Mengenal Apa Itu Content Creator beserta Tips Suksesnya

Meskipun sering terdengar, mungkin sebagian orang belum benar-benar paham apa itu content creator. Istilah content creator sendiri semakin sering muncul seiring pesatnya perkembangan era sosial media.

Melalui berbagai platform seperti YouTube, Instagram, Facebook, TikTok, hingga blog, para pembuat konten mengekspresikan karya-karya mereka ke hadapan publik. Sementara di sisi pengguna, mereka mendapat banyak informasi menghibur dan edukatif.

Menurut laporan We Are Social, jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia tahun 2022 adalah 191,4 juta. Dengan masifnya jumlah pengguna, tidak mengherankan jika profesi sebagai pencipta konten semakin diminati.

Mengenal Apa Itu Content Creator

Mengenal Apa Itu Content Creator beserta Tips Suksesnya

Lantas, apa arti dari content creator? Berdasarkan penjelasan di KBBI, konten dapat dipahami sebagai informasi yang tersedia atau disajikan melalui media, platform, atau produk elektronik (digital).

Sedangkan creator berasal dari bahasa Inggris, artinya pencipta atau pembuat. Jika digabungkan, maka arti dari istilah ini adalah pembuat materi-materi berisi beragam informasi dan kemudian disebarkan ke media-media digital.

Baca juga: Pengertian Fresh Graduate, Keunggulan dan Peluang Kerjanya

Informasi harus semenarik mungkin dan memiliki nilai edukasi serta hiburan. Sehingga mampu menarik audiens untuk melihat dan menikmati konten tersebut. Sekilas, pekerjaan membuat konten terdengar mudah.

Namun, nyatanya tugas pekerjaan ini tidak sesederhana itu. Untuk memahami apa itu content creator secara tuntas, Anda juga perlu mengetahui apa saja tugas-tugas yang dikerjakan selama proses pembuatan konten.

Untuk menghasilkan konten berkualitas, ada beragam proses perlu dilakukan. Misalnya mencari ide, riset, membuat naskah, mengambil video atau foto, proses editing, dan sebagainya. Tentu saja proses tersebut menyesuaikan jenis konten masing-masing.

Di era digital, keberadaan kreator semakin dibutuhkan. Ini dikarenakan mayoritas instansi mulai dari badan usaha, perkantoran, instansi pendidikan, hingga instansi pemerintahan menjajaki dunia sosial media untuk berinteraksi dengan masyarakat.

Mereka tentu membutuhkan para kreator profesional kaya akan ide-ide segar, kreativitas tinggi, serta inovatif untuk menghasilkan materi terbaik. Sehingga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari promosi, branding, atau lainnya.

Selain itu, kreator juga eksis untuk dirinya sendiri. Anda tentu sudah tidak asing dengan berbagai YouTuber atau TikToker berseliweran di dunia maya. Mereka mengekspresikan kreativitasnya melalui berbagai karya untuk menghibur audiens.

Macam-Macam Content Creator yang Penting Anda Ketahui

Mengenal Apa Itu Content Creator beserta Tips Suksesnya

Diantara pembuat content, terdapat beberapa jenis-jenis content creator berbeda antara satu dengan lainnya. Jenis-jenis tersebut yaitu pembuat jaringan, penulis, pembicara, dan visualisator.

  1. Penggiat Jejaring

Secara sederhana, penggiat jejaring atau networker dapat diartikan sebagai jenis konten kreator memiliki pandangan dan pemikiran bahwa berbagi pelajaran serta ajaran merupakan kesempatan yang tidak ternilai.

Mereka menurut pandangan mereka, memperluas jangkauan profesional adalah keterampilan nyata dan praktis. Objektif utamanya bukanlah tentang apa yang mereka ketahui, tetapi siapa saja yang mereka kenal.

  1. Penulis

Apa itu content creator tipe penulis? Bagi sebagian orang tentu ini bukanlah profesi asing. Biasanya, tipe satu ini dikenal sebagai content writer. Karena materi yang dibuat memang dalam bentuk tulisan.

Writer membuat beragam content tertulis dan nantinya disebarluaskan melalui platform berbasis tulisan, misalnya blog. Kini berkembang juga para writer membuat materi dalam bentuk infografis dimana teks dipadukan dengan grafik bergambar. Ada pula yang mendaftar sebagai jasa penulis artikel dan mendapatkan hasil dari setiap artikel yang mereka tulis.

  1. Pembicara

Tipe pembicara atau speaker menikmati setiap kesempatan untuk berbagi seputar apa yang mereka ketahui melalui komunikasi verbal. Jenis kreator pembicara sangat cocok untuk materi berformat video.

Selain video, kini berkembang juga content jenis podcast. Karena mereka memiliki kemampuan berbicara cakap dan jelas. Jika ingin menjadi kreator pembicara, maka Anda perlu memiliki skill public speaking yang mumpuni.

  1. Visualisator

Kemudian, apa itu content creator tipe visualisator atau visualizer? Ini adalah kreator yang menjelaskan konsep dan idenya melalui media gambar. Mereka memiliki kreativitas serta kemampuan tinggi pada bidang visual.

Mereka senang mengekspresikan gagasan-gagasannya melalu media visual. Bentuk materi yang dibuat tentu berkaitan dengan hal-hal visual. Misalnya foto, gambar animasi, komik, sketsa, atau berformat video.

Untuk menjadi seorang visualisator, Anda memerlukan skill di bidang visual. Tidak harus menggambar secara manual. Kehadiran beragam teknologi membuat orang semakin mudah untuk mempelajari skill-skill yang dibutuhkan seorang visualisator.

Skill yang Dibutuhkan Pembuat Konten

Mengenal Apa Itu Content Creator beserta Tips Suksesnya

Untuk membuat content menarik dan disukai audiens, tentu dibutuhkan skill-skill tertentu. Berikut ini adalah beberapa skill yang perlu dimiliki seseorang jika ingin menjadi seorang kreator handal.

  1. Kemampuan Riset

Riset adalah skill yang wajib dimiliki oleh profesi ini. Riset yang baik membuat Anda mampu mendapatkan informasi dan data-data penting yang diperlukan dalam pembuatan materi. Mulai dari riset pasar, audiens, tren, dan riset lain sesuai kebutuhan materi.

  1. Manajemen Waktu

Manajemen waktu juga merupakan skill content creator yang tidak kalah pentingnya. Profesi ini biasanya dituntut untuk melakukan beberapa produksi dengan tenggat waktu tertentu. Sehingga mengharuskan Anda untuk pintar-pintar mengatur waktu.

  1. Kemampuan Menulis

Menulis menjadi salah satu skill yang diperlukan seorang creator. Karena Anda membutuhkan naskah, skrip, atau caption dalam memproduksi content. Pada pembuatan materi iklan, Anda memerlukan skill copywriting secara lebih spesifik.

Baca juga: Cara Membuat Google Drive dan Menggunakannya

  1. Fotografi atau Videografi

Jika Anda ingin memproduksi materi berformat foto maupun video yang berkualitas, maka skill fotografi atau videografi harus dimiliki. Peralatan memang mendukung hasil produksinya. Namun tanpa didasari skill, hasilnya tidak bisa maksimal.

  1. Editing

Kualitas konten sulit didapat jika kreator tidak membekali dirinya dengan skill editing. Editing adalah proses penting untuk memastikan konten Anda sudah sesuai keinginan serta memenuhi tujuan pembuatannya.

Sebagai contoh, dalam membuat artikel maka perlu proses editing untuk menghindari kesalahan pengetikan maupun isi artikel itu sendiri. Sedangkan konten foto atau video membutuhkan proses editing colour grading, cahaya, dan sebagainya.

  1. Search Engine Optimization (SEO)

Tidak hanya proses produksi, post production juga tidak kalah pentingnya. Dengan kemampuan SEO, content Anda berkesempatan menjangkau audiens secara maksimal. Ini tentunya sangat penting bagi kesuksesan bisnis.

Kiat Sukses Menjadi Kreator Konten

Lantas, bagaimana caranya menjadi kreator sukses di tengah banyaknya orang yang semakin berminat menggeluti bidang tersebut? Berikut adalah beberapa tips menjadi content creator sukses.

  1. Catat Semua Ide

Bagi seorang konten kreator, ide adalah harta berharga sehingga perlu dirawat baik-baik. Agar tidak kehilangan ide meskipun sekecil apapun, usahakan agar selalu mencatatnya. Anda bisa memanfaatkan fitur note hp atau menulisnya di buku kecil.

  1. Pelajari Audiens

Salah satu tolok ukur kesuksesan bisa dilihat dari audiens, baik itu kuantitas maupun kualitasnya. Maka, penting sekali mempelajari audiens Anda. Mulai dari usia, gender, apa kesukaan mereka, dan sebagainya.

  1. Utamakan Orisinalitas

Selain kualitas, penting juga memperhatikan orisinalitas. Orisinalitas adalah ‘senjata’ ampuh bagi kreator karena bisa menjadi ciri khas serta identitas Anda. Dengan begitu, orang akan lebih mudah mengenali dan mengingat Anda.

  1. Membangun Jejaring

Jangan lupa membangun, memperluas, serta memperkuat jejaring. Anda bisa memulainya dengan bergabung ke komunitas-komunitas kreator. Di sana, Anda dapat belajar banyak hal terkait bidang masing-masing.

Sebelum menjadi seorang creator sebuah konten, perlu dipahami jenis dan skill yang dibutuhkan. Setelah mengetahui apa itu content creator beserta jenis-jenis, skill, serta tips suksesnya, Anda bisa mewujudkan impian dan meraih kesuksesan di bidang ini.