Contoh Deskripsi Toko pada Tokopedia Bisa Dijadikan Referensi

Sebagian pebisnis mencari contoh deskripsi toko pada Tokopedia yang menarik dan tampak profesional sebagai bahan referensi dalam proses pembuatan nantinya. Menuliskan deskripsi merupakan salah satu dari sekian banyaknya elemen yang perlu diperhatikan saat membuat toko.

Khususnya adalah toko online, seperti Tokopedia. Tujuan dari penulisan bagian ini adalah untuk memberikan informasi sekilas mengenai toko terkait. Selain itu juga bertujuan menarik perhatian para calon pembeli karena menunjukkan profesionalisme.

Bagi Anda yang sedang mencari referensi contoh, bisa menyimak uraian berikut. Tapi, sebelum itu, akan dibahas terlebih dahulu mengenai apa itu deskripsi toko, alasan mengapa penting dibuat dan perbedaannya dengan deskripsi produk.

Pembahasan Singkat Tentang Contoh Deskripsi Toko Pada Tokopedia dan Alasan Mengapa Penting

Pengertiannya yaitu penjelasan atau pemberian informasi tentang toko secara lengkap dan singkat yang membedakannya dengan lainnya. Salah satu fungsi utama dari pencantuman informasi seperti ini adalah sebagai bentuk identitas toko.

Pada Tokopedia, Anda akan menemukan fitur aplikasi Tokopedia seller yang bisa dimanfaatkan untuk menuliskan deskripsi atau informasi mengenai identitas toko secara singkat dan jelas. Hasil penulisan ini nantinya dapat dilihat saat pencarian kata kunci lewat browser.

Bukan tanpa alasan mengapa bagian ini penting dibuat, bukan hanya bagi seller yang sudah lama berkecimpung di bidang bisnis saja, tapi juga pemula. Alasan utamanya adalah untuk lebih meyakinkan para pelanggan agar lebih tertarik membeli beragam produk yang ditawarkan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa keyakinan para pelanggan bisa muncul ketika membaca deskripsi toko terkait memberikan kesan profesional. Bukan hanya itu saja, informasi singkat seperti ini juga akan memudahkan para pelanggan mengetahui produk apa saja yang dijual.

Biasanya pada bagian deskripsi akan dicantumkan kalimat pernyataan terkait kategori produk yang ditawarkan. Misalnya fashion, kecantikan, peralatan rumah tangga dan masih banyak lagi.

Baca juga: Cara Membuat Deskripsi Produk untuk Mendukung Bisnis Online

Perbedaan antara Deskripsi Toko dengan Deskripsi Produk

Pembahasan berikutnya adalah mengenai perbedaan antara deskripsi pada toko dengan produk. Sesuai dengan namanya, perbedaan pertama adalah dari segi isi informasi yang ingin disampaikan.

Satunya fokus terhadap memberikan informasi detail tentang toko. Sedangkan satunya lagi memberikan informasi secara mendetail tentang produk. Pada dasarnya cara membuat deskripsi produk dengan toko itu sama.

Sama-sama harus menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak boleh bertele-tele. Perbedaan lainnya yaitu dari segi poin-poin yang dicantumkan. Pada toko, isinya tentang visi misi, jenis produk yang dijual, informasi jam operasional, alamat fisik dan catatan penting lainnya.

Sedangkan pada produk, berisikan tentang manfaat, kondisi, warna, ukuran, varian, cara pakai hingga cara penyimpanan agar awet. Detail informasi pada bagian deskripsi produk ini disesuaikan dengan variannya.

Beberapa Hal Perlu Diperhatikan Ketika Menulis Deskripsi Toko

Sebenarnya membuat naskah deskripsi untuk platform online seperti Tokopedia bukan hal sulit. Salah satu kendala para pemula yaitu bagaimana membuat yang menarik. Ketika menuliskannya, agar tampak menarik ada beberapa hal perlu diperhatikan, antara lain:

1. Nama Toko

Pembuatan nama sebaiknya disesuaikan dengan jenis produk yang dijual di dalam etalase nantinya. Membuat nama yang bisa menggambarkan jenis produk akan memudahkan calon pembeli saat melakukan pencarian.

Selain itu juga memberikan informasi singkat sebelum pembeli mencari tahu tentang bisnis lebih lanjut. Contohnya, ketika berjualan produk berupa sepatu bisa menggunakan kata tambahan shoe.

2. Tagline Sesuai Teknik SEO

Membuat tagline pada keterangan deskripsi sebaiknya menggunakan teknik SEO atau (Search Engineering Optimize). Ketika membahas tentang SEO erat kaitannya dengan jasa penulis artikel.

Sebab, jasa tersebut biasanya menawarkan konten artikel yang mengandung SEO. Tapi, sebenarnya penggunaan teknik SEO itu tidak hanya pada artikel saja, tapi juga deskripsi produk maupun toko.

Tujuannya sama, yaitu untuk menjangkau lebih banyak audience yang berpotensi menjadi pembeli. Membuat tagline sebaiknya berupa kata-kata menarik serta mampu memberikan rangsangan kepada calon pembeli agar selalu ingat dengan bisnis Anda.

Pemilihan tagline sebisa mungkin yang mudah ditemukan para calon pembeli ketika melakukan pencarian kata kunci serupa pada halaman pencarian. Jadi, nantinya bisnis Anda akan muncul pada halaman utama yang direkomendasikan kepada calon pembeli.

Baca juga: Cara Mendeskripsikan Makanan yang Menarik Perhatian

3. Jenis Produk Dijual

Penulisan deskripsi harus disesuaikan dengan jenis produk yang dijual. Contohnya, ketika Anda menjual maskara, bedak, lisptik, foundation, pensil alis dan produk make up lainnya, penggunaan kalimat yang tepat yaitu seputar alat make up.

4. Alamat serta Kontak

Hal penting terakhir yang tidak boleh terlewatkan untuk dicantumkan adalah alamat serta kontak aktif. Penulisan alamat serta kontak sebaiknya secara lengkap, jelas serta detail.

Alamat lengkap ini nantinya bisa dijadikan informasi penunjang bagi calon pembeli yang ingin berkunjung langsung. Selain itu juga lebih meyakinkan pelanggan ketika hendak membeli produk.

Mereka menjadi lebih yakin bahwa bisnis tersebut benar-benar ada, bukan fiktif. Mengenai informasi kontak, akan memudahkan para pelanggan dalam menghubungi penjual secara langsung.

Beberapa Contoh Deskripsi Toko pada Tokopedia Bisa Dijadikan Referensi

Sebenarnya ada banyak contoh deskripsi toko pada Tokopedia. Setiap toko memiliki triknya masing-masing dalam menampilkan informasi ini. Berikut ada beberapa contohnya bisa dijadikan bahan referensi dalam pembuatan deskripsi milik Anda sendiri:

1. Wardah Official

10. Contoh Deskripsi Toko pada Tokopedia Bisa Dijadikan Referensi - 1.1 Wardah Official

Deskripsi pada toko di Tokopedia milik Wardah Official menyatakan bahwa akun tersebut merupakan resmi milik Wardah. Ada pernyataan tambahan menyebutkan Wardah adalah lokal brand kosmetik Indonesia ternama.

Informasi lainnya yang bisa Anda temukan yaitu lokasi perusahaan Wardah di Jakarta Selatan, tahun buka sudah sejak bulan Mei 2018 silam dan catatan tentang sameday delivery. Ada juga layanan pengiriman pendukung, meliputi JNE, SiCepat dan AnterAja.

2. YOU Beauty Official

10. Contoh Deskripsi Toko pada Tokopedia Bisa Dijadikan Referensi - 2.1 YOU Beauty Official Part 1

10. Contoh Deskripsi Toko pada Tokopedia Bisa Dijadikan Referensi - 2.2 YOU Beauty Official Part 2

Sama halnya dengan akun Wardah, pada YOU Beauty Official juga tercantum tulisan bahwa akun tersebut resmi milik brand YOU pada bagian deskripsi toko. Terdapat catatan tambahan yang menyatakan bahwa seluruh produk tersedia 100 persen original.

Baca juga: Apa yg di Maksud dengan Produk Lebih Lengkap

Informasi lainnya ada waktu buka YOU sudah sejak Desember tahun 2018 dan alamat perusahaan di Kab. Tangerang. Akan Anda temukan juga beberapa catatan toko yang dikategorikan berdasarkan kebijakan pengembalian produk dan ketentuan pembelian.

Pada contoh deskripsi toko pada Tokopedia bagian paling bawah milik YOU Beauty Official tercantum layanan pengiriman pendukung, mencakup JNE, JNT, SiCepat dan AnterAja.

3. Erigo Official

10. Contoh Deskripsi Toko pada Tokopedia Bisa Dijadikan Referensi - 3.1 Erigo Official Part 1

10. Contoh Deskripsi Toko pada Tokopedia Bisa Dijadikan Referensi - 3.2 Erigo Official Part 2

 

Contoh terakhir yaitu Erigo Offical yang tertulis pada bagian deskripsi merupakan akun resmi dari Erigo Store di platform Tokopedia. Tercantum informasi bahwa perusahaan sudah buka sejak Agustus 2017 dengan alamat perusahaan di Kab. Tangerang.

Pada bagian catatan toko, akan Anda temukan informasi tentang kebijakan pengembalian produk serta prosedur return agar dipahami oleh para pembeli. Bagian paling bawah terdapat informasi tentang layanan pengiriman berupa SiCepat dan GoSend.

10. Contoh Deskripsi Toko pada Tokopedia Bisa Dijadikan Referensi - 3.3 Erigo Official Part 3

Masih banyak lagi contoh lain yang juga terlihat profesional. Contohnya seperti akun SCREAMOUS 55, ROUGHNECK 1991 Official, Whitelab Official Store, Emina Official Store dan lainnya. Anda hanya perlu menuliskan pada pencarian Tokopedia untuk menemukan informasi akunnya.

Ketika membuat tulisan deskripsi tidak harus sama persis dengan bahan referensi. Anda bisa menggunakan beberapa contoh deskripsi toko pada Tokopedia untuk menemukan format paling tepat diterapkan pada bisnis.