Apa yang Dimaksud Copywriting dan Peranannya dalam Situs

Pahami apa yang dimaksud copywriting dan peranannya dalam situs, terutama situs belanja online. Penulisan untuk mempromosikan suatu barang atau memperkenalkan brand menjadi hal penting dalam mendorong bisnis, setidaknya situs bisnisnya hadir di halaman 1 Google.

Sekarang dalam melakukan bisnis bukan hanya bisa menerapkan strategi konvensional. Seiring perkembangan zaman, pebisnis juga harus melek teknologi dan mulai melebarkan sayap ke dunia digital. Nantinya tentu akan banyak pesaing, baik dari situs maupun produk.

Apa yang Dimaksud Copywriting?

Dalam mendukung sebuah bisnis di dunia digital, penjelasan mengenai apa yang dimaksud copywriting harus dipahami dengan seksama. Copywriting adalah tulisan berisi materi promosi terkait sebuah produk maupun jasa yang mempengaruhi orang untuk transaksi.

Definisi transaksi ini beragam, bisa membeli produk, melakukan sumbangan, melakukan sesuatu seperti klik link, dan tindakan lainnya. Teknik penulisan ini dilakukan oleh perusahaan melalui seorang copywriter yang mampu mengemas tulisan dengan kreatif.

Kreativitas tulisan ini secara halus akan memberikan kalimat ajakan atau persuasif kepada para pembaca. Balutan persuasif yang halus akan menyentuh hati sehingga menghindari kemungkinan pembaca merasa dibebani untuk melakukan sesuatu atau membeli sesuatu.

Sampai sini sudah jelas apa yang dimaksud copywriting dan peranannya untuk bisnis. Nantinya pekerjaan ini akan menghasilkan profesi bernama copywriter. Ibaratnya jika bisnis konvensional memiliki tim marketing, maka bisnis digital memiliki profesi seorang copywriter.

Seorang copywriter dituntut untuk mampu menyentuh pelanggan dari jarak jauh melalui tulisan. Tidak heran jika perusahaan menetapkan kualifikasi khusus kepada para pelamar yang akan menempati posisi sebagai seorang copywriter.

Baca juga: Cara Kerja Copywriter yang Menghasilkan Tulisan Kreatif

Formula AIDA dalam Tulisan

Secara teknis, seorang copywriter harus menerapkan formula dalam kontennya. Formula ini menjadi dasar untuk mengembangkan tulisan sehingga lebih mudah dianalisis dan dievaluasi untuk memperbaiki kualitas tulisan selanjutnya.

Formula copywriting yang juga akan diterapkan oleh jasa penulis artikel disebut sebagai AIDA. AIDA adalah Attention, Interest, Desire, and Action, di mana penjelasan mengenai keempatnya adalah:

1. Attention

Tantangan bagi seorang penulis dalam konteks ini adalah harus mampu menarik atensi atau perhatian pembaca dalam waktu kurang dari 10 detik. Ini kenapa sebuah tulisan harus dibuat sesingkat mungkin dengan informasi yang padat dan jelas.

2. Interest

Tantangan lainnya adalah mengalihkan dari bentuk atensi ke minat. Penulis memiliki keharusan untuk mengajak pembaca memiliki minat terhadap produk maupun jasa tertentu. Tentunya pemilihan kalimat mesti dibuat sehalus mungkin agar tidak terkesan memaksa.

3. Desire

Jika sudah berhasil sampai tahapan penarikan minat, selanjutnya bagaimana tulisan dibuat semenarik mungkin sampai pembaca merasa membutuhkan produk yang ditawarkan. Dengan memahami apa yang dimaksud copywriting secara tepat, penulis bisa melakukannya.

4. Action

Terakhir dari keseluruhan formula sebuah tulisan untuk mempromosikan suatu produk dan jasa adalah membuat orang melakukan sesuatu. Di tahap akhir ini tujuannya orang bisa melakukan transaksi, melakukan klik link tertentu, menyumbang untuk amal, dsb.

Empat formula wajib di atas menjadi tantangan besar bagi penulis untuk menyingkirkan skeptis pembaca. Saat orang tahu tujuan konten untuk promosi barang, biasanya proses membaca hanya akan selewat, kecuali menggunakan prinsip sepuluh detik tadi.

Tips Menulis dengan Baik

Sudah memahami apa yang dimaksud copywriting dan mencari tahu formulanya secara detail. Sekarang mari bahas tips bagi para pemula dalam menjalani karirnya sebagai copywriter. Profesi ini sedang banyak dibutuhkan, maka coba simak tips berikut:

1. Perbanyak Sumber untuk Menulis

Tips pertama yang harus dilakukan semua copywriter dari berbagai tingkatan adalah terus memperbanyak sumber untuk menulis. Belajar setiap hari dapat meningkatkan kompetensi dan memudahkan penulis untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan zaman.

2. Belajar Melalui Iklan

Tantangan terbesar seorang copywriter adalah menyajikan informasi sesingkat mungkin kepada audiens. Anda dapat mempelajari sebanyak mungkin slogan iklan sebagai referensi untuk memahami pola penulisan yang menarik dan menjual.

3. Terus Latihan Menulis

Tips berikutnya adalah terus latihan menulis, sebaik apapun kemampuan Anda. Karena hanya yang rajin mengupgrade diri yang akan berkembang dan dibutuhkan perusahaan. Kemampuan dalam cara membuat copywriting secara menarik menentukan jenjang karir.

4. Mempelajari Dasar Copywriting

Jenis tulisan ada banyak, salah satunya copywriting yang tidak bisa disamakan dengan menulis artikel biasa. Setiap jenis memiliki dasar penulisan berbeda sehingga jika ingin menjadi copywriter maka Anda wajib mempelajari dasar copywriting dengan baik.

Empat tips di atas bukan hanya berguna bagi para pemula, tetapi juga bagus untuk profesional. Kerap kali orang merasa sudah mahir lalu lupa belajar sampai akhirnya tersalip oleh pendatang baru karena memiliki kesadaran dan kemauan untuk terus belajar.

Prospek Kerja Seorang Copywriter

Kenapa kita harus mempelajari copywriting dan memahami benar apa yang dimaksud copywriting? Karena melihat peluang bisnis di dunia digital sekarang ini, prospek sebagai seorang copywriter terbuka lebar.

Seiring dengan semakin maraknya bisnis online, otomatis strategi pemasaran digital juga banyak dibutuhkan. Butuh orang yang kompeten untuk mendorong branding maupun penjualan produk secara online.

Seorang pebisnis digital butuh usaha lebih untuk meyakinkan pembeli bahwa produknya layak dan bagus. Sementara pelanggan tidak memegang dan melihat barangnya secara langsung maka tulisan agaknya dapat menjadi alat untuk meyakinkan pelanggan.

Profesi sebagai seorang copywriter bisa Anda terapkan pada bisnis online sendiri atau bekerja di perusahaan tertentu. Mempelajari apa yang dimaksud copywriting adalah sebuah keharusan yang perlu diupdate setiap waktu agar sesuai dengan tuntutan zaman.

Prospek kerja pada profesi ini terbuka lebar, Anda juga bisa menemukan banyak pelatihan agar sumber daya manusianya siap kerja. Karena menulis untuk promosi dengan menulis jurnal ilmiah maupun menulis karya fiktif tentu berbeda jauh.

Biasanya perusahaan yang membidik copywriter adalah perusahaan jual beli, di mana perusahaan butuh pembeli baru. Jika tidak melakukan transaksi, setidaknya pembaca jadi kenal dan teredukasi dengan berbagai produk dari perusahaan.

Alasan Kenapa Copywriting Itu Penting

Jadi, kenapa sebuah tulisan dengan teknik khusus seperti ini menjadi begitu penting dalam mendukung operasional bisnis online? Setelah memahami apa yang dimaksud copywriting dengan baik, tidak sulit bagi Anda menjawab pertanyaan tersebut.

Mari bedah dan pahami bahwa setiap jenis tulisan memiliki tujuan berbeda. Ada yang tujuannya hanya memberikan informasi, seperti berita. Ada juga tulisan dengan tujuan untuk membuat orang melakukan sesuatu, dalam hal ini termasuk copywriting.

Sajian tulisan informatif dengan persuasif berbeda, di mana sebuah bisnis online tidak mungkin menggaet pelanggan jika tulisannya hanya informatif. Namun, tantangan ketika menulis secara persuasif adalah menghindari kesan memaksa untuk membeli sesuatu.

Semua orang bisa menulis, tetapi hasil tulisannya belum tentu memenuhi standar copywriting. Sementara copywriting sendiri memegang peran penting untuk memperkenalkan perusahaan maupun menyebarkan informasi terkait produk baru dan lama.

Semakin mahir seseorang dalam dunia penulisan kreatif serta persuasif, semakin mudah untuk menambah pelanggan. Butuh pemahaman mendalam terkait apa yang dimaksud copywriting secara teori agar bisa mempraktikannya dengan akurat.