Cara Bekerja Strategi Targeting Blog dan Manfaatnya

Dalam era digital saat ini, cara bekerja strategi targeting blog menjadi salah satu opsi metode pemasaran digital terbaik. Pemasaran digital atau digital marketing sendiri mengacu pada teknik mempromosikan suatu produk atau layanan melalui platform online/digital.

Contohnya seperti media sosial, website, atau blog tertentu di internet. Salah satu keunggulan utama dari metode ini yaitu bisa menjangkau target pasar secara lebih luas, sebab hampir semua orang saat ini sudah terhubung ke internet dengan mudah.

Itu sebabnya, targeting melalui blog menjadi salah satu upaya marketing plan atau rencana marketing paling strategis. Namun, ternyata masih banyak yang belum mengetahui sebenarnya seperti apa definisi serta cara kerjanya.

Padahal jika ditinjau secara lebih rinci, strategi ini bisa mendatangkan banyak sekali manfaat, terutama bagi bisnis. Contohnya yaitu bisa meningkatkan trafik, memperluas jangkauan, mendukung strategi promosi tertentu, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Apa Itu Strategi Targeting pada Blog?

Sebelum membahas terkait panduan cara kerjanya, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa definisinya. Pada dasarnya, hal ini mengacu pada pendekatan yang terencana dan terarah dalam menciptakan konten yang ditujukan kepada segmen tertentu secara spesifik.

Adapun tujuan utamanya adalah untuk menciptakan konten yang relevan serta menarik bagi target audiens, sehingga bisa meningkatkan keterlibatan, interaksi, bahkan konversi. Itu sebabnya, metode ini semakin banyak diterapkan oleh digital marketer secara luas.

Langkah-Langkah Cara Bekerja Strategi Targeting Blog

Meski tampak sederhana, namun mengembangkan blog secara sukses membutuhkan perencanaan serta pelaksanaan yang cermat. Sebagai solusi, berikut ini langkah-langkah untuk menerapkan cara kerjanya secara efektif agar bisa memperoleh hasil maksimal:

1. Tentukan Target Audiens

Tahap awal dalam menerapkan metode targeting blog adalah menentukan dengan jelas siapa target audiens Anda. Anda harus memahami dengan jelas siapa yang ingin dijadikan sebagai pengunjung blog serta apa minat dan kebutuhan mereka.

Misalnya jika blog tersebut berfokus pada makanan, maka target audiens potensial adalah para pencari resep, misalnya ibu-ibu rumah tangga. Mengidentifikasi target audiens ini adalah langkah penting agar bisa membentuk dasar dari seluruh strategi blogging Anda.

2. Pilih Topik yang Relevan

Setelah mengidentifikasi target audiens, langkah selanjutnya adalah memilih topik yang relevan dengan minat dan kebutuhan mereka. Misalnya, jika ingin menarik para pencari resep, pilihlah topik yang membahas berbagai resep makanan lezat dan bermanfaat.

Atau sebagai opsi lain, coba buatlah konten dengan topik lain namun masih berkaitan dengan dunia makanan. Misalnya tips membuat resep untuk diet, cara memasak makanan dengan sehat agar tetap bernutrisi, dan lain sebagainya.

Baca juga: Tujuan Perencanaan Pemasaran yang Wajib Diketahui Pebisnis

3. Pilih Kata Kunci

Penggunaan kata kunci yang tepat adalah elemen kunci dalam cara bekerja strategi targeting blog. Melalui keyword tertentu, suatu blog atau website bisa menarik audiens sesuai dengan targetnya.

Karena itu, penting untuk melakukan riset kata kunci berdasarkan search intent (maksud pencarian) dari sasaran audiens. Bila perlu, gunakan kata kunci secara spesifik, atau tambahkan keyword sisipan sebagai tambahan agar hasilnya semakin maksimal.

4. Lakukan Optimasi SEO

Dalam menerapkan strategi ini, sebaiknya optimalkan postingan konten artikel blog tersebut melalui teknis SEO (Search Engine Optimization). Sebab, SEO sangat berpengaruh terhadap visibilitas konten Anda di halaman pencarian Google.

Selain menggunakan kata kunci, optimasi SEO ini juga melibatkan aspek teknis lain seperti pemilihan judul artikel, meta deskripsi, dan struktur URL khusus. Penggunaan tag-heading serta pengaturan tautan (backlink) juga sangat efektif mendukung upaya optimasi SEO.

5. Bila Perlu, Manfaatkan Jasa Penulis Artikel

Bila merasa kesulitan dalam menciptakan konten ramah SEO sesuai target audiens tertentu, pertimbangkan untuk menggunakan jasa penulis profesional. Sebab mereka tentu sudah memiliki pemahaman maupun pengetahuan di bidang tersebut.

Selain itu, jasa penulis artikel berpengalaman tentu sudah memahami bagaimana cara menciptakan konten SEO friendly. Sehingga, upaya targeting blog Anda akan menjadi semakin maksimal tanpa perlu kesulitan membuat artikel blog sendiri.

6. Promosikan Konten Anda

Setelah kontennya siap, langkah berikutnya adalah mempromosikan artikel blog tersebut secara efektif. Sebagai contoh, coba gunakan media sosial untuk berbagi konten Anda dengan audiens lain.

Selain itu, pertimbangkan untuk mengirimkan email newsletter kepada pembaca atau pengunjung yang sudah ada. Sebaiknya, pilihlah strategi promosi terbaik sesuai dengan minat serta preferensi audiens Anda.

7. Analisis Hasil

Langkah terakhir sekaligus paling penting dalam menerapkan strategi ini pada blog adalah melakukan analisis terkait hasilnya. Sebagai solusi untuk mempermudah, Anda bisa memanfaatkan alat analisis khusus, misalnya Google Analytics.

Tinjaulah jumlah pengunjung, tingkat interaksi, hingga lama waktu yang mereka habiskan di blog tersebut. Hasil ini akan membantu untuk mengevaluasi efektivitas metode targeting tersebut sekaligus sebagai bahan evaluasi lebih lanjut.

Tips Menerapkan Cara Bekerja Strategi Targeting Blog

Agar cara kerja di atas semakin optimal, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Mulai dari memilih fokus niche tertentu hingga memanfaatkan tools khusus, berikut ini beberapa tipsnya:

  1. Selain memilih topik yang relevan, sebaiknya pertimbangkan untuk mempersempit fokus topiknya pada niche tertentu agar bisa menarik audiens dalam kategori lebih spesifik.
  2. Saat membuat konten, sebaiknya gunakan data serta statistik terkait sebagai alat memperkuat argumen Anda.
  3. Jangan takut untuk bereksperimen dengan menguji berbagai jenis gaya penulisan atau teknik blogging berbeda.
  4. Selalu lakukan evaluasi konten secara berkala, baik dari segi engagement, jumlah klik, peringkat di Google SERP, dan lain sebagainya.
  5. Sebaiknya, manfaatkan tools online agar bisa mempermudah proses evaluasinya. Bisa dengan memanfaatkan Yoast SEO, Google Keyword Planner, Google Analytics, Ubersuggest, SEMRush, dan masih banyak lagi pilihan tools blogging lainnya.

Manfaat Menerapkan Strategi Targeting pada Blog

Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda peroleh jika menerapkan cara bekerja strategi targeting blog dengan tepat. Mulai dari peningkatan engagement, konversi, trafik, dan lain sebagainya, berikut ini beberapa manfaatnya:

1. Meningkatkan Engagement (Keterlibatan)

Dengan menghasilkan konten blog yang relevan dengan sasaran audiens, maka engagement akan meningkat. Sebab audiens akan cenderung lebih aktif membaca, berbagi, hingga berinteraksi dengan konten tersebut.

2. Meningkatkan Konversi

Dalam lingkup bisnis, pelaku usaha yang menerapkan strategi ini sebagai bagian dari marketing plan bisa meningkatkan konversi. Baik itu dalam bentuk peningkatan penjualan maupun tindakan lain seperti pengunjung yang mendaftar ke newsletter.

3. Meningkatkan Trafik (Lalu Lintas) Organik

Dalam konteks blogging, trafik organik memiliki peluang lebih tinggi untuk menaikkan peringkat website blog tersebut di hasil pencarian mesin pencari seperti Google. Sehingga, semakin besar pula potensi meningkatnya pengunjung baru.

4. Menghemat Waktu dan Sumber Daya

Terakhir, pemanfaatan strategi ini juga bisa membantu Anda menghemat waktu dan sumber daya untuk menjangkau target audiens secara lebih luas. Sebab, mereka bisa mencapai blog Anda melalui internet jika mereka memiliki minat relevan sesuai niche blog Anda.

Jadi, targeting melalui blog dapat membawa banyak sekali manfaat, terutama jika diterapkan untuk bisnis. Karena itu, terapkan cara bekerja strategi targeting blog dengan tepat sesuai panduan lengkap di atas.