Contoh Copywriting Soft Selling untuk Penawaran Produk

Mencari tahu sebanyak mungkin berbagai contoh copywriting soft selling dapat menjadi referensi bagi Anda sebagai seorang copywriter. Memiliki situs bisnis yang dibangun sendiri maupun situs perusahaan sama-sama butuh upaya untuk membuat situs ke halaman pertama.

Dalam dunia bisnis, bukan hal aneh ketika Anda menemukan banyak kompetitor dalam bidang sejenis. Untuk menghadapinya butuh strategi, seperti menerapkan penulisan copy untuk menawarkan produk maupun jasa dari perusahaan.

Berbagai Contoh Copywriting Soft Selling

Simak berbagai contoh dari copywriting soft selling beberapa produk berikut ini sebagai acuan ketika Anda ingin membuat yang sejenis. Di bawah ini adalah penulisan copy dari beberapa brand yang produknya beragam:

1. Contoh Copywriting Soft Selling Wardah

Contoh Copywriting Soft Selling untuk Penawaran Produk

 

Wardah adalah salah satu brand kosmetik ternama Indonesia yang menyajikan penawaran dengan menarik. Tagline sebagai kosmetik halal menjadi jaminan bagi mayoritas masyarakat Muslim di Indonesia. Mengingat banyak isu penggunaan minyak babi pada kosmetik.

Isi tulisan dari iklan Wardah ini tidak secara langsung meminta orang untuk membeli dan menggunakan produknya. Wardah hanya fokus terhadap manfaat, seperti kulit glowing, sehat, dan berkilau setiap hari.

Salah satu contoh copywriting soft selling dari Wardah ini bisa menjadi referensi untuk membuat copy sejenis. Penggambaran terkait manfaat produk dapat diterapkan pada jenis penawaran apa saja, baik itu sama-sama kosmetik atau produk bukan kosmetik.

Baca juga: Perbedaan Content Marketing and Copywriting Perlu Diketahui

2. Penulisan Copy BCA

Contoh Copywriting Soft Selling untuk Penawaran Produk

Layanan Perbankan BCA juga memberikan penawaran secara halus untuk menarik nasabah. Salah satu bank di Indonesia ini memang terkenal dengan pelayanannya yang bagus. Hal itu sepertinya tidak terlepas dari keberhasilan copywriting dari tim copywriternya.

Alih-alih mengajak orang secara langsung untuk menggunakan BCA, BCA justru membicarakan masa depan dan investasi. Dua hal yang membuat orang berpikir kesejahteraan untuk masa depan menjadi daya tarik untuk gunakan BCA.

Gaya bahasa dari BCA bisa menjadi salah satu contoh copywriting soft selling yang berupaya menarik pelanggan tanpa meminta secara langsung. BCA lebih memilih menyentuh emosi audiens dalam kebaikan, seperti kesejahteraan di masa depan untuk diri dan keluarga.

3. Penulisan Copy Indomie

Contoh Copywriting Soft Selling untuk Penawaran Produk

Produk lainnya yang menerapkan sistem penawaran secara halus adalah makanan instan Indomie. Tagline Indomie Seleraku pasti sudah tidak asing di telinga. Selama bertahun-tahun Indomie merajai pasar mie instan di Indonesia di pasar modern maupun pasar tradisional.

Indomie juga tidak secara lugas meminta audiens untuk membeli produknya. Indomie hanya menyatakan kelebihan, seperti hidangan istimewa serta lezat dengan sajian khas Nusantara. Penggunaan kata autentik menjadi penegas sekaligus pengganti kalimat ajakan membeli.

Salah satu contoh copywriting soft selling ini bisa menjadi acuan untuk Anda menulis copy dengan konsep sejenis. Produknya boleh berbeda, namun penulisan kelebihan dan ciri khas produknya bisa ditiru sambil disesuaikan dengan spesifikasi produk secara mendetail.

4. Penulisan Copy Tokopedia

Contoh Copywriting Soft Selling untuk Penawaran Produk

Platform ecommerce Tokopedia juga termasuk salah satu perusahaan yang menerapkan penulisan copy dengan penawaran halus. Tokopedia menjadi payung untuk banyak UMKM menjual produknya secara online sehingga Tokopedia harus berupaya keras untuk datangkan pengunjung.

Soft selling dari Tokopedia adalah menjelaskan ecommerce secara detail, seperti mengadakan produk lokal maupun impor. Judul bukan sekadar belanja menjadi salah satu pembeda antara Tokopedia dengan berbagai ecommerce lainnya.

Jika ingin membuat tulisan copy menarik seperti Tokopedia, Anda dapat memanfaatkan jasa penulis artikel profesional. Contohnya, menggunakan jasa penulis dari artikel.co.id di mana Anda dapat menjelaskan apa jenis bisnisnya kemudian apa yang ingin dicapai dari tulisan.

5. Penulisan Copy Gojek

Contoh Copywriting Soft Selling untuk Penawaran Produk

Platform yang termasuk startup Gojek juga termasuk salah satu contoh terbaik untuk jenis penawaran halus. Platform yang awalnya berguna untuk layanan antar jemput pelanggan, sekarang bisa digunakan untuk antar pesan makanan, kirim barang, dan sebagainya.

Gojek menonjolkan layanan yang mempermudah pelanggan dalam banyak hal. Semua seolah bisa dilakukan dalam satu genggaman, cocok sekali dengan karakteristik orang modern.

Sebagai salah satu contoh copywriting soft selling, Gojek bisa menjadi referensi untuk Anda menulis dengan gaya serupa. Produknya boleh berbeda, namun gaya bahasanya boleh sama. Bukan hal mudah memberikan penawaran secara tersirat, kecuali oleh penulis profesional.

6. Penulisan Copy Sari Roti

Contoh Copywriting Soft Selling untuk Penawaran Produk

Siapa tidak tahu merek Sari Roti? Salah satu merek roti yang produknya sudah menyebar ke seluruh Indonesia. Anda dengan mudah menemukannya dari warung, minimarket, juga melalui pedagang keliling yang biasanya menawarkan roti saat pagi maupun sore hari.

Sari Roti mengangkat isu keluarga dalam penawarannya dan tidak secara langsung meminta orang membeli. Sentuhan emosi melibatkan keluarga membuat Sari Roti menjadi merek pilihan bagi ibu rumah tangga dan menyebar ke semua orang.

Sari Roti merupakan salah satu contoh copywriting soft selling yang berhasil karena kekuatan copynya. Selain tentunya kualitas rotinya memang bagus sehingga orang tidak sulit memutuskan untuk membeli Sari Roti di antara banyaknya pilihan merek roti.

Baca juga: Berbagai Cara Membuat Copywriting yang Efektif dan Menjual

7. Penulisan Copy Telkomsel

Contoh Copywriting Soft Selling untuk Penawaran Produk

Provider telekomunikasi Telkomsel juga termasuk raksasa dalam bisnis provider di Indonesia. Semakin berkembangnya zaman, makin banyak juga provider yang menawarkan tarif lebih murah dan sinyal lebih kuat. Namun, sampai sekarang Telkomsel masih bertahan.

Salah satu trik Telkomsel merajai bisnis telekomunikasi adalah pendekatan emosi mengenai cinta. Cinta dan putus adalah dua hal yang berdekatan namun memiliki emosi berbeda. Satu kata kunci ajaib yang digaungkan Telkomsel adalah penghubung komunikasi.

Telkomsel memiliki jaringan terluas di Indonesia, sinyalnya menyebar ke lebih banyak tempat. Penerapan contoh copywriting soft selling oleh Telkomsel ini dapat menjadi referensi bagi Anda untuk menuliskan copy semenarik mungkin sesuai dengan produknya.

8. Penulisan Copy Aqua

Contoh Copywriting Soft Selling untuk Penawaran Produk

Berikutnya ada produk air mineral Aqua yang pasarnya sangat luas di Indonesia. Sekalipun banyak merek bermunculan, namun Aqua sepertinya berhasil menjadi center untuk produk air mineral. Orang bahkan menyebut semua merek air mineral sebagai Aqua.

Keberhasilan Aqua tersebut merupakan keberhasilan dari cara membuat copywriting oleh profesional. Semakin andal copywriternya maka semakin bagus juga hasil tulisan yang dipublikasikan. Kualitas tulisan berpengaruh terhadap citra perusahaan dan kualitas barang.

Aqua tidak secara langsung meminta orang untuk membeli, tetapi Aqua menjelaskan kesegaran dan kemurnian melalui produknya. Dua kata kunci ajaib ini menjadi salah satu alasan Aqua tetap menjadi raksasa di tengah banyaknya kompetitor.

Delapan contoh copy di atas datang dari berbagai jenis produk. Intinya sama, semua tidak menggunakan kalimat langsung untuk mempengaruhi orang. Alih-alih menerapkan ajakan, seperti ayo, mari, dan sebagainya, perusahaan lebih fokus pada kelebihan produk.

Selain fokus pada kelebihan juga fokus pada manfaat dan penjelasan detail produknya. Pembahasan fokus pada produk menjadi daya tarik sekaligus contoh copywriting soft selling terbaik dan efektif yang mampu menarik pelanggan secara organik dan cepat.