Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris yang Baik

Penggunaan surat pengunduran diri bahasa Inggris di Indonesia tentu jarang kita temui. Hal tersebut hanya umum ketika perusahaan bersifat multinasional atau berupa branch dari luar negeri.

Apabila Anda menjadi remote worker perusahaan internasional tentu saja menggunakan surat berbahasa Inggris itu harus. Jadi kita harus bisa membuatnya apabila hendak melakukan pengunduran diri.

Sebenarnya dari segi struktur dan isi tidak jauh berbeda dengan ketika kita menggunakan bahasa Indonesia. Hanya penggunaan bahasanya saja berbeda sehingga tidak terlalu sulit membuatnya.

Pada kesempatan ini akan kami jelaskan bagaimana cara membuatnya dan beberapa aspek penting lainnya. Sehingga Anda nantinya bisa membuat sendiri dan sadar bahwa ini bukanlah perkara sebelah mata.

Jika Anda belum pernah membuat sendiri bisa menggunakan jasa penulis artikel terpercaya. Sehingga hasilnya nanti bisa jauh lebih bagus baik dari segi kebahasaan maupun konteks isi suratnya.

Kenapa Surat Pengunduran Diri Itu Penting?

https://artikel.co.id/cara-resign-kerja-yang-baik-agar-tetap-profesional/

Ternyata banyak para pekerja dalam negeri belum memahami pentingnya surat pengunduran diri dari perusahaan. Padahal ini adalah salah satu aspek penting apabila kita ingin memiliki portofolio bagus.

Ketika melihat dari sudut pandang korporasi adanya pemberitahuan sebelum berhenti membuat kita bisa mempersiapkan pengganti. Jadi korporasi dapat mencari pengganti tenaga yang memutuskan untuk berhenti bekerja.

Itu tentu saja penting untuk menjaga workflow agar tetap stabil dan tidak mempengaruhi performa secara masif. Apalagi jika jabatan dari pihak yang mengajukan resign itu cukup signifikan dalam entitas.

Dari kacamata pekerja melakukan pengunduran diri secara terbuka melalui surat jauh lebih terhormat. Meskipun pekerja tersebut merasa tidak betah karena lingkungan dan atmosfer kerjanya dia masih mau menyampaikan secara terbuka.

Jadi penggunaan surat pengunduran diri bahasa Inggris dapat dijadikan sebagai cerminan profesionalitas kerja. Apabila kita berhenti tanpa memberitahu pihak korporasi tentu saja akan buruk bagi portofolio.

Apalagi jika Anda nantinya masih ingin mencari pekerjaan lagi di sebuah perusahaan. Tentu tempat baru akan mencari tahu seperti apa track record sebelumnya ketika mereka hendak melakukan hiring.

Dari dua pandangan tersebut tentu Anda bisa memahami mengapa sepucuk surat saja memiliki dampak signifikan. Jadi jangan anggap sebelah mata dan usahakan selalu menggunakannya ketika memang ingin berhenti.

Melarikan diri dari sebuah job jelas akan melukai reputasi dan portofolio Anda untuk masa depan. Sehingga seperti apapun bencinya kepada korporasi usahakan selalu mengajukan surat dan berhenti secara terbuka.

Apa Itu Notice Period dan Alasan Perlu Membuatnya?

Sebelum menyerahkan surat pengunduran diri bahasa Inggris kita tentu saja harus memberikan notice period. Ini adalah sebuah memo yang menyatakan keinginan kita untuk berhenti dari pekerjaan.

Bentuknya tidak sama seperti surat pengunduran diri dimana isinya sangat singkat hanya beberapa kalimat saja. Kita hanya mencantumkan identitas, tanggal berhenti, dan pernyataan permohonan resign.

Mengapa notice period itu perlu ada beberapa alasan yang dapat kita lihat dari sudut pandang employee dan employer. Berikut ini akan kami jelaskan seperti apa sehingga Anda bisa tahu urgensinya.

1. Menjelaskan Kapan Waktu Berhenti

Kita sebagai pekerja tentu tidak bisa berhenti begitu saja dari sebuah pekerjaan apapun bentuknya. Jadi sebelum memberikan surat resign harus ada memo pemberitahuan terlebih dahulu.

Banyak orang bertanya apakah pengunduran diri harus 30 hari? Tentu saja tidak. Karena secara umum paling lambat adalah 3 bulan dan paling cepat dua minggu ketika kita mengacu pada peraturan tenaga kerja dalam negeri.

Jadi dengan memberikan memo tersebut perusahaan bisa langsung mempersiapkan administrasi dan kebutuhan lain. Mulai dari gaji terakhir, penggantian tenaga kerja, sampai penyesuaian pola kerjanya.

2. Mempermudah Administrasi

Seperti sudah kami singgung sedikit masalah administrasi akan sangat terbantu jika ada notice period. Jadi pihak administrasi kantor dapat mengerjakan detail pengunduran diri secara baik.

Mulai persiapan penghapusan tenaga kerja dari database, pengurusan asuransi pekerja, sampai masalah gaji atau pesangon. Ini adalah detail yang akan lebih mudah dikerjakan jika ada notice period.

Selain menjelaskan kapan surat pengunduran diri diberikan? Adanya notice period bisa memudahkan berbagai hal. Jadi jangan sampai tidak membuatnya karena kita bisa menjaga agar workflow tetap terjaga.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris

Sekarang akan kami jelaskan bagaimana cara pembuatan suratnya sehingga Anda bisa menulis secara baik. Ada tiga aspek penting yang perlu diperhatikan yaitu bagian pembukaan, isi, dan penutup.

1. Pembukaan

Pada bagian pembuka surat pengunduran diri bahasa Inggris tidak perlu terlalu panjang. Cukup tulis kalimat pembuka yang sopan dan salam apabila memang diperlukan atau merupakan etika perusahaan.

2. Isi

Pada bagian isi kita bisa menjelaskan detail identitas dan juga alasan mengapa ingin berhenti. Pastikan menggunakan bahasa yang baik dan benar sehingga bisa meninggalkan kesan profesional.

Gunakan juga alasan yang logis dan baik agar tidak menyinggung pihak perusahaan. Ini penting sebagai bentuk etika pekerja ketika hendak berhenti dari kantor tempatnya bekerja.

Untuk alasan sendiri sebenarnya bisa terserah pekerjanya sendiri selama itu tetap relevan. Mulai pindah domisili, urusan keluarga, sakit, atau pemindahan tugas dari induk perusahaan.

3. Penutup

Karena sifat dari suratnya formal, meskipun menggunakan bahasa Inggris jika kantornya ada di Indonesia harus menggunakan regulasi dalam negeri. Jadi pastikan ada materia untuk menegaskan kekuatan legal pada suratnya.

Kemudian berikan juga detail tanggap pembuatan surat sekaligus pengunduran diri. Apabila tidak tahu surat pengunduran diri diserahkan pada siapa? Anda bisa membuat dua salinan.

Berikan pada atasan dan juga HRD dimana kedua pihak tersebut paling berpengaruh pada pengelolaan tenaga kerja. Sehingga kita bisa memberikan penjelasan pada mereka seperti apa detailnya.

Dengan mengetahui seperti apa kerangka suratnya tentu Anda tidak akan kesulitan lagi jika ingin membuat sendiri. Apabila butuh contoh pada segmen berikutnya akan kami jelaskan beberapa agar mempermudah pembuatannya.

Contoh Surat Resign Berbahasa Inggris

Sekarang kami akan berikan beberapa contoh yang bisa Anda jadikan sebagai referensi pembuatan suratnya. Langsung saja simak contoh berikut ini agar dapat membuat sendiri secara baik dan benar.

1. Contoh Pertama

Apabila Anda ingin berhenti dari pekerjaan karena ada tawaran kerja lebih potensial tentu masih bisa ditoleransi. Berikut ini akan kami berikan contoh suratnya dengan alasan adanya tawaran lebih bagus dari tempat lain.

Berdasarkan contoh tersebut dapat kita lihat pada bagian isinya menjelaskan juga rasa terima kasih. Setelah adanya dukungan selama beberapa tahun bekerja bersama dengan perusahaan.

Penekanan tersebut tentu dibutuhkan apabila alasan berhentinya adalah untuk mengejar karir di tempat lain. Jadi korporasi masih merasa dihormati dan tidak dilupakan begitu saja.

2. Contoh Kedua

Pada contoh kedua ini kami memberikan ilustrasi dimana kondisinya adalah pindah domisili. Jadi bisa saja seorang pekerja ingin pindah tempat tinggal dan mencari pekerjaan lebih dekat dari domisili baru.

Isi dari contoh kedua ini cukup to the point dengan menyampaikan kenapa alasan ingin pindah. Alasan pindah domisili untuk lebih dekat dengan keluarga juga cukup ditekankan.

Sehingga perusahaan bisa tahu bahwa pekerja tersebut tidak memiliki niat buruk. Dengan begitu perpisahan antara employee dan employer akan terlihat jauh lebih elegan.

Dengan menggunakan semua materi tadi tentu Anda tidak kesulitan lagi membuat sendiri suratnya. Memang butuh surat pengunduran diri bahasa Inggris terutama jika bekerja di perusahaan multinasional.