Pengertian Perencanaan Pemasaran, Unsur-Unsur, dan Fungsinya

Pengertian perencanaan pemasaran perlu diketahui oleh setiap marketer maupun pebisnis atau pemilik perusahaan. Sebab, marketing atau pemasaran adalah komponen esensial yang menjadi fondasi kuat bagi strategi bisnis secara keseluruhan.

Tanpa rencana marketing, Anda tidak bisa menetapkan tujuan serta strategi promosi untuk memasarkan produk atau layanan yang ditawarkan. Itu sebabnya, komponen ini berperan penting dalam membantu mengidentifikasi risiko serta potensi hambatan saat berbisnis.

Sebab, perencanaan pemasaran atau marketing plan adalah dasar untuk memperoleh data serta informasi kuat bagi manajemen dalam mengambil keputusan bisnis tertentu. Dengan rencana terstruktur, maka Anda dapat mengalokasikan sumber daya secara lebih efisien.

Sehingga secara garis besar, perencanaan marketing merupakan panduan utama bagi seluruh tim perusahaan atau bisnis dalam menjalankan kegiatan pemasaran. Sehingga, hasinya akan sesuai dengan strategi yang telah ditetapkan sejak awal.

Pengertian Perencanaan Pemasaran Menurut Para Ahli

Sebelum membahas terkait definisi rencana marketing secara umum, sebaiknya ketahui dulu bagaimana para ahli mendefinisikan istilah satu ini. Berdasarkan pendapat dari para ahli di bidang bisnis, berikut ini beberapa pengertiannya secara rinci:

1. Menurut Philip Kotler

Philip Kotler dikenal sebagai seorang penulis sekaligus konsultan dan profesor terkenal di bidang marketing Amerika Serikat. Hingga saat ini, ia sudah merilis lebih dari 80 buku yang kebanyakan membahas tentang manajemen marketing hingga prinsip-prinsipnya.

Menurut Philip Kotler, rencana marketing atau marketing plan merupakan salah satu output (keluaran) paling utama dari proses perencanaan. Dimana perencanaan tersebut dibuat dengan tujuan merespon perubahan kondisi.

2. Menurut Freddy Rangkuti

Selanjutnya adalah pendapat dari Freddy Rangkuti, yaitu seorang penulis buku yang berfokus membahas tentang manajemen, bisnis, leadership, hingga marketing. Buku-bukunya banyak dijadikan sebagai pedoman bagi para pebisnis maupun mahasiswa Indonesia.

Dalam salah satu bukunya yaitu “Creating Effective Marketing Plan”, pengertian perencanaan pemasaran menurut Freddy Rangkuti adalah sebuah strategi. Dimana strategi ini disusun untuk mengantisipasi terjadinya beberapa hal.

Termasuk untuk mengantisipasi pengaruh dari kebijakan ekonomi, meningkatnya peran pelanggan dalam hal mengambil keputusan pembelian, hingga pengembangan produk. Termasuk pula pengaruh dari persaingan dan misi perusahaan yang harus diterapkan.

3. Malcolm McDonald

Malcolm McDonald adalah seorang pengajar asal Inggris yang menjadi profesor marketing pertama pembuat aplikasi untuk iPhone. Hingga saat ini, ia sudah menulis banyak sekali buku tentang pemasaran, baik dari segi perencanaan, segmentasi, dan lain sebagainya.

Menurut Malcom McDonald, pengertian rencana marketing adalah sebuah proses manajemen berupa urutan logis dari serangkaian aktivitas tertentu. Dimana aktivitas tersebut merujuk pada tujuan pemasaran, serta membuat rumusan rencana untuk meraih tujuan.

Baca juga: Panduan Tahapan Marketing untuk Memaksimalkan Bisnis

Pengertian Perencanaan Pemasaran Secara Umum

Dari berbagai definisi menurut para ahli tersebut, dapat disimpulkan seperti apa pengertiannya secara umum. Yaitu, rencana pemasaran adalah proses menyusun rencana dan strategi secara terstruktur untuk mempromosikan produk atau layanan.

Tujuan utamanya adalah untuk mendistribusikan produk/layanan tersebut kepada target pasar yang tepat. Adapun tujuan lainnya adalah untuk mencapai tujuan bisnis, meningkatkan penjualan, hingga memenangkan persaingan di pasar.

Itu sebabnya, rencana ini harus melibatkan analisis menyeluruh terhadap berbagai aspek dalam bisnis. Termasuk analisis terhadap kondisi pasar, pesaing atau kompetitor, konsumen, hingga lingkungan eksternal perusahaan.

Unsur-Unsur dalam Rencana Pemasaran

Berdasarkan pengertian di atas, bisa diidentifikasi bahwa rencana marketing terdiri dari beberapa unsur tertentu. Mulai dari tujuan hingga budget atau anggaran, berikut ini rincian dari berbagai unsur-unsurnya:

1. Tujuan dan Target yang Harus Dicapai

Menentukan tujuan dan target yang harus dicapai adalah langkah penting dalam merencanakan pemasaran. Tujuan yang jelas dan terukur akan membantu perusahaan untuk mensukseskan campaign marketing serta membuat perubahan jika diperlukan.

Tujuan ini haruslah mencakup SMART, yaitu Specific, Measurable, Actionable, serta Relevant dan Time Bound. Maksudnya, tujuan tersebut harus bersifat spesifik, terukur, terjangkau, relevan, serta berbatas waktu agar bisa dicapai secara realistis.

Dengan menetapkan target yang tepat, Anda dapat memfokuskan upaya pemasaran pada segmen paling potensial. Ini memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya sekaligus merancang pesan promosi secara lebih efektif.

2. Konten Promosi

Konten promosi adalah elemen vital dalam merencanakan pemasaran. Pemilihan jenis konten yang tepat sesuai dengan target pasar merupakan langkah penting dalam menciptakan daya tarik dan keterlibatan (engagement) targer pasar secara optimal.

Sebagai contoh, apabila target pasar adalah kalangan anak muda, strategi pemasaran melalui media sosial serta website mungkin lebih relevan. Salah satu contoh solusinya, Anda bisa memanfaatkan jasa penulis artikel untuk membuat konten sesuai target pasar tersebut.

Pemilihan jenis konten promosi juga akan berkaitan dengan branding sebagai bagian dari perusahaan. Oleh karena itu, konten tersebut harus mencerminkan gaya, nilai, dan pesan yang ingin disampaikan kepada konsumen.

3. Kompetitor

Mengenali kompetitor adalah elemen kunci dalam merencanakan pemasaran secara efektif. Hal ini sesuai dengan pengertian perencanaan pemasaran menurut Freddy Rangkuti yang menyebut bahwa pengaruh dari persaingan pasar juga harus diantisipasi.

Analisis terhadap kompetitor akan membantu bisnis untuk memahami kondisi persaingan di pasar. Sehingga, Anda bisa mengidentifikasi keunggulan dari bisnis sendiri, serta mengatasi potensi ancaman dari pesaing.

Dengan memiliki pemahaman tentang kondisi bisnis kompetitor, perusahaan dapat merancang strategi pemasaran lain secara lebih unik sekaligus efektif. Sehingga, konsumen atau target pasar bisa menemukan faktor pembeda antara usaha Anda dengan pesaing.

4. Budget

Unsur terakhir namun tidak kalah penting adalah budget atau anggaran. Dengan mengalokasikan sumber daya finansial secara tepat, perusahaan dapat memastikan bahwa rencana marketing dapat dijalankan sesuai dengan ekspektasi.

Karena itu, pastikan untuk menentukan anggaran yang dibutuhkan untuk setiap aspek pemasaran sedetail mungkin. Ini penting untuk membantu menghindari pemborosan sekaligus mengoptimalkan penggunaan dana.

Selain menetapkan jumlah budget, penting juga untuk selalu memonitor serta mencatat pengeluaran untuk marketing. Hal ini dilakukan agar Anda dapat melakukan penyesuaian jika diperlukan, atau jika terjadi kendala tertentu.

Beberapa Fungsi dari Merencanakan Pemasaran

Dari pengertian perencanaan pemasaran serta unsur-unsur utamanya di atas, jelas bahwa rencana marketing adalah hal yang sangat penting bagi suatu bisnis. Secara lebih rinci, fungsi utama dari perencanaan ini adalah sebagai berikut:

  1. Membantu menyusun strategi pemasaran yang efektif, sebab rencana ini akan memberikan kerangka kerja terstruktur untuk mengidentifikasi target pasar sekaligus merencanakan taktik promosi tertentu.
  2. Sebagai pedoman evaluasi kinerja bisnis dan pemasaran, sehingga Anda bisa mengukur pencapaian terhadap tujuan pemasaran dengan mudah.
  3. Sebagai alat mempersiapkan bisnis untuk menghadapi perubahan serta dinamika pasar. Dengan rencana terstruktur, maka perusahaan akan lebih siap untuk merespon perubahan tren konsumen, perubahan kompetitor, dan lain sebagainya.
  4. Membantu perusahaan menetapkan skala prioritas serta alokasi sumber daya secara bijak. Ini penting untuk memastikan bahwa upaya pemasaran difokuskan pada kegiatan yang memiliki dampak signifikan terhadap jalannya bisnis.

Jadi, jelas bahwa berbagai fungsi tersebut dapat memberi banyak dampak positif bagi perusahaan atau bisnis Anda. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui pengertian perencanaan pemasaran serta unsur-unsur di dalamnya.