Pulpen untuk Menulis Lamaran Kerja Tulis Tangan

Pulpen untuk menulis lamaran kerja perlu diketahui mengingat surat tersebut sangat penting. Selain itu, surat ini bersifat resmi sehingga harus ditulis dengan bersih dan rapi.

Para pelamar pekerjaan membutuhkan pulpen untuk menuliskan surat tersebut. Hal ini karena biasanya surat lamarannya wajib ditulis tangan. Salah satu contohnya saat mendaftar PNS.

Pada umumnya, pihak perekrut akan mengecek kelengkapan berkas, struktur penulisan yang tepat, biodata pelamar dan lain sebagainya. Selain itu, perhatikan juga menulis surat lamaran pakai pulpen apa?

Pastikan sebelum lamarannya dikirim sudah Anda cek terlebih dahulu. Lalu, pulpennya bisa menghasilkan tulisan yang jelas, tidak mudah luntur serta mudah dibaca. Dengan demikian, mempermudah pihak penyeleksi untuk membacanya.

Mengenal Pengertian Surat Lamaran Kerja

Pengertian dari surat lamaran kerja berdasarkan jasa penulis artikel yaitu dokumen resmi yang ditujukan kepada suatu instansi atau perusahaan. Semua orang pasti bisa menulisnya, namun belum tentu formatnya benar.

Padahal, dalam melamar kerja itu salah satu syarat yang wajib ada adalah surat lamaran. Banyak hal penting yang wajib Anda perhatikan saat membuatnya. Salah satunya mengikuti semua format yang berlaku.

Lalu, perhatikan juga penggunaan tata bahasa Indonesia yang baik dan pilihlah pulpen untuk menulis lamaran kerja. Dalam hal ini Anda harus pandai dalam mempromosikan diri kepada perekrut.

Pastikan semua berkasnya sudah lengkap sehingga peluang diterima lebih besar. Tulisannya harus jelas ditulis menggunakan pena warna hitam. Sebelum menuliskannya, silahkan dicek terlebih dahulu pulpennya.

Pastikan bisa digunakan dengan baik sehingga hasilnya bagus. Oleh karena itu, pilihlah pena yang berkualitas bagus serta mudah kering. Dengan demikian, kertasnya tidak kotor terkena tinta.

Lalu, apakah boleh ada coretan di lamaran kerja? Anda sebaiknya menghindari adanya coretan-coretan ketika membuat suratnya. Tujuannya agar suratnya terlihat bersih, rapi dan lebih mudah saat dibaca.

Jika banyak terdapat coretan maka akan mengurangi nilai estetika dari suratnya. Anda dianjurkan untuk mencobanya terlebih dahulu pada kertas lain. Tujuannya sebagai latihan menulis menggunakan pulpen terbaik agar hasilnya bagus.

Baca juga: Tips memilih pulpen untuk menulis ijazah

Format Menulis Surat Lamaran Kerja

Meskipun Anda menuliskan suratnya secara manual menggunakan pena, namun tetap harus memperhatikan formatnya. Berikut ini akan kami sajikan informasi mengenai format penulisan yang benar dan baik.

Pulpen untuk Menulis Lamaran Kerja Tulis Tangan

Berikut merupakan formatnya ada tanggal, tempat waktu penulisan, hal, lampiran, nama perusahaan dan alamat tujuan. Selain itu, salam pembuka, isi, penutup dan salam penutup. Lalu, cantumkan tanda tangan dan nama.

Penulisan tanggalnya tidak boleh salah, tambahkan lampiran dan hal. Lampiran berupa dokumen pendukung berisi identitas pelamar, sertifikat pelatihan dan lain sebagainya yang dibuat menggunakan pulpen untuk menulis lamaran kerja.

Selain itu, penanya harus mampu menghasilkan tulisan yang tajam sehingga terlihat jelas. Penulisan alamat sebaiknya tidak terlalu panjang. Jabatan tidak perlu menambahkan panggilan seperti Ibu atau Bapak.

Tambahkan juga salam hormat dan pembukaan. Meskipun suratnya ditulis tangan, namun bersifat formal sehingga harus tetap Anda buat serapi mungkin. Format selanjutnya adalah menyampaikan isi dengan singkat, padat dan jelas.

Jangan lupa cantumkan identitas diri, maksud dan tujuannya. Pulpen terbaik akan menghasilkan tulisan indah. Dengan demikian, orang yang membacanya akan merasa senang.

Setelah itu, sampaikan penutup dan ucapan terima kasih. Terakhir, tuliskan salam penutup, bubuhkan tanda tangan dan nama lengkap pelamar. Semua format tersebut harus lengkap dan tidak boleh ada yang terlewat.

Pulpen untuk Menulis Lamaran Kerja dan Hal Penting Lainnya

Anda tidak dianjurkan menggunakan pulpen berwarna lain, hanya boleh hitam saja. Alasannya karena akan memberikan kesan lebih formal dibandingkan menggunakan warna lainnya. Hindari menggunakan warna merah karena bersifat tidak sopan.

Jika Anda menggunakan pulpen berwarna merah maka harus siap mendapatkan teguran. Hal ini karena para pelamar cenderung terkesan berani.

Alasan lainnya karena fungsi tinta merah itu antara lain menandai bagian yang salah, mencoret dan mengoreksi tugas. Para pelajar biasanya dilarang untuk menggunakan tinta merah dengan berbagai alasan tersebut.

Begitu juga saat menuliskan surat untuk keperluan melamar pekerjaan. Anda akan dianggap tidak sopan oleh pihak perekrut. Oleh karena itu, hindari memakai tinta merah jika ingin diterima kerja dengan mudah.

Lalu, apakah boleh menulis surat lamaran dengan pulpen warna biru? Anda boleh menuliskanya memakai tinta warna biru maupun hitam. Namun, Anda lebih dianjurkan memakai warna hitam.

Hal ini agar suratnya tampak lebih profesional dan formal. Meskipun tinta biru dan hitam diperboleh untuk Anda gunakan, namun hindari memakai keduanya sekaligus dalam satu surat.

Hindari menggunakan spidol maupun pensil. Tulislah dengan hati-hati agar menghindari adanya kesalahan. Jangan sampai ada tipe-x atau correction pen sehingga berhati-hatilah dalam menggunakan pulpen untuk menulis lamaran kerja.

Adanya correction pen akan membuat suratnya terlihat kotor dan tidak rapi. Jika terjadi kesalahan menulis, Anda disarankan menulis ulang menggunakan kertas folio baru.

Perhatikan juga pemilihan kertasnya, sebaiknya tidak berwarna. Bahasa yang digunakan harus baku dan tidak boleh bertele-tele. Anda tidak boleh memakai tinta berwarna-warni.

Tips untuk Membuat Surat untuk Keperluan Melamar Pekerjaan

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika Anda membuat jenis surat ini. Bahasa yang dipakai harus Indonesia, tuliskan dengan baik dan benar. Jangan menggunakan bahasa daerah masing-masing.

Bagi yang ingin melamar di perusahaan asing, maka harus ditulis menggunakan bahasa Inggris. Cek terlebih dahulu pulpen tidak boleh macet agar tulisannya jelas.

Perhatikan juga grammar dan tenses yang digunakan agar pihak HRD tidak bingung membaca surat lamarannya. Lalu, untuk penggunaan bahasa Indonesia harus sesuai dengan EYD dan KBBI.

Hindari menggunakan bahasa tidak formal maupun bahasa gaul meskipun perusahaan yang dilamar merupakan start up modern. Penggunaan bahasa tidak formal bisa meninggalkan kesan tidak sopan sehingga jangan sampai salah tulis.

Pulpen untuk menulis lamaran kerja harus bagus agar setiap huruf tertulis dengan jelas. Lalu, gunakan kertas folio bergaris agar mempermudah Anda untuk menulis. Tujuannya agar tulisannya tampak lebih rapi.

Berbeda saat menulis menggunakan kertas HVS tanpa garis maka hurufnya bisa naik turun dan tidak beraturan sehingga kurang rapi. Siapkan pulpen yang bagus dan masih penuh tintanya agar proses menulisnya lancar.

Tulisan kurang rapi akan mempersulit pihak perekrut untuk membacanya. Meskipun perkembangan teknologi sudah canggih, namun surat lamaran tetap Anda tulis menggunakan tangan.

Bisa dipastikan jika pulpen bagus, maka mudah bagi Anda menghasilkan tulisan yang rapi. Perhatikan juga pemilihan ketebalan pulpen agar tulisannya bagus.

Lalu, kata pengantarnya tidak boleh terlalu panjang, harus informatif dan tepat sasaran. Cantumkan juga posisi yang ingin dilamar agar mempermudah HRD dalam melakukan seleksi.

Surat untuk melamar kerja wajib ditulis sesuai format. Selain itu, perhatikan beberapa tips di atas. Anda juga harus menggunakan pulpen untuk menulis lamaran kerja agar tulisannya cantik, bersih dan rapi.