Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email Mudah dan Cepat

Perusahaan tidak lagi mengandalkan pendaftaran langsung, karenanya Anda sebagai pencari kerja haruslah memahami cara melamar pekerjaan lewat Email. Email dipilih sebagai salah satu media, karena dapat berkomunikasi secara dua arah. Kali ini kita jasa penulis artikel akan membahas hal tersebut.

Selain surat elektronik, terdapat fasilitas lain untuk mendaftar, seperti mengisi formulir data dalam form google atau melalui aplikasi tertentu. Namun kedua fasilitas tersebut memerlukan set up yang lumayan panjang, sedangkan kebutuhan SDM cukup tinggi.

Karenanya Email dipilih sebagai medianya, selain komunikasi dua arah, setiap orang sudah familiar dan dapat digunakan secara gratis. Oleh karena itu sebenarnya pendaftaran berbasis digital ini, memudahkan baik penyelenggara maupun pelamarnya.

Mengapa Harus Memahami Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email?

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email Mudah dan Cepat

Kini teknologi digital mempermudah berbagai jenis aktivitas dan kegiatan, salah satunya adalah recruitment SDM. Mulai dari mempublikasi lowongan pekerjaannya, menentukan persyaratannya, serta menjaring calon karyawannya bisa semua melalui digital.

Agar bisa melakukan penjaringan, pemilik bisnis harus menyediakan tempat khusus mengumpulkan berkas – berkas pendaftarannya. Salah satu langkahnya adalah membuat form, sehingga setiap ada pendaftar akan langsung masuk ke data base.

Namun untuk membentuk formulir semacam ini memerlukan pekerjaan kompleks, mulai dari coding, menentukan lokasi penyimpanan, mengamankan data pendaftarnya, hingga memastikan formnya dapat bekerja dalam arus tinggi.

Baca juga : Contoh proposal pengajuan dana

Cara paling mudah untuk menyediakan tempat pengumpulan data pelamar adalah melalui surel. Setiap orang sudah terbiasa dan setidaknya memiliki satu surat elektronik, yaitu digunakan untuk mengaktifkan fitur dari googlenya.

Meskipun belum semua mampu mengirim atau mengajukan lamaran tetapi cara ini cukup efektif. Sehingga bagi pendaftar harus secara mandiri mencari cara melamar pekerjaan lewat Email. Salah satunya melalui penjelasan artikel ini.

Mengirim surat lamaran kerja berbeda dengan berkirim pesan melalui messenger atau surat biasanya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari menentukan subyek, membuat isi emailnya, hingga mengunggah beberapa berkas pendukung.

Beberapa penyebab mengapa orang tidak diterima lamarannya bukan karena tidak menyertakan segala berkas – berkas yang dibutuhkan, tetapi bisa jadi karena belum mengisi keseluruhan formatnya sesuai dengan permintaan dari penyelenggaranya.

Agar potensi dibaca, diterima, serta lamarannya diproses lebih lanjut perlu mempelajari beberapa hal berikut. Pertama adalah cara melamar pekerjaan via email, etika dalam mengirimkan emailnya, serta mempersiapkan berkas – berkasnya.

Tips dan Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email

Tips dan Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email

Agar emailnya cepat diproses serta lamarannya dilanjutkan ke tahap berikutnya, sebenarnya ada cara dan tips tersendiri untuk mengirimkan emailnya. Berikut beberapa tips yang jarang diketahui pelamar baru dan sering terlewatkan.

    1. Alamat Email Haruslah Sudah Profesional

Sangat tidak direkomendasikan menggunakan alamat surel yang tidak profesional. Profesional di sini adalah menampilkan nama aslinya dalam alamat surelnya. Hal ini berfungsi untuk menghindari kerancuan atau kebingungan dari HRD yang memeriksanya.

Baca juga : Contoh artikel ilmiah

Menggunakan nama sebenarnya juga menunjukkan bahwa Anda adalah seseorang yang berani bertanggung jawab terhadap segala perilaku. Sehingga akan muncul kepercayaan dari perusahaan ketika Anda melamar lowongannya.

    1. Pastikan Berkas – Berkasnya Siap Sebelum Menuliskan Emailnya

Salah satu tips dan tata cara melamar pekerjaan lewat email yang cepat dan mudah adalah sudah mempersiapkan segala berkas – berkasnya terlebih dahulu. Berkas biasanya terdiri dari kualifikasi, CV, dan portofolio keterampilan Anda.

Agar tidak mempersiapkan berkasnya setiap kali mendaftar, usahakan mengisi informasi umum terlebih dahulu. Baru bila perusahaan memerlukan persyaratan informasi spesifik, barulah mengeditnya lagi. Ini akan memangkas waktu Anda untuk mendaftar.

    1. Subyek dan Body Email Jangan Sampai Kosong

Subyek bisa disebut sebagai rangkuman atau kode surelnya, biasanya digunakan untuk mempermudah penerima mengidentifikasi dan mengelompokkan email masuknya. Perusahaan biasanya menentukan format tertentu untuk subyeknya, perhatikan dan jangan sampai terlewat.

Body Email hendaknya diisi dengan surat lamaran kerja, ini untuk menunjukkan cara komunikasi Anda dengan atasan secara profesional. Selain itu bisa juga digunakan untuk mempertegas maksud Anda ingin melamar pekerjaan di sana.

    1. Pastikan Telah Mencantumkan Berkas – berkas yang Diminta

Cara melamar pekerjaan lewat email yang baik dan benar adalah selalu memastikan tidak ada kesalahan dalam penulisan dan pengiriman berkasnya. Ketidaktelitian dalam mengirim emailnya akan menambah keraguan dari perusahaan untuk memanggil Anda.

Pastikan ketika mencantumkan berkas, loading barnya sudah terisi hingga penuh. Setelah itu pastikan nama filenya telah berubah warna menjadi biru, perubahan ini menunjukkan bahwa filenya telah tergabung dengan emailnya.

Etika dan Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email yang Jarang Diketahui

Etika dan Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email yang Jarang Diketahui

Meskipun tidak bertemu langsung, etika tetap harus dijaga, karena terdapat proses komunikasi dan interaksi di dalamnya. Menjaga etika berarti menghargai orang lain, nantinya orang lain juga akan menghargai Anda balik.

Hal ini jarang disadari oleh para pelamar baru, sehingga terkadang permasalahan tidak lolosnya bukan karena kualifikasinya tidak memenuhi, tetapi perilakunya dianggap tidak sopan. Untuk menghindarinya pastikan memahami etika dalam melamar pekerjaannya.

Baca juga: Contoh surat pernyataan

Pertama adalah memastikan mengirimkan pada jam kerja, memang lowongan tidak membatasi untuk mensubmit lamarannya kapan saja. Tetapi apabila dikirimkan di luar jam kerja, tentu akan mengganggu sekali.

Kedua cobalah untuk senantiasa menuliskan subyek dan isi emailnya, jangan sampai kosong. Apabila Anda menggunakan cara melamar pekerjaan lewat Email HP, bisa lebih mudah. Karena kolom isian subyek dan body berdekatan, sehingga mengurangi potensi lupa.

Ketiga pastikan sudah menjadikan satu lampiran berkas – berkasnya, mulai dari CV hingga portofolionya. Dengan menjadikan satu portofolionya, memudahkan HRD dalam memeriksa berkas – berkas dari para pelamar lowongan pekerjaannya.

Keempat gaya bahasanya haruslah formal, mengingat ini sama seperti surat resmi. Hindari menggunakan bahasa gaul, karena selain menyusahkan HRDnya juga menampilkan kesan kurang serius untuk melamar lowongan tersebut.

Tips Menyiapkan Dokumen Agar Proses Lamaran Kerjanya Lancar

Setiap perusahaan tentunya meminta agar pelamarnya menyiapkan dokumen – dokumen penunjang tertentu. Salah satunya adalah CV atau data diri, isinya berupa informasi kontak, riwayat pendidikan, pengalaman dan keterampilan Anda.

Namun masih banyak pelamar belum mempersiapkan CVnya secara benar dan tepat. Padahal salah satu cara melamar pekerjaan lewat email agar cepat diproses adalah menyediakan CV sesuai dengan persyaratan yang diminta.

Sebenarnya CV yang benar dan tepat adalah informasinya lengkap, dalam artian memuat kontak, riwayat pendidikan, riwayat pengalaman, dan daftar keterampilan Anda. Untuk menunjang dan mempercepat HRD untuk memeriksanya diperlukanlah desain dan tampilan menarik.

Persiapkan juga CV dalam bahasa inggris, karena perusahaan yang membuka lowongan tidak hanya perusahaan lokal saja, tetapi juga internasional. Ini adalah salah satu tips dan cara melamar pekerjaan lewat email bahasa inggris.

Apabila kesulitan mendesain CVnya Anda bisa memanfaatkan berbagai penyedia template gratis di Internet. Tinggal mengganti informasi – informasinya saja, sudah memiliki CV seperti buatan seorang profesional.

Mencari kerja memang menjadi salah satu kebutuhan orang di usia produktif, selain untuk mengembangkan diri juga menjadi langkah untuk memenuhi kebutuhan ekonominya.

Melamar kerja kini tidak lagi harus datang langsung ke perusahaannya, sudah bisa dilakukan melalui daring. Salah satu tipsnya agar lolos lamaran kerjanya adalah mempelajari cara melamar pekerjaan lewat email.