Cara Membuat Iklan Layanan Masyarakat yang Bagus

Penting untuk diketahui bagaimana cara membuat iklan layanan masyarakat yang bagus, supaya proses sosialisasi berjalan optimal. Pada dasarnya iklan layanan masyarakat masuk ke dalam iklan kategori non komersial, sehingga umumnya hanya berisi pesan dan informasi sosialisasi saja.

Iklan dapat digunakan untuk menginformasikan suatu hal kepada khalayak umum. Informasi yang perlu diangkat banyak, Anda bisa buat iklan sesuai dengan isu-isu di kehidupan sehari-hari. Di sini kita akan mencoba memahami lebih dalam mengenai iklan non komersial berbentuk edukasi.

Cara membuat iklan layanan masyarakat yang bagus itu simpel. Anda hanya perlu mengenali isu atau topik yang akan dibahas saja. Setelah memahami isu permasalahannya, silakan buat konsep jalan cerita iklan sosialisasi berdasarkan topik yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

Pengemasan harus bagus dan rapi, supaya iklan tersebut bisa diterima oleh khalayak umum. Pada saat membuat iklan, Anda harus tahu teknik sinematografi yang menjelaskan suatu informasi. Hal itu akan sangat membantu, terutama untuk memperdalam pesan yang sedang diberikan.

Cara Membuat Iklan Layanan Masyarakat

Perlu diingat, iklan layanan masyarakat dan iklan komersial didasari dengan konsep berbeda. Iklan layanan masyarakat lebih sering memperdalam isu-isu yang sedang dihadapi oleh banyak orang. Sedangkan komersial ditujukan hanya untuk mencari keuntungan dari pesan di dalamnya.

Cara membuat iklan layanan masyarakat bisa diketahui dari beberapa poin berikut ini. Meskipun konsepnya mirip pembuatan komersial, namun tahap dan tujuan produksi jauh berbeda. Kali ini kita akan memahami bagaimana teknik produksi yang baik untuk iklan layanan masyarakat.

Baca juga: Cara Membuat Iklan Efektif dan Berkualitas

Berikut ini beberapa hal yang perlu dipelajari dari tahap produksinya :

1. Menentukan Tujuan

Ketika ingin membuat iklan sosialisasi layanan masyarakat, Anda perlu menentukan tujuannya terlebih dahulu. Anda ingin menggunakan pesannya untuk apa, apakah itu meningkatkan nilai kehidupan, kesadaran tentang isu sosial, mendorong tindakan atau dukungan masyarakat.

Semua aspek kehidupan bisa dijadikan sebagai fondasi pembuatan iklan layanan masyarakat. Dengan menentukan tujuan yang jelas, arah produksinya semakin terarah dan terstruktur. Di dalam pembuatan alur cerita dan pengambilan gambar, arahkan sesuai tujuan utamanya.

2. Mengenali Target Audiens

Setelah menentukan tujuannya, jangan lupa untuk mengenali target audiens sosialisasi Anda. Target audiens selalu dibedakan berdasarkan segmentasi pasar dan tujuan sosialisasi. Jangan salah, cara membuat iklan efektif juga menerapkan riset target audiens terlebih dulu.

Konsepnya seperti dua anak lebih baik yang ditargetkan kepada keluarga berencana. Iklan KB (Keluarga Berencana) memiliki tujuan dan target yang jelas. Oleh sebab itu ketika Anda ingin mengangkat isu atau edukasi tertentu, kenali targetnya dulu agar informasinya jelas.

3. Tingkatkan Kualitas Visualisasi

Dalam proses produksi, jangan mengambil gambar secara asal-asalan. Gunakan sinematografi yang baik, supaya audiens merasa tertarik untuk melihat videonya sampai selesai. Jika mereka mau menonton sampai selesai, maka kampanye sosialisasinya berjalan secara efektif.

Salah satu cara membuat iklan layanan masyarakat yang baik ialah optimalkan visualisasinya. Tekniknya simpel, pelajari saja sinematografi untuk film pendek dan komersial. Sinematografi sangat dibutuhkan untuk membungkus alur cerita yang berisikan pesan-pesan moral.

Baca juga: Cara Membuat Iklan di Facebook Bersponsor dan Menarik

4. Masukkan CTA

Jangan lupa ketika merancang naskah iklan, masukkan Call to Action (CTA) ke dalamnya. Pada dasarnya CTA merupakan kalimat yang mendorong audiens untuk ikut berinteraksi. Susunan kalimat yang tepat dapat menggerakkan hati pemirsa, karena nilai persuasifnya kuat.

Penggunaan CTA jangan terlalu santai, kalimatnya harus dibuat sekuat mungkin. Semakin baik CTA pada iklan layanan masyarakat, maka akan makin efektif juga program sosialisasinya. Dari CTA, audiens jadi tahu harus berbuat apa setelah mereka mendapatkan informasi.

5. Memilih Format Iklan

Di dalam cara membuat iklan layanan masyarakat, ada unsur penting yang harus diutamakan yaitu format publikasinya. Pilih salah satu formatnya baik itu video, poster, media sosial atau radio. Setiap format iklan memiliki bentuk yang berbeda-beda di bagian tahap produksinya.

Contoh video harus dioptimalkan penekanan visualisasinya, poster dan media sosial dari nilai desain yang dibuat. Sedangkan radio harus menekankan penyampaian pesannya seperti CTA. Format iklan juga harus disesuaikan target audiens agar kampanye berjalan secara efektif.

6. Up to Date

Sebelum membuat iklan, pastikan Anda riset terlebih dahulu mengenai isu yang sedang ramai dibicarakan saat itu. Isu-isu panas terdengar efektif jika dijadikan sebagai acuan iklan. Masyarakat juga pasti akan tertarik dengan topik yang sedang diangkat.

Lakukan riset dan jangan ragu untuk mengangkat isu yang sedang panas saat itu juga. Contoh ketika masa pandemi di tahun 2020, banyak iklan sosialisasi tentang menjaga jarak aman. Dari situ kita tahu, bagaimana cara membuat iklan layanan masyarakat di kondisi tertentu.

7. Melakukan Kolaborasi

Iklan terasa semakin efektif jika Anda berkolaborasi dengan pihak-pihak tertentu. Misalkan di saat ada banyak berita tentang kecelakaan lalu lintas karena kelalaian dalam berkendara. Jika Anda berani menggandeng pihak kepolisian, dijamin iklannya akan terasa lebih efektif.

Masyarakat juga akan tertarik untuk melihat pesan yang sedang Anda sampaikan. Manfaatnya terasa bagi khalayak umum, karena berhubungan dengan keselamatan berkendara. Dengan cara membuat iklan layanan masyarakat, Anda bisa buat proposal untuk ajakan kolaborasi.

8. Tambahkan Media Online

Jika ingin iklannya lebih efektif dan menjangkau banyak orang, gunakan media Online. Melalui situs atau website, Anda dapat menyampaikan pesan sosialisasi secara terbuka. Gunakan jasa penulis artikel untuk membuat informasi yang berhubungan dengan iklan Anda.

Artikel di media Online memiliki segmentasi pasarnya sendiri, oleh sebab itu efisiensi program sosialisasinya meningkat. Semakin banyak audiens yang dijangkau, makin berhasil juga tahap sosialisasinya. Di zaman sekarang, semua platform harus dimanfaatkan dengan baik.

9. Optimalkan Pesan Sosialisasi

Proses pembuatan iklan layanan masyarakat memerlukan berbagai tahap perencanaan. Salah satunya membuat naskah pesan sosialisasi agar informasinya tersampaikan dengan baik. Saat membuat naskah, jangan menggunakan bahasa yang bertele-tele dan sulit dipahami.

Hal ini perlu diperhatikan, karena pesan jadi unsur penting di dalam iklan layanan masyarakat. Tanpa pesan yang baik, program sosialisasi Anda tidak akan berjalan optimal. Oleh sebab itu, buatlah naskah yang mudah dipahami dan mampu menjangkau audiens dengan baik.

10. Gunakan Tagline

Cara membuat iklan layanan masyarakat yang terakhir ialah memanfaatkan Tagline. Tren itu memiliki dampak yang besar dalam proses penyampaian informasi. Masalah, topik, isu hingga tingkat kepedulian audiens, semuanya dapat diperkuat dengan adanya Tagline.

Ketika Anda mengunggah iklannya secara publik, jangan lupa untuk memberikan tagline. Hal ini akan sangat membantu, terutama untuk menyebarkan informasi yang diperlukan. Produksi dan pasca produksi memiliki tahapannya sendiri-sendiri, jadi Anda harus mengetahuinya.

Itulah seluruh proses pembuatan iklan yang perlu Anda pelajari. Caranya itu simpel, tapi penerapannya butuh keahlian khusus agar hasilnya sempurna. Selama Anda paham acuan dasarnya, pasti iklan sosialisasi layanan masyarakat dapat tersampaikan dengan baik.

Dari tahap perencanaan, produksi hingga pasca produksi, cara buat iklannya terlihat mudah. Oleh sebab itu, pelajari setiap cara membuat iklan layanan masyarakat di atas jika Anda ingin hasilnya optimal dan dapat memberikan dampak positif bagi khalayak umum.