Cara Copywriting Berkesan untuk Gaet Banyak Pelanggan

Pelajari cara copywriting berkesan untuk meraih sebanyak mungkin atensi dari audiens. Perkembangan digital yang semakin pesat membuat pebisnis harus membuka diri untuk bergabung dalam persaingan di dunia digital bersama para pebisnis lainnya.

Persaingan bisnis di dunia digital bukan hanya tentang memberikan pelayanan dan produk terbaik. Namun, lebih dari itu yakni terkait bagaimana mendorong situs milik perusahaan ke halaman terdepan Google dengan konten berkualitas dan menarik bagi pembaca.

4 Cara Copywriting Berkesan dan Ampuh

Untuk mengaplikasikan cara membuat copywriting berkesan, ada beberapa poin yang harus diterapkan. Berbagai poin tersebut akan kami jelaskan secara rinci dalam poin-poin di bawah ini. Pastikan Anda mengaplikasikannya secara tepat untuk meraih sebanyak mungkin atensi:

1. Fokus Membahas Manfaat

Salah satu cara untuk memberikan daya tarik dalam konten adalah menjabarkan manfaat dari produk yang ditawarkan. Dengan mengetahui manfaatnya maka lebih mudah untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama cukup melalui tulisan.

Membahas manfaat kepada target market yang tepat membuka peluang lebih besar dibandingkan mempengaruhi audiens secara random. Selain menerapkan cara copywriting berkesan dengan membahas manfaat, lebih dulu harus tahu siapa target marketnya.

Misal, produknya tentang rautan otomatis dengan fungsi untuk membuat pensil lebih cepat tajam dan minim sampah. Promosi rautan dengan memberikan penjelasan terkait manfaatnya ini akan lebih efektif apabila dilakukan pada audiens berupa pelajar.

Contoh lainnya lagi wajan stainless steel dengan kelebihan bisa memasak sayur, tumisan, gorengan, pancake tanpa minyak, dan anti karat. Berbagai manfaat berikut kelebihannya akan lebih tepat jika diutarakan kepada ibu rumah tangga, koki, dan pemilik hobi memasak.

Setiap produk tentu memiliki manfaat dan manfaat tersebut harus dijelaskan secara rinci kepada target yang tepat. Terkait cara copywriting berkesan memang penting, namun menentukan target market dengan tepat juga tidak kalah penting.

Seorang copywriter bukan hanya bertugas untuk menulis, namun juga mencari tahu karakteristik marketnya seperti apa. Hal ini menentukan gaya bahasa dalam konten dan cara menjawab berikut menaikkan postingan konten ke berbagai media sosial.

Berbagai manfaat dari sebuah produk maupun layanan akan menjadi panduan untuk cara copywriting berkesan dengan tepat. Semakin Anda paham manfaat produknya, semakin mudah tulisan dikembangkan.

Baca juga: Mengetahui Cara Belajar Copywriting untuk Pemula

2. Menulis Produk Secara Spesifik

Dalam dunia bisnis, produk dengan manfaat sama bisa dikeluarkan oleh banyak perusahaan. Artinya produk Anda akan bersaing ketat dengan produk dari perusahaan lain. Jika tidak pandai menjelaskan secara detail maka pelanggan akan sulit membedakan produk.

Pernah mendengar kalimat dalam iklan yang berbunyi, ‘yang asli yang ada badaknya’?. Ini adalah salah satu penyebaran informasi persuasif agar orang membeli produk secara spesifik. Hal seperti ini sangat mudah diterapkan oleh jasa penulis artikel profesional.

Namun, nantinya baik menggunakan jasa profesional atau menulis konten sendiri, pengetahun terkait langkah penulisan ini tetap penting. Sekalipun memanfaatkan layanan profesional, Anda harus tetap terlibat sebagai kontrol dan terlibat dalam evaluasi.

Peran penting Anda selaku klien berguna untuk perbaikan layanan dari jasanya dan memberikan kenyamanan kepada Anda selaku klien. Baiknya lagi ketika komunikasi terjalin baik maka saat nanti Anda membutuhkan jasa serupa kembali tidak perlu cari lagi yang baru.

Mempelajari cara copywriting berkesan akan berbeda dengan mempelajari penulisan fiksi yang menarik. Penulisan copy dengan tujuan menawarkan produk maupun jasa wajib mencantumkan fakta dan mempersuasi orang untuk melakukan tindakan di akhir.

Jam terbang seorang copywriter biasanya terlihat dari tulisannya, yang sudah terbiasa pasti mudah mengembangkan isu. Tidak terkesan memaksa juga ketika membuat penawaran di akhir, tetapi mampu menyentuh hati pelanggan sehingga tidak pikir panjang untuk transaksi.

3. Melibatkan Emosi dengan Audiens

Keterlibatan emosi audiens adalah hal penting karena emosi adalah faktor pendorong utama yang membuat pelanggan melakukan tindakan. Keterlibatan emosi ini bisa dikaitkan dengan pembelian produk, pemberian sumbangan, support klik situs, dan sebagainya.

Ketika mempelajari cara copywriting berkesan, nantinya Anda bisa membedakan arah penulisan sesuai tujuan perusahaan. Seperti penulisan untuk penawaran produk berbeda dengan tulisan untuk mengajak orang menyumbang atau klik tautan tertentu.

Contoh dari iklan yang melibatkan emosi salah satunya dari Departement Store ternama, Ramayana. Beberapa tahun lalu Ramayana menayangkan iklan edisi Idul Fitri yang memperlihatkan seorang ibu pikun selalu menganggap setiap hari adalah Ramadhan.

Ibu ini lupa bahwa suaminya sudah meninggal, ingatannya terhenti di beberapa tahun silam. Sampai akhirnya anak serta menantunya menjelaskan secara perlahan bahwa suaminya telah meninggal beberapa tahun silam. Tiba hari lebaran, sang ibu sudah membaik.

Anda tidak harus meniru persis, namun bisa mengambil konsepnya dan disesuaikan dengan perusahaan serta produk Anda. Iklan tersebut menerapkan cara copywriting berkesan dengan komposisi visual lebih banyak, sementara Anda bisa sesuaikan dengan media promosi.

Jika menggunakan media sosial maka harus diriset kembali apa yang harus dimaksimalkan. Begitu juga dengan penggunaan berbagai media lainnya, mesti disesuaikan secara tepat. Keterlibatan emosi ini sangat penting untuk membuat orang tidak terkesan terpaksa beli.

Baca juga: Jenis-jenis Copywriting sebagai Media Pemasaran Digital

4. Menerapkan Word of Mouth

Word of Mouth atau kata pembeli adalah bukti konkret yang bisa meyakinkan pelanggan baru untuk membeli produk. Testimoni atau ulasan dari pelanggan sebelumnya tidak memiliki unsur promosi dari internal perusahaan sama sekali sehingga reviewnya jujur.

Ketika ada komentar buruk sekalipun bisa menjadi evaluasi untuk perusahaan guna memperbaiki layanan maupun produknya. Dengan perbaikan ini akan lebih mudah dalam cara membuat copywriting menarik dan sesuai fakta sehingga pelanggan lebih puas.

Sementara untuk komentar baik dari pelanggan sebelumnya secara otomatis jadi penambah keyakinan bagi pelanggan baru. Pelanggan baru akan menjadikan acuan kepuasan pelanggan lama terutama jika kondisinya sama atau mirip, misal sama-sama ibu rumah tangga.

Review dari ibu rumah tangga sekaligus pelanggan lama terkait sabun penghilang kerak akan menjadi referensi bagi pelanggan baru di kalangan ibu rumah tangga juga. Tidak menutup kemungkinan juga menjadi referensi bagi petugas kebersihan di gedung perkantoran.

Review dari pelanggan mendukung Anda untuk mengembangkan cara copywriting berkesan pada konten berikutnya. Semakin banyak komentar positif maka semakin mudah untuk memberikan bukti bahwa memang ada kualitas terbaik dari produk Anda.

Untuk produk dan perusahaan baru pastinya belum memiliki review dari pelanggan karena masih tahap mencari pelanggan baru. Namun, Anda dapat memaksimalkan poin lainnya untuk meyakinkan pelanggan agar menggunakan atau membeli produk Anda.

Alternatifnya bisa menggunakan ahli untuk meyakinkan audiens bahwa usaha yang Anda rintis memang kualitasnya bagus. Lama waktu mendapatkan keyakinan audiens bergantung pada setepat apa perusahaan mengenali target market sehingga penyampaiannya tepat sasaran.

Terkadang dan sering terjadi bahwa sebelum memulai sebuah usaha, risetnya membutuhkan waktu lebih lama. Riset ini berguna untuk mengenali potensi pasar, mengenali target pasar, mempelajari strategi promosi, juga mempelajari cara copywriting berkesan dengan baik.