Cara Membuat Kata Kunci Otomatis, Lebih Efisien dan Praktis

Seiring perkembangan zaman, ada cara membuat kata kunci otomatis sehingga membantu kerja penulis secara lebih efisien. Melalui adanya alat ini, penulis bisa fokus pada kualitas konten secara keseluruhan, tidak perlu memikirkan keserasian kombinasi kosakata.

Penggunaan alat memang sangat membantu, namun kami menyarankan untuk penulis memeriksa ulang tulisan. Sekalipun ada alat canggih, tetapi kontrol kualitas harus tetap ada di tangan penulis. Ini untuk menghindari terjadinya kesalahan teknis pada alat.

5 Cara Membuat Kata Kunci Otomatis

Terkait pembuatan keyword, Anda dapat menggunakan bantuan alat sehingga secara otomatis mendapatkan referensi akurat. Alat-alat tersebut ada banyak jenisnya dengan layanan gratisan maupun premium yang secara teknis meliputi beberapa poin berikut:

1. Memanfaatkan Google Autocomplete

Google Autocomplete adalah fitur yang diberikan Google untuk menampilkan keyword guna membantu Anda mendorong konten ke halaman pertama. Ini sebenarnya kerap ditemui, namun barangkali baru sedikit orang yang tahu apa nama istilahnya.

Ketika Anda sedang mencari informasi di internet, otomatis akan menuliskan kata kunci tertentu. Nantinya dari hasil ketikkan itu sebelum Enter akan muncul jenis keyword sejenis dengan berbagai variasi. Ini adalah salah satu cara membuat kata kunci otomatis paling praktis.

Anda bisa tahu orang di internet menuliskan apa saja ketika mencari informasi yang relevan dengan yang sedang Anda cari juga. Ketika kebingungan mencari informasi lebih dalam, bisa klik rangkaian keyword yang tadi terdapat pada hasil Google Autocomplete.

Itu keuntungan bagi pencari informasi di internet, sementara keuntungan bagi penulis konten adalah bisa menemukan banyak referensi. Ini artinya Anda sedang riset kompetitor juga karena berdasarkan keyword di Google Autocomplete tersebut, artinya itu yang ditulis kompetitor.

Saat akan mengembangkan ide tulisan, selain menuliskan keyword yang sudah terpikirkan, Anda bisa menerapkan keyword lainnya dari cara membuat kata kunci otomatis ini. Semakin spesifik keywordnya maka semakin efektif juga target audiens bisa didapatkan.

Baca juga: Cara Mencari Kata Kunci di Web agar Banyak Pembaca

2. Menggunakan Google Related Search

Bisa juga memanfaatkan Google Related Search dimana lokasinya ada di bagian paling bawah hasil pencarian. Dalam bahasa Indonesia istilahnya adalah Penelusuran Terkait. Ini juga merangkum aktivitas orang lain dalam menelusuri informasi yang Anda cari.

Untuk pembaca, bisa mendapatkan banyak informasi lebih detail sementara bagi konten kreator bisa ada ide mengembangkan tulisan. Hal seperti ini tidak perlu dipusingkan ketika Anda memutuskan kerja sama dengan jasa penulis artikel artikel.co.id.

Layanan terbaik yang menyediakan sarana pembuatan artikel berbagai tema dengan profesional. Selain itu, jasa juga memastikan proses penulisan melalui penyuntingan dari para editor andal sehingga saat sampai ke tangan Anda hasilnya sudah clear.

Tapi, tetap saja pengetahuan seperti ini menjadi dasar dan membuat Anda dapat lebih memahami pengembangan web dengan baik. Mengingat di dunia digital seperti sekarang ini bergantung pada kualitas tulisan saja belum cukup.

Butuh upaya menempatkan artikel pada halaman pertama mesin pencari agar menarik pembaca untuk melakukan klik. Ini kenapa berbagai cara membuat kata kunci otomatis menjadi begitu penting karena berpengaruh terhadap peringkat konten.

3. Riset dari Google Analytics

Lainnya bisa menggunakan Google Analytics untuk membuat tulisan baru atau mendorong peringkat situs secara keseluruhan. Google Analytics dari setiap web berbeda, bergantung pada traffic kunjungan ke situs, tapi hasilnya jauh lebih spesifik dan akurat.

Setiap situs bisa menerapkan cara membuat kata kunci otomatis secara umum, namun belum tentu apa yang ramai di situs A juga ramai kunjungan di situs B. Ini kenapa Google Analytics dijadikan landasan untuk mencari tahu topik yang menarik pembaca apa.

Nantinya Google Analytics bisa diakses beberapa jam sehari, jadi informasinya lebih akurat. Berdasarkan informasi apa saja konten yang paling banyak dikunjungi dari situs Anda, Anda dapat membuat konten dengan tema serupa yang pembahasannya lebih mendalam.

Manfaatnya, pembaca mendapatkan lebih banyak informasi dari situs Anda. Sementara sebagai penulis juga mendapatkan manfaat adanya tambahan ilmu lebih dalam lagi. Satu tema pasti memiliki banyak sudut pandang menarik untuk dibahas tuntas.

Sehingga jika mampu menulis dan mengembangkan ide dengan mahir maka akan mudah mendorong situs ke halaman pertama mesin pencari. Ini kenapa antara kualitas dan kuantitas keyword dari cara melakukan riset keyword wajib dilakukan secara beriringan.

4. Menggunakan Bantuan HiStats

HiStats juga menjadi alat bantu berikutnya yang membuat Anda mendapatkan keyword secara otomatis. Umumnya, HiStats ini memiliki fungsi sama selayaknya Google Analytics, namun memberikan tampilan lebih sederhana sehingga lebih mudah dibaca.

Tapi, untuk menggunakannya harus melakukan pemasangan manual lebih dulu. HiStats menjadi salah satu alat bantu dalam cara membuat kata kunci otomatis secara tepat. Nanti dari HiStats ini ada fitur Traffic Source – Search Engine, tempat penampil keyword.

Akan ditampilkan informasi mengenai pengunjung lama, pengunjung baru, jumlah yang melihat halaman, dan informasi penting lainnya. Melalui informasi dari HiStats ini lagi-lagi Anda dapat mengembangkan satu kata kunci menjadi berbagai pembahasan penting.

HiStats menjadi salah satu alternatif penting yang bisa membantu dalam mendorong konten ke halaman terdepan mesin pencari. Jika mampu mengkombinasikan keyword dengan judul yang menarik maka lebih mungkin lagi konten naik ke posisi teratas di halaman pertama.

Berbagai cara membuat kata kunci otomatis ini melengkapi upaya untuk menaikkan artikel ke halaman paling depan. Mau menerapkan metode manual atau otomatis bergantung pada kebutuhan dan urgensi, mau menggunakan jasa atau mengupayakan sendiri juga pilihan tiap orang.

5. Memanfaatkan Google Keyword Planner

Terakhir dapat memanfaatkan Google Keyword Planner yang sebelumnya harus mendaftar dahulu menggunakan akun Google. Setelah itu baru bisa mengakses dengan melakukan konfirmasi pada kotak masuk lalu memanfaatkan fitur Tools pada bagian kanan atas.

Masuk ke Keyword Planner, nanti di sana terdapat dua pilihan untuk cara membuat kata kunci otomatis secara efektif. Pilihan tersebut adalah Discover New Keyword dan Get Search Volume and Forecast dengan dua perbedaan layanan.

Discover New Keyword merupakan alat untuk memeriksa kata kunci yang ingin Anda masukkan. Anda dapat memasukkan maksimal 10 kata kunci umum untuk mencari tahu sejauh mana efektivitasnya dalam meraih pengunjung.

Sementara Get Search Volume and Forecast adalah cara membuat kata kunci otomatis untuk menyajikan dua informasi, yakni forecast dan historical metrics. Nanti ketahuan berapa jumlah orang yang klik, impresi dari Googlenya berapa persen, dan lainnya.

Sampai sini lengkap sudah informasi mengenai pembuatan keyword otomatis demi membuat konten ke halaman pertama mesin pencari. Persaingan ketat dalam bisnis digital tidak bisa dihindarkan, namun bisa diupayakan melalui kompetisi.

Semakin banyak situs menerapkan strategi jitu maka semakin tinggi tingkat persaingannya. Hal ini mestinya membuat setiap konten kreator dapat mencari tahu cara membuat kata kunci otomatis secara lebih efektif lagi demi mengunggulkan tulisannya.