Cara Research Keyword yang Benar untuk Mendorong Artikel

Menerapkan cara research keyword yang benar untuk mendorong artikel maju ke halaman pertama Google adalah hal penting. Ketika artikelnya sudah melaju ke halaman pertama Google maka lebih besar peluang untuk konten tersebut diklik para pengguna internet.

Lain hal ketika artikel berada di halaman belakang mesin pencari, kemungkinannya lebih kecil untuk link diklik oleh pengunjung. Biasanya pengunjung enggan klik halaman lebih lanjut karena dianggap dari halaman pertama saja sudah terjawab apa yang dibutuhkan.

5 Cara Research Keyword yang Benar

Atas berbagai alasan, pembuatan konten digital di internet membutuhkan penyematan kata kunci secara khusus. Demi bisa bersaing bersama kompetitor dan mengalahkan ranking di mesin pencari, upaya pencarian kata kunci tersebut meliputi berbagai hal berikut:

1. Gunakan Berbagai Alat Riset

Upaya pertama dalam mencari kata kunci secara tepat adalah memanfaatkan alat riset tertentu. Di sini tentu jawabannya seperti Ahrefs, SEMRush, Google Search Console, dan banyak lagi. Gunakan sebanyak mungkin untuk cara research keyword yang benar pertama.

Alasan harus menggunakan banyak alat supaya lebih banyak hasil Anda dapatkan dari penelitian tersebut. Semakin banyak hasilnya maka semakin terbuka lebar pengetahuan seputar kata kunci. Terlebih, penggunaan alat ini bisa dimanfaatkan secara gratisan.

Anda tidak perlu takut merugi karena sudah mengeluarkan uang di awal, manfaatkan saja tools gratisannya. Harapannya dengan menggunakan sebanyak mungkin alat maka akurasinya sama dengan saat memanfaatkan mode tools premium.

Apabila ingin menggunakan tools mode premium juga dipersilakan, bergantung kebutuhan dan tingkat urgensi saja. Mengkombinasikan tools gratisan dan premium juga termasuk salah satu  cara research keyword yang benar untuk mendorong konten ke halaman satu.

Riset kali ini agak berbeda karena anjurannya bukan memilih salah satu tools, melainkan menggunakan sebanyak mungkin tools. Ini kenapa bagi pemula kami anjurkan untuk memanfaatkan tools gratisan saja.

2. Rangkum Berbagai Hasil dari Alat Tersebut

Kedua, cara research keyword yang benar adalah dengan merangkum semua hasil riset dari berbagai tools tadi. Setelah melakukan pencarian di berbagai alat, ini saatnya Anda membuat list hasil pencariannya berdasarkan pencarian dari tiap-tiap tools.

Tentunya tiap tools akan menghasilkan banyak kombinasi kata, di sini Anda tidak perlu merangkum semua list sampai terbawah. Ambil beberapa saja dari urutan hasil pencarian teratas di tiap tools. Misal, mengambil lima atau sepuluh tertinggi dari tiap toolsnya.

Nantinya hasil tertinggi dari tiap tools tersebut Anda buatkan kategori, misal dari Ahrefs hasilnya apa saja, urutkan sesuai list pencariannya. Begitu juga urutan dari hasil pencarian tools lainnya. Itu jika tidak menggunakan jasa penulis artikel terpercaya.

Jika memanfaatkan artikel.co.id maka riset kata kunci sendiri tidak diperlukan karena sudah tersedia sarana untuk dicarikan kata kunci. Artikel juga akan dikerjakan profesional dan melalui proses penyuntingan para editor andal secara ketat.

Tapi, itu hanya pilihan, sementara jika Anda ingin melakukan cara research keyword yang benar juga tentunya diperkenankan. Langkah mana yang akan diambil bergantung pada urgensi masing-masing situs dan kemampuan bisnis memanfaatkannya.

Baca juga: Cara Mencari Kata Kunci yang Banyak Dicari di Google

3. Buat List Paling Potensial

Sudah selesai dengan berbagai hasil rangkuman dari pencarian di masing-masing tools, sekarang mari buat list paling potensial. Artinya, jika tadi rangkumannya sekitar lima sampai sepuluh hasil pencarian, maka sekarang kerucutkan lagi ke rating paling tinggi.

Artinya, dari semua tools coba buat list tiga besar atau bahkan dua besar urutan teratas. Bisa juga penerapan cara research keyword yang benar dengan mengamati semua hasil rangkuman pencarian kemudian cari kemiripan dari seluruhnya dengan seksama.

Urutan hasil pencarian dari tiap tools bisa berbeda, namun karena sebelumnya fokus pada sepuluh tingkat teratas, maka urutan sebelas ke bawah tidak perlu lagi dilirik. Bisa saja Anda menemukan kombinasi kosakata yang sama atau persis pada hasil pencarian tiap tools.

Namun, urutan kombinasi kosakata tersebut tidak mesti pada posisi yang sama di tiap tools. Anda dapat merangkumnya kembali dan membuatkan list dari kata kunci tersering ditemukan. Setelah dirasa cukup merangkumnya maka perhatikan kembali hasilnya.

Dari penerapan cara melakukan riset keyword seperti ini nantinya ketahuan frekuensi orang mencari informasi di internet kebanyakan menggunakan kombinasi kosakata apa. Dari list tadi, rangkum lagi berdasarkan kata kunci yang paling sering muncul.

Besar kemungkinan urutan tentunya berbeda, namun kali ini bukan soal urutan lagi, melainkan frekuensi kemunculan berdasarkan hasil pencarian. Ketika sudah menemukan jawabannya maka Anda dapat menerapkan kata kunci tersebut pada konten di situs sendiri.

Baca juga: Cara Mencari Keyword CPC Tinggi untuk Efisiensi Iklan Anda

4. Mempelajari Tipe Kata Kunci

Tipe kata kunci untuk mendorong artikel ke halaman pertama Google ada banyak. Pertama, ada tipe kata kunci berisi informasi. Ini sudah jelas, konten yang dikembangkan adalah konten nonkomersial yang murni hanya menyuguhkan informasi kepada pembaca.

Sementara ada lagi tipe kedua adalah kata kunci transaksional, sudah jelas mengarahkan pembaca untuk melakukan pembelian atau penyewaan. Tipe ini biasanya paling butuh penerapan cara research keyword yang benar untuk hasil penelusuran lebih optimal.

TIpe ketiga adalah tipe navigasi, yakni mengarahkan orang untuk klik link lebih spesifik terkait aktivitas pencarian pengguna di internet. Untuk tipe ketiga ini mengarahkan orang untuk mengunjungi link tertentu sesuai dengan arahan dari konten.

Ketiga tipe tersebut harus melalui riset tepat agar lebih akurat dalam menggaet sebanyak mungkin pembaca. Ketika strategi penulisannya tepat dalam menarik pembaca harus diimbangi lagi dengan kualitas tulisan sebaik mungkin.

Kombinasi antara hasil penelusuran berdasarkan cara research keyword yang benar dengan kualitas penulisan akan mempertahankan pengguna lama. Tentunya juga akan lebih mudah untuk menarik pengguna baru dengan strategi tepat dan kualitas yang terus dijaga.

5. Menetapkan Tujuan dari Riset Kata Kunci

Terakhir, untuk penerapan riset kata kunci yang tepat adalah Anda harus tahu tujuannya untuk apa. Tujuan ini berdasarkan pada goals perusahaan dan situsnya sendiri. Contoh, situs jual beli online tentu goalsnya untuk mendapatkan transaksi sebanyak mungkin.

Sementara situs seperti blog untuk menarik pengunjung membaca konten Anda sebanyak mungkin. Apapun jenis situsnya, butuh penerapan cara research keyword yang benar untuk hasil lebih optimal. Dengan memahami tujuan maka proses riset menjadi lebih terarah.

Anda akan fokus pada tipe transaksional apabila memang tujuannya untuk mendapatkan pelanggan. Anda akan fokus juga terhadap pencarian tipe navigasi apabila tujuannya untuk menaikkan traffic kunjungan ke konten atau situs tertentu.

Sebagai informasi, Anda dapat menggunakan tipe navigasi untuk mempromosikan link artikel lain dari situs sendiri. Intinya, isi dari konten tulisan harus relevan dulu dengan pengantar rekomendasi dari situs pertama.

Tujuannya agar saat orang klik link tersebut hasilnya memuaskan dan membuat orang yakin informasi tersaji sudah berkualitas dan sesuai yang mereka butuhkan. Semua upaya ini tidak terlepas dari penerapan cara research keyword yang benar dari kelima list di atas.