Cara Mencari Kata Kunci di Web agar Banyak Pembaca

Mempelajari cara mencari kata kunci di web secara tepat dapat meningkatkan kemungkinan situs Anda naik ke halaman pertama mesin pencari. Ketika situs sudah melaju ke halaman pertama maka lebih besar kemungkinan situsnya dilirik pengunjung lama dan baru.

Selain upaya menghadirkan situs pada halaman pertama, upaya lainnya yang harus diutamakan adalah membuat judul semenarik mungkin. Lainnya harus fokus terhadap kualitas konten, seperti kemampuan mengembangkan ide tulisan dengan baik dan menarik.

5 Cara Mencari Kata Kunci di Web

Ada banyak cara untuk mendapatkan keyword yang tepat bagi tulisan di dunia digital. Berbagai upaya tersebut tujuannya satu, yakni demi membuat artikel mendapatkan sebanyak mungkin kunjungan. Adapun untuk berbagai upayanya meliputi hal-hal berikut:

1. Berkenalan dengan Audiens

Hal pertama yang harus dilakukan sebagai cara mencari kata kunci di web secara tepat adalah terlebih dahulu mengenali siapa target audiensnya. Misal, Anda menulis tentang kpop maka target pembacanya adalah anak muda penggemar musik populer Korea Selatan.

Nantinya target audiens tersebut harus dikulik lagi, seperti kebanyakan dari mereka berjenis kelamin apa. Ketahui juga berapa rentang usianya, apa hobi dan kebiasaannya, sampai dengan berapa banyak biaya dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhannya akan kpop.

Berdasarkan hal tersebut, Anda bisa menerapkan filter riset audiens dengan tepat. Nantinya akan membantu lebih mudah untuk mencari kombinasi kosakata apa yang sering digunakan. Pencarian keyword ini akan lebih akurat karena sebelumnya Anda mengenali audiens.

Nanti boleh mencari topik trending yang banyak dicari, namun harus jelas dulu akarnya informasi tersebut untuk siapa. Ini kenapa langkah awal dari cara mencari kata kunci di web adalah mengenali audiens karena tujuan situs Anda untuk memenuhi kebutuhan audiens.

Semakin paham siapa audiens targetnya, semakin mudah dan tepat pengembangan ide dalam setiap tulisan. Langkah pertama ini akan memandu ke langkah pencarian selanjutnya dalam rangka mendorong situs ke halaman pertama mesin pencari menyaingi kompetitor.

2. Memanfaatkan Google Trends

Ada layanan bernama Google Trends, ini bisa dengan mudah digunakan pada situs di berbagai perangkat. Cara pakainya mudah, tinggal ketikkan hot trends pada mesin pencari, nanti paling atas muncul situs trends.google.com, klik situs tersebut.

Anda akan dibawa ke sebuah halaman dimana latar belakang layarnya selalu berubah, kadang hijau, kuning, biru, dan merah. Untuk menerapkan cara mencari kata kunci di web menggunakan Google Trends, filter dulu negara mana yang jadi target situs Anda.

Contohnya, negara target pembaca adalah Indonesia, maka pada bagian paling bawah sebelah kiri, ubah All Region menjadi Indonesia. Nanti secara otomatis hasil pencarian berubah jadi berbagai kombinasi kosakata yang banyak diketik pengguna Indonesia di internet.

Setiap keyword akan memberikan warna latar belakang berbeda, namun sampai saat ini belum diketahui apa perbedaan warna tersebut. Akan ada beberapa keyword yang diulang beberapa kali, kemungkinan ini adalah keyword dengan volume pencarian tertinggi.

Anda dapat melihat apakah ada dari kombinasi kosakata tersebut yang sesuai dan dibutuhkan. Jika ada, maka tinggal dikembangkan. Mudahnya menggunakan jasa penulis artikel profesional saja untuk membantu menaikkan jumlah kunjungan secara organik.

3. Menerapkan Beberapa Teknis Pencarian

Setiap sarana mencari keyword menerapkan berbagai teknis berbeda, kali ini kami akan membahas beberapa diantaranya. Sebagai informasi, ternyata kombinasi CTRL dan F pada keyboard bisa dimanfaatkan untuk mencari kombinasi kosakata dalam pembuatan konten.

Salah satu cara mencari kata kunci di web ini bisa diterapkan pada Windows maupun Mac. Caranya mudah, tinggal tekan CTRL dan F secara bersamaan, nanti muncul kotak dialog dimana Anda bisa menuliskan kombinasi kata tertentu kemudian klik Enter.

Nantinya frekuensi kemunculan keyword tersebut akan muncul dan Anda dapat menilai sendiri kombinasi mana yang sangat tinggi volume pencariannya. Metode seperti ini akan menghasilkan penggunaan kata kunci pada satu situs.

Salah satu cara mencari kata kunci di web ini dapat Anda terapkan ketika melakukan riset kompetitor. Anda bisa tahu keyword apa saja yang digunakan kompetitor dan mempelajari sejauh mana tingkat efektivitas penggunaan keyword tersebut terhadap traffic pengunjung.

Anda dapat mempelajari strategi kompetitor kemudian mengembangkannya pada situs sendiri. Adapun kekurangan dari kompetitor bisa lebih awal dihindari sehingga tidak mengalami kendala serupa seperti yang dihadapi kompetitor sebelumnya.

4. Mempelajari Komentar Pengunjung

Mempelajari komentar pengunjung juga menjadi cara melakukan riset keyword berikutnya. Melihat komentar pengunjung artinya mempelajari audiens dengan baik. Biasanya pengunjung yang berkomentar ini memiliki tingkat kunjungan yang terbilang sering ke situs.

Perhatikan kombinasi kosakata apa yang kerap dituliskan pengunjung. Nantinya kosakata yang sering digunakan bisa menjadi referensi untuk membentuk keyword dalam konten. Sejatinya ketika pengunjung sering mengetikkan kosakata tertentu, maka itu yang dicari.

Misalkan, banyak pengunjung mengetikkan komentar, “Spill harga tasnya, Kak”. Maka yang dicari adalah harga tas dari konten Anda. Melalui cara mencari kata kunci di web dengan melihat komentar, maka baiknya pada artikel selanjutnya membahas harga tas tersebut.

Strategi kata kunci navigasi juga akan kian membantu penambahan traffic ke situs. Pada artikel yang terdapat banyak komentar spill harga, Anda bisa mengarahkan pembaca untuk ke artikel lainnya, dimana tadi Anda sudah membuat seputar pembahasan harga tas.

Anda diuntungkan dengan kemungkinan besar penambahan kunjungan. Pembaca juga diuntungkan karena bisa langsung diarahkan ke situs yang tepat. Penerapan cara mencari kata kunci di web ini pada akhirnya memberikan keuntungan bagi dua pihak sekaligus.

5. Menggunakan Google Analytics

Terakhir, selain menggunakan Google Trends, Anda juga bisa memanfaatkan layanan Google lainnya, yakni Google Analytics. Google Analytics termasuk fasilitas dari Google yang terbilang lengkap sehingga layanan profesional sudah biasa menggunakan ini.

Sebagai pengelola situs, Anda juga bisa menerapkan cara mencari kata kunci di web menggunakan Google Analytics. Google Analytics memberikan berbagai informasi lain yang Anda butuhkan seputar pengembangan konten artikel secara digital di internet.

Baca juga: Cara Research Keyword yang Benar untuk Mendorong Artikel

Penggunaan Google Analytics ini memberikan informasi terkait berapa orang yang klik link artikel di situs Anda. Google Analytics juga melaporkan berapa banyak rekomendasi Google agar artikel dibaca oleh pengguna internet.

Nantinya dari Google Analytics juga dapat diketahui konten mana yang kunjungannya paling tinggi. Hasil dari laporan Google Analytics bisa diakses setiap saat, misal dalam satu hari bisa Anda akses selama lima kali untuk informasi lebih akurat.

Saat mengetahui konten dengan kunjungan terbanyak, ke depannya Anda bisa terus me-running topik sejenis. Mencari tahu tingkat pencarian tertinggi secara umum dari Google Trends terkadang hasilnya tidak sesuai dengan Google Analytics dari situs Anda.

Google Analytics ini terbilang lebih akurat karena hasil pencariannya lebih spesifik dari situs sendiri. Berbagai cara mencari kata kunci di web di atas dapat menjadi panduan untuk meningkatkan kualitas konten secara isi maupun secara teknis.