang Perlu Diketahui

Untuk berbagai keperluan, setiap surat memiliki tujuan tersendiri. Meskipun masuk pada ranah berbeda, namun masing-masing pihak, seperti penerima, pembuat surat, dan para saksi memiliki efek jangka panjang maupun pendek tertentu.

Sebuah dokumen resmi tidak semata-mata dibuat tanpa manfaat atau fungsi tertentu. Anda dapat menerima langsung manfaat tersebut ketika sudah mengalami atau terlibat langsung. Jika tidak maka ragam manfaat itu dapat dilihat dari beberapa poin pembahasan di bawah.

Setelah mengetahui berbagai contoh surat pernyataan, kini saatnya mencari tahu apa saja manfaat dibuatnya lembar resmi tersebut. Secara umum, manfaat yang akan diperoleh adalah:

  1. Manfaat bagi penerima adalah menjadi bukti kuat ketika terjadi sesuatu di luar rencana, seperti mangkirnya pembuat pernyataan dari tanggung jawab. Penerima memiliki kekuatan secara hukum dengan membuktikan kepemilikan contoh surat pernyataan tersebut.
  2. Manfaat untuk pembuat surat adalah memiliki panduan jelas mengenai apa yang harus dilakukan selama terikat perjanjian atas nama hukum melalui dokumen tersebut. Selain itu, pembuat surat juga memiliki hak serta kewajiban selayaknya penerima.
  3. Manfaat untuk pihak yang dinyatakan adalah memiliki kekuatan hukum terkait posisi mereka pada contoh surat pernyataan tersebut. Biasanya pihak terlibat dinyatakan dan diberi wewenang sebagai saksi, bergantung pada situasinya.

Manfaat yang didapatkan pada akhirnya dikembalikan pada peranan tiap pihak. Bergantung pada posisi masing-masing orang, baik sebagai penerima, orang yang menyatakan, maupun para saksi memiliki hak serta kewajiban dimana semua harus mempertanggungjawabkannya.

Beberapa pihak menyebut manfaat sebagai fungsi juga. Pemahamannya tidak jauh berbeda, hanya saja terdapat istilah tidak sama yang membuat terkesan berbeda. Intinya adalah semua pihak mendapat manfaat dari pembuatan dokumen legal di mata hukum ini.

Melirik beragam jenisnya, lembar absah tersebut dikeluarkan untuk berbagai tujuan dengan format penulisan resmi. Setiap contoh surat pernyataan terbit sudah pasti dilengkapi dengan bubuhan tanda tangan pihak terlibat berikut dikuatkan juga dengan materai.