Mengetahui Cara Belajar Copywriting untuk Pemula

Simak cara belajar copywriting yang tepat untuk para copywriter pemula sehingga bisa bersaing dengan para profesional. Kemampuan bersaing juga memberikan kesempatan untuk bekerja di perusahaan besar atau membangun bisnis sendiri di dunia digital.

Copywriting adalah penulisan berupa penawaran sebuah produk maupun jasa yang dilakukan melalui media cetak, media online, serta televisi. Penggunaan kalimatnya harus singkat, padat, dan jelas agar informasi mudah diterima oleh semua pembaca.

4 Prinsip Cara Belajar Copywriting

Kali ini kita akan sama-sama belajar copywriting yang banyak dibutuhkan untuk mendukung bisnis online di zaman sekarang. Agar lebih mudah, kami rangkum metode belajarnya menjadi rumus 4P, yakni pembukaan, permasalahan, penyelesaian, dan penawaran. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Mempelajari Pembuatan Pembukaan

Dalam pembukaan ini belum masuk ke pembahasan produk sama sekali. Isinya lebih ke sapaan, tujuannya agar audiens merasa dilibatkan dalam konten sehingga saat membuat penawaran di akhir rasanya akan lebih mudah karena lebih bersifat personal dan intensif.

Lebih menarik lagi jika ada ciri khas ketika menyapa sehingga audiens sudah bisa membedakan isi konten dari mana. Membuat sapaan semenarik mungkin merupakan salah satu cara belajar copywriting yang unik karena bisa menyentuh alam bawah sadar audiens.

Dari sapaan yang unik saja, Anda sudah memiliki ciri khas sehingga sejak awal audiens dapat mengidentifikasi perusahaan maupun produk Anda. Uniknya sapaan khas ini tidak hanya bisa diterapkan dalam penulisan copy, tetapi juga bisa diterapkan ketiak melaksanakan setiap acara.

Misal, Anda membuat keanggotaan dan membuat grup WhatsApp, maka sapaan ini bisa menjadi awalan ketika memulai percakapan di grup. Misal lagi ada acara pertemuan maka sapaan ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuka acara dan berpindah topik pembahasan.

Selain sapaan khusus, dalam pembukaan juga bisa menuliskan kalimat basa-basi, namun jangan terkesan berlebihan. Jangan terlalu panjang juga, nantinya dari cara belajar copywriting yang benar, Anda akan mudah memahaminya secara praktik.

Kedekatan secara personal antara perusahaan dengan pelanggan memberikan kemudahan dalam mempengaruhi. Selain itu, perusahaan jadi tahu betul apa yang sedang dibutuhkan pelanggan sehingga memudahkan untuk mengembangkan bisnis sekaligus memberi solusi.

Baca juga: Jenis-jenis Copywriting sebagai Media Pemasaran Digital

2. Merumuskan Permasalahan Pelanggan

Sudah selesai dengan urusan menyapa, selanjutnya hampir masuk ke inti konten, yakni mengangkat permasalahan. Permasalahan maupun keresahan pelanggan adalah kunci Anda bisa mengembangkan isu lebih detail sebelum akhirnya menawarkan solusi.

Terkait permasalahan yang diangkat ini harus memiliki hubungan dengan produk dan kebutuhan pelanggan. Untuk hal ini bisa saja menunjuk jasa penulis artikel seo profesional, sementara Anda menjadi kontrol apakah hasil kerjanya sesuai keinginan atau tidak.

Namun, perlu diketahui bahwa permasalahan harus sesuai dengan produk karena nantinya Anda akan menawarkan produk tersebut sebagai solusi. Untuk memastikan bahwa produknya adalah solusi maka harus dicari tahu lebih dulu permasalahan pelanggan.

Misal, produk Anda adalah untuk mengatasi kesuburan pada pria maka target marketnya haruslah suami yang kurang subur. Bisa menargetkan pasangan yang belum dikaruniai anak atau pasangan baru menikah ketika mereka sedang menjalankan program kehamilan.

Angkat itu tentang kesuburan ini kemudian kaitkan dengan harapan mereka untuk mendapatkan keturunan. Ketika menerapkan cara belajar copywriting secara tepat, akan lebih mudah bagi Anda menyentuh hati para pria tersebut tanpa menyinggung sama sekali.

Alih-alih menyinggung, justru dari pengangkatan isu ini bisa menjadi jalan untuk memberikan solusi bagi kaum pria. Terkait permasalahan dalam konteks lainnya juga konsepnya sama, target market harus secara tepat ditentukan untuk penawaran efektif.

3. Melakukan Penyelesaian untuk Pelanggan

Setelah permasalahan diangkat dan dibicarakan dengan target market yang jelas, selanjutnya tinggal memberikan penyelesaian. Di fase penyelesaian ini belum ada penawaran produk, Anda baru masuk ke tahap penyelesaian secara umum.

Di sini copywriter masuk ke pembukaan penawaran dan masih dalam tahap meyakinkan melalui pernyataan fakta. Bisa menyentuh kelebihan produk yang nanti dalam cara belajar copywriting bersama profesional akan dijelaskan lebih rinci.

Tahap penyelesaian secara umum wajib diberikan untuk menghindari kesan memaksa membeli produk maupun melakukan sesuatu. Dalam tahap penyelesaian ini pastikan membuat pelanggan merasa diuntungkan apabila melakukan sesuatu yang Anda minta.

Tentunya perusahaan mengharapkan untung sebanyak mungkin dengan menambah pelanggan, namun pelanggan juga berhak atas manfaat maksimal. Boleh menyebutkan keunggulan produk dan layanan, tetapi jangan terkesan berlebihan seolah tanpa celah.

Mempelajari teknis dengan baik membantu sekali dalam cara membuat copywriting yang tepat sasaran. Target market wajib ditentukan lebih awal karena berbeda karakteristik targetnya maka berbeda juga gaya bahasa dan berbagai hal yang harus dilakukan.

Tidak mungkin Anda menggunakan pendekatan terhadap anak muda apabila target marketnya lansia. Tidak mungkin juga menggunakan pendekatan untuk anak muda jika target marketnya adalah anak-anak, begitu seterusnya.

Penyelesaian adalah momen yang ditunggu pelanggan sehingga copywriter harus mengemasnya seapik mungkin. Berbagai cara belajar copywriting sudah mudah dan bisa banyak ditemukan melalui berbagai sumber, baik dari buku maupun internet dan profesional langsung.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Copywriting dan Peranannya dalam Situs

4. Membuat Penawaran Produk

Terakhir, bagian paling penting setelah meyakini bahwa Anda berhasil mendekati audiens secara personal adalah membuat penawaran. Penawaran ini harus dikemas serapi mungkin supaya tidak terkesan mengharuskan orang untuk membeli produk.

Tugas dan tantangan seorang copywriter adalah membuat kalimat penawaran seperti sebuah jawaban atas kebutuhan pelanggan. Ini nantinya yang akan dipelajari dalam cara belajar copywriting apabila Anda mendapatkan mentoring langsung dari ahli.

Selain belajar dari ahli, kami menyarankan juga untuk belajar secara otodidak dan konsisten dari berbagai sumber. Semakin banyak sumber, semakin sering belajar maka semakin berkembang juga potensi Anda dalam menyaingi bisnis di dunia digital.

Namun, pastikan Anda selektif memilih sumber sehingga bisa dipertanggungjawabkan ilmunya dalam waktu lama. Perlu diingat kembali bahwa dunia bisnis digital akan berkembang seiring perkembangan zaman, maka adaptasi terus dan harus mau belajar.

Terkait penawaran ini isinya bisa beragam, tergantung perusahaan bergerak di bidang apa. Ada yang menawarkan untuk membeli barang, ada juga yang mengajak untuk melakukan sesuatu. Semuanya harus sesuai dengan bagaimana cara belajar copywriting sebelumnya.

Tujuan dari belajar supaya Anda mahir, mengingat banyaknya kebutuhan akan copywriter di era gempuran bisnis digital sekarang ini. Banyak orang tertarik untuk mengisi posisi sebagai copywriter, jika tidak belajar maka jumlah saingan akan semakin banyak dan sulit ditembus.

Perihal penawaran melalui teks bisa saja memanfaatkan jasa, namun tidak ada salahnya Anda ikut mempelajarinya meskipun tidak banyak. Jika memilih jasa profesional sekalipun, dengan pengetahuan Anda bisa melakukan komunikasi dengan lebih baik.

Anda jadi tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang mesti dikembangkan dalam strategi promosi digital. Untuk cara belajar copywriting secara tepat bisa dari mana saja dan dari siapa saja asalkan sumbernya terpercaya dan terjamin kemampuannya.